Bepergian dengan kereta merupakan hal yang biasa dilakukan oleh mayoritas orang yang berada di Jepang. Sistem kereta di Jepang sudah dibuat sedemikian rupa sehingga memudahkan penggunanya untuk mencapai tujuan yang dia inginkan dengan mudah.
Selain karena praktis dan mudah, kereta juga merupakan alat transportasi yang paling murah apabila dibandingkan dengan mobil pribadi, apalagi taksi.
Kosa kata berikut agar memudahkan kalian saat harus bepergian dengan menggunakan kereta :
Densha 電車 -> Kereta
Eki 駅 -> Stasiun
Norimasu 乗ります-> Naik
Orimasu 降ります -> Turun
Kippu 切符 -> Karcis / Tiket ; kata chiketto juga cukup sering digunakan.
Chikatetsu 地下鉄 -> Subway / Kereta Bawah Tanah
Jikoku Hyou 時刻表 -> Jadwal Keberangkatan
Hoomu ホーム -> Peron
Norikae 乗り換え -> Transit (Ganti Kereta)
Nanji desu ka? 何時ですか? -> Jam Berapa?
Shuuden 終電 -> Kereta Terakhir
Shuuten 終点-> Stasiun TerakhirAdapun contoh kalimat yang dapat digunakan adalah sebagai berikut :
– Koko kara ichiban chikai eki wa doko desu ka?
(Di mana kah stasiun yang terdekat dari sini?)– Dou yatte kippu wo kaimasu ka?
(Bagaimanakah caranya saya dapat membeli tiket?)– *nama tempat*made ikitai desu ga, dou yatte ikimasu ka?
(Saya ingin ke *nama tempat*, bagaimana ya caranya saya bisa ke sana?)– Doko de norikaereba ii desu ka?
(Di mana kah saya harus ganti kereta?)– Koko wa *nama tempat* iki no hoomu desu ka?
(Apakah ini peron menuju ke *nama tempat*?)– *Nama tempat*iki no densha wa nanji desu ka?
(Kereta menuju *nama tempat* jam berapa kah?)