[36]

1.4K 243 97
                                    

[Vomment dong, nanti kalo vomment, gue paranin ke rumah satu-satu. -Arjuna]


































Pada hari sebelum dhirga mengajak dinara buat makan malam.

"Mau ngomong apa?" Ucap mama Nana yang kala itu berbaring di sebelah Dinara. Soalnya Dinara memintanya untuk tidur di kamar anak gadisnya itu. Mau curhat ceunah.

Dinara melihat-lihat ke langit kamar sebentar. Kayak mikir-mikir mau ngomong darimana. Sulit banget ini mau di spill saking banyaknya kejadian yang mengejutkan dan gak bisa bikin dia napas sebentar gitu.

"Ma, papa waktu itu ngajak mama nikah pas mama umur berapa?" Tanya Dinara sebagai permulaan.

Mama Nana menerawang ke masa lalu pas dilamar sama papa Tama. Uhuy. Doi nostalgia jadinya pas papa Tama melamarnya pas lagi hujan-hujan. Ya ampun, gak banget sih, tapi bagi mama Nana tuh paling bahagia di seumur hidupnya.

"Waktu itu pas mama umur 22 tahun deh kayaknya. Pas banget mama selesai skripsian tau nar. Papa kamu ngajak ngedate pas malemnya, terus saat itu juga papa kamu ngelamar mama." Tukas mama Nana.

Dinara menganggukkan kepalanya tanda ia mengerti. Terus dia memilin selimut di genggamannya.

"Kenapa nanya ngelamar? Ada yang mau lamar kamu emang? Siapa? Mimpi ya?" Mama Nana bertukas begitu saja dan membuat Dinara cemberut.

Healah, mamanya pasti kaget kalo Dinara tuh abis diajak nikah sama dhirga. Makanya nih Dinara ngomong sama mamanya dulu, sekaligus nanyain pendapatnya tentang itu.

"Euhm... Kalo misalnya ada yang ngelamar Dinara, emang mama papa setuju?" Tanyanya dengan nada serius.

Dinara yang ngomong begitu, mama Nana langsung menegakkan tubuhnya dan duduk seketika. "Kamu serius?"

"Apanya?"

"Ih atuhlah neng, itu kamu nanyanya serius?"

Dinara mengerutkan keningnya bingung. "Atuhlah serius lah ma. Masa aku bercanda?"

"Bukan begitu. Mama cuma mastiin aja. Kali aja kamu cuma sekadar nanya doang. Masih panjang hidup kamu, neng. Kalo ada orang yang mau serius sama kamu mah ya mama mah gapapa atuh kamu nikah. Daripada kamu pacaran yang gak jelas ujungnya, mending kamu nikah. Kayak mama juga begitu."

"Jadi mama setuju?"

"Tergantung."

"Kok tergantung?"

Mama Nana nyengir. "Tergantung calon kamu kaya atau nggak."

"Ih mama matre dasar!" Dinara memukul pelan paha mamanya.

"Hahahahaha gak matre ih kamu gimana sih. Dimana-mana kalo cowok ngelamar itu berarti dia udah berpenghasilan sama udah siap ngurusin segala hal tentang pernikahan, neng. Kan papamu juga gitu."

Dinara menghela napasnya pelan.

"Ya bukan masalah kaya sih ma. Dinara udah tau pasti kalo hal itu, tapi kan percuma kalo dianya kaya tapi gak cinta sama dinara. Cuma sekadar nikah doang. Buat apaan? Mending aku nikah sama cowok yang biasa-biasa aja dan sayang sama aku deh kalo gitu caranya." Jelasnya.

"Ohhh Yo wis, terserah kamu. Kan kamu yang milih, kamu yang mau. Mama mah cuma ikutin, tapi ada beberapa kriteria yang harus dicocokin sama syaratnya mama dan papa." Ucap mama Nana.

Dinara dengan antusias mendekatkan dirinya kepada mamanya.

"Apatuh syaratnya?"

"Ya masa mama kasih tau sekarang sih nar? Lah wong kamu belom ada calonnya kok. Ketauan dong nanti." Sungut mamanya gak santai.

Babysitter JamjamTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang