Kenapa Orang Jepang Suka Tidur di Lantai?

1K 34 0
                                    

Mina-san pasti tahu bahwa banyak orang Jepang suka tidur di lantai daripada tidur di atas kasur besar atau ranjang. Mungkin ini juga salah satu hal yang ingin mina-san pertanyakan kenapa masyarakat Jepang umumnya memiliki kebiasaan tersebut dan apakah sebenarnya tidur di lantai itu enak? Nah ternyata ada beberapa alasan tentang kenapa orang Jepang tidur di lantai yang perlu diketahui.

Pertama dari segi budaya, ternyata memang ada sejarah panjang tentang budaya tidur di lantai ini. Budaya tidur di lantai atau floor culture ternyata bukan hanya diadopsi oleh negara Jepang tapi juga beberapa negara di Asia seperti Korea dan Cina. Floor culture ini sudah ada sejak jaman dinasti dulu dan kemudian berkembang menjadi hal tradisional yang bertahan sampai sekarang. Walau sebenarnya sekarang banyak juga orang Jepang yang memilih tidur di ranjang yang modern namun floor culture masih sering dilakukan, terutama untuk rumah-rumah kecil dan sederhana. Mengingat model rumah-rumah di Jepang sendiri memang umumnya memiliki spasi yang sempit sehingga kemudian yang lebih banyak kita lihat adalah gambaran masyarakat yang memilih tidur di lantai.

Sementara orang Jepang suka tidur di lantai ini selain dari segi kesehatan, ternyata juga dianggap memiliki beberapa keuntungan. Kabarnya tidur di lantai dapat menghindarkan dan meringankan nyeri di punggung, membentuk postur tubuh yang baik juga berpengaruh pada kesehatan psikis dan kenyamanan saat beristirahat.

Nah bagaimana mina-san? Apakah kamu memiliki kebiasaan tidur di lantai hanya berbalut selimut dan kasur tipis seperti orang Jepang? Meski kenyamanan saat beristirahat entah di ranjang atau di lantai amat bergantung pada pilihan masing-masing tapi tidak ada salahnya kalau kamu ingin mencoba metode tidur seperti ini di rumah. ^_^

Nihon... Ai Shi Te Ru...Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang