Sejak era Klan Maeda yang merupakan daimyō feodal berpengaruh di masanya, Kanazawa dikenal dengan landmark zaman Edo yang terpelihara dengan baik, taman-taman Jepang, dan distrik-distrik Geisha. Bagi mereka yang berencana mengunjungi wilayah tengah Honshu, berikut 10 tempat wisata di Kanazawa yang tidak boleh dilewatkan.
1. Kastil Kanazawa
Kastil Kanazawa menjadi tempat bagi Klan Maeda yang berkuasa sejak tahun 1583. Di kastil ini terdapat kubah yang direkonstruksi dengan indah dan sebuah gudang yang menampilkan alat pertukangan tradisional, serta Gerbang Hashizume-mon dan Taman Gyokuseninmaru.
Alamat: 1-1, Marunouchi
Jam buka:
07.00-18.00 (1 Maret – 15 Oktober)
08.00-17.00 (16 Oktober sampai Februari)
Biaya: Gratis
2. Kenrokuen
Dikenal sebagai salah satu dari "tiga taman lanskap paling indah" di Jepang, Kenrokuen berada berdekatan dengan Kastil Kanazawa. Kedai teh, jembatan, ukiran-ukiran batu, dan unsur-unsur air menghiasi taman ini bersama dengan berbagai tanaman bunga dan tanaman yang berubah seiring musim.
Alamat: 1 Kenrokumachi
Jam buka:
07.00-18.00 (Maret-15 Oktober)
08.00-17.00 (16 Oktober-Februari)
Biaya: 310 yen
3. Museum D. T. Suzuki
Sebagai penghormatan atas kehidupan dan karya Suzuki Daisetz Teitaro (1870-1966), museum ini menampilkan peran Suzuki dalam memperkenalan filosofi Zen Jepang ke dunia luar. Museum menampilkan sebuah Ruang Kontemplatif unik yang membentang hingga ke Taman Cermin Air dan berada dalam sebuah bangunan yang didesain untuk menginterpretasikan keyakinannya.
Alamat: 3 Chome-4-20 Hondamachi
Jam buka: 09.00-17.00 (tutup hari Minggu)
Biaya: 300 yen
4. Museum Seni Kontemporer Abad ke-21
Menampilkan hasil karya para seniman kontemporer terkemuka dari seluruh dunia, museum seni ini berada dalam sebuah bangunan bulat mencolok yang menghadirkan serangkaian pameran temporer serta instalasi-instalasi permanen.
Alamat: 1 Chome-2-1 Hirosaka
Jam buka: 10.00-18.00 (tutup hari Minggu)
Biaya: bervariasi tergantung pameran (sekitar 1.000 yen)
5. Distrik Higashi Chaya
Higashi Chaya adalah satu dari tiga distrik chaya di Kanazawa di mana dulunya para geisha pernah tampil dan di distik inilah kedai teh Shima yang terkenal berada. Jelajahi waktu kembali ke masa lalu dengan merasakan ruangan-ruangan ala Zaman Edo serta alat-alat musik tradisional Jepang seperti koto dan shamisen.
Alamat: 1-13-21 Higashiyama
Jam buka: 09.00-18.00
Biaya: 500 yen
6. Pasar Omicho
Sebagai pasar segar terbesar di Kanazawa sejak Zaman Edo, Pasar Omicho dipenuhi dengan kios-kios makanan laut, pedagang sayuran, bunga, pakaian, dan peralatan dapur.
Alamat: 50, Kamiomicho
Jam buka: 08.00-18.00
7. Kuil Myouryuji
Dikenal luas dengan sebutan Ninja-dera (Kuil Ninja), Myouryuji dibangun untuk melindungi klan Maeda yang memerintah dari serangan Keshogunan Tokugawa. Kuil ini menampilkan sistem pertahanan mengecoh dengan menyarukannya sebagai pos militer terdepan sekaligus rute penyelamatan diri.
Alamat: 1-2-12 Nomachi
Jam buka: 09.00-16.30
Biaya: 800 yen untuk dewasa dan 600 yen untuk anak-anak
8. Nagamachi
Berada di bagian dasar Kastil Kanazawa, distrik samurai ini menampilkan jalan-jalan kecil sempit, kanal air, dan Nomura-ke, sebuah kediaman samurai yang telah direstorasi di mana Anda dapat melihat kehidupan para samurai.
Alamat: 1-3-32 Naga-machi
Jam buka: 09.30-17.00
Biaya: bervariasi di antara museum/kediaman
9. Distrik Nishi Chaya Distrik kedai teh geisha ini bisa ditempuh dengan jalan kaki singkat dari Kuil Ninja dan di sinilah terdapat museum Nishi Chaya Shiryokan yang menampilkan sejarahnya dalam sebuah kedai teh chaya yang telah diubah.
Alamat: 2-25-18 No-machi
Jamu buka: 09.30-17.00
Biaya: Gratis
10. Kuil OyamaDidedikasikan untuk penguasa pertama dari Klan Maeda, kuil ini dibangun tahun 1599 dan dikenal dengan keunikan gerbangnya yang merupakan kombinasi pengaruh gaya arsitektur Eropa dan Asia.
Alamat: 11-1 Oyama-machi
Jamu buka: Setiap saat
Biaya: Gratis