Khamsa Ashar

27 1 0
                                    

Baru kali ini aga ngerayain tahun baru dengan perasaan kesal gara – gara neneknya tidak berhenti bilang kalo beliau mau ngejodohin dirinya dengan cucu kenalan si nenel . bahkan neneknya kalo beliau bakal menggelar acara perjodohan antara aga dan si cewek ini tahun depan , tepatnya januari tanggal satu . lamunan aga buyar begitu dia denger ada yang ngetokin pintu kamarnya .

" masuk aja , gak dikunci " aga gak berniat buat ngebukain pintu , dia masih kesel karena neneknya sejak sore tadi gak berhenti ngebahas perjodohan ini , aga belom berencana ngebahas masalah ini , tapi kayaknya si nenek maksa dirinya buat buka mulut ,

" kak , papa ajak shalat maghrib jamaahan " kata salah satu adeknya dan aga nganggukin kepalanya aja sambil beranjak dari kursinya . si adek yang udah pake bawahan mukena itu keluar dari kamar abangnya dan jalan kearah mushalla yang udah dihuni sama papanya dan adek – adeknya yang lain , mama sama neneknya juga udah bersiap buat shalat maghrib secara berjamaah . setelah aga berdiri ditempat imam , adek laki – lakinya yang lain langsung iqamat .

Kegiatan shalat maghrib berjamaah itu akhirnya selesai dengan zikir dan doa . meskipun anggota keluarganya yang lain udah bubar , aga masih tetep duduk diatas sajadahnya dan ngebuat papanya heran , biasanya aga selalu ikutan keluar dari mushalla kalo udah abis shalat jamaahan , tapi kali ini dia malah duduk dengan kepala tertunduk kebawah .

" ga ? kepikiran sama rencana nenek ? " tanya papanya pelan , aga noleh dan ngeliat kearah papanya yang juga masih pake baju gamis abu – abu , laki – laki asli arab itu nepukin bahu anaknya dan ngajak si aga buat ikut beliau ke halaman belakang . kini mereka udah ada ditepi kolam renang , gak begitu jauh dari area acara tahun baruan .

Aga gak perlu tanya dari mana papanya tau rencana neneknya itu , pasti mama udah bilang kalo dirinya bakal dijodohin

" kalo aga gak suka sama calonnya , bisa ditolak kok , nanti biar papa yang ngomong sama nenek , tenang aja . papa gak mau anak papa yang saleh ini menikah dengan terpaksa " katanya si papa , aga ngeliat kearah laki – laki yang udah ngebesarin dia selama ini . papanya emang gak nanya apa – apa , tapi langsung bilang apa ayng ada dikepalanya .

" aga ... gak jadi pa , aga ganti baju dulu pa , males dipanggil sultan " katanya aga sambil ngegerakin kerah gamis putihnya , papanya terkekeh pelan dan ngangguk , seiringan dengan langkah kakinya kearah taman belakang dan gabung sama anggota keluarganya yang lain . rumahnya udah rame sejak sore tadi , bahkan keluarga hanggono & margono yang beragama lain pun ikut ngumpul disini , berbaur buat ngerayain tahun baru sama – sama .

Berbagai makanan pun udah terhidang , mulai dari jagung bakar , jagung rebus , kacang rebus , nasi , ayam bakar sampe sate ayam yang lengkap dengan lontong dan kuah kacangnya , juga ada banyak minuman yang disediain , mulai dari minuman soda , es sirup jeruk , melon sampe stroberi . acara tahun baruan ini langsung dimulai begitu jam dinding didalam rumah nunjukin angka 7.00


My Boss My HusbandTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang