25. Gifu University
Gifu University adalah sebuah universitas nasional yang berbasis di Gifu, sebuah kota bersejarah yang secara geografis terletak di pusat Jepang. Universitas ini berdiri pada tahun 1949 dan pada awalnya hanya terdiri dari dua fakultas, yaitu Fakultas Pendidikan dan Fakultas Pertanian. Saat ini, universitas ini telah diperluas dengan tambahan tiga fakultas lain, yakni Fakultas Teknik, Fakultas Kedokteran, dan Fakultas Studi Regional. Universitas ini memiliki sekitar 800 staf pengajar, termasuk 294 profesor dan 800 staf medis, teknis, dan administratif. Ada sekitar 6.000 sarjana dan 1.600 mahasiswa pascasarjana. Selain itu, 62 sarjana internasional dan 255 mahasiswa pascasarjana internasional yang sedang belajar di kampus ini.
24. Osaka Prefectural University
Osaka Prefectural University adalah salah satu universitas negeri terbesar di Jepang. Universitas ini telah menetapkan standar tertinggi dalam penelitian dan pendidikan. Dengan sekitar 6.500 mahasiswa dan 1.500 mahasiswa pascasarjana, universitas ini menawarkan total pendaftaran lebih dari 8.000 siswa, semua aktif berpartisipasi di bidang akademik, kegiatan penelitian, dan ekstrakurikuler.
23. Tokushima University
Tokushima University pertama kali didirikan pada tahun 1949 sebagai hasil merger dari enam sekolah yang ada, membentuk apa yang sekarang Fakultas Seni dan Ilmu Terpadu, Fakultas Teknik, dan Fakultas Kedokteran. Universitas ini memiliki sekitar 6.000 sarjana dan sekitar 1.700 mahasiswa pascasarjana dari Jepang dan negara-negara lain termasuk Korea Selatan, China, dan Amerika Serikat.
22. Kumamoto University
Kumamoto University adalah sebuah universitas yang terletak di Kumamoto, Jepang. Didirikan pada tanggal 31 Mei 1949 dan merupakan gabungan dari perguruan tinggi guru Kumamoto (didirikan pada 1874), perguruan tinggi farmasi Kumamoto (1885), SMA 5 (1887), perguruan tinggi medis Kumamoto (1896), dan perguruan tinggi teknik Kumamoto (1906).
21. Niigata University
Niigata University adalah sebuah universitas nasional di Niigata, Jepang. Universitas ini didirikan pada tahun 1949 dan merupakan salah satu perguruan tinggi nasional Jepang yang terbesar di Laut Jepang. Universitas ini terdiri sembilan fakultas dan tujuh sekolah pascasarjana (per April 2010). Jumlah mahasiswa yang terdaftar sekitar 12.000.
20. Osaka City University
Osaka City University terletak di Sumiyoshi-ku, Osaka, Jepang. OCU menjadi universitas terbuka pada tahun 2006. Pada tahun 2010, OCU merayakan ulang tahunnya yang ke-130.
19. Tokyo Medical and Dental University
Tokyo Medical and Dental University didirikan pada tanggal 12 Oktober 1928. Awal mula berdirinya universitas ini berakar di Rumah Sakit Eiraku. Universitas ini semula bernama Sekolah Nasional Kedokteran Gigi dan merupakan sekolah nasional kedokteran gigi pertama di Jepang. Sekolah ini mendapat status universitas pada tahun 1944. Pada tahun 1946, namanya kemudian diubah menjadi Universitas Kedokteran Gigi Tokyo.
18. Tokyo Metropolitan University
Tokyo Metropolitan University atau lebih dikenal dengan TMU adalah sebuah universitas publik di Jepang. Universitas ini menempati peringkat 266 universitas terbaik di dunia. Tokyo Metropolitan University didirikan pada tahun 2005 dengan mengintegrasikan empat universitas, yaitu Tokyo Metropolitan University, Tokyo Metropolitan Institute of Technology, Tokyo Metropolitan University of Health Sciences, dan Tokyo Metropolitan College.
17. Tokyo University of Science
Tokyo University of Science didirikan pada tahun 1881 sebagai sebuah Akademi Fisika Tokyo oleh 21 lulusan dari Departemen Fisika di Faculty of Science, University of Tokyo. Pada tahun 1883, universitas ini berganti nama menjadi Tokyo University of Science dan telah mencapai status universitas pada tahun 1949.