Ninja asli adalah sekelompok mata-mata terlatih, tentara bayaran, dan pembunuh yang hidup di era feodal Jepang. Cara bertarung Ninja yang diam-diam, tersembunyi dianggap rendah oleh para Samurai yang mengikuti ajaran Bushido, atau kode etik Samurai, dimana keberanian, dan kehormatan dijunjung tinggi, selain itu Samurai juga percaya bahwa Ninja tidak memperhatikan hal-hal tersebut melalui metode spionase mereka.
Selama ini ajaran Ninja selalu dirahasiakan, dan hanya diwariskan dari guru ke murid. Dengan sedikitnya informasi mengenai keberadaan mereka, Ninja dianggap sebagai sesuatu yang hampir setara dengan mitos. Karena itulah Ninja digambarkan oleh pop culture menjadi sosok yang mampu berjungkir balik, berlari di atas air, dan tak kasat mata daripada para tentara yang bertempur sambil bersembunyi di balik bayang-bayang, dan bukan di tempat terbuka seperti yang dilakukan oleh Ninja kontemporer.
Sejarah Ninja
Bukti akan keberadaan Ninja dapat ditelusuri hingga abad ke-11, namun mereka paling menonjol di era Sengoku, di mana mereka beroperasi dalam kegiatan mata-mata, dan sabotase. Para petarung Ninja yang paling populer berasal dari Iga, dan Koka, lokasi-lokasi yang dekat dengan Kyoto yang menjadi pusat pemerintahan Jepang saat itu. Biasanya mereka disewa untuk menjatuhkan istana, dan benteng. Setelah Jepang menjadi damai di abad ke-17, para Ninja disewa oleh rezim Shogun Tokugawa untuk memata-matai tokoh penting, dan sebagai tentara penjaga benteng Edo.
Lokasi untuk Mempelajari mengenai Ninja di Jepang
Iga, dan Koka adalah tempat terbaik untuk menemukan informasi, serta artefak para Ninja asli yang hidup di era Sengoku, tapi banyak tempat lain yang juga dapat menawarkan Ninja versi pop culture bagi anda.
* Museum Ninja Iga-ryu
Lokasi: 117-13-1 Ueno Marunouchi, Kota Iga, Mie
Jam Buka: 9:00~17:00 tutup di tanggal 29 Desember~1 Januari
Museum ini memiliki aula di mana anda dapat menikmati pengalaman mengenai Ninja, dan juga demonstrasi dari para aktor untuk teknik Ninja dengan senjata asli.
* Desa Ninja Koka
Location: 394 Oki, Koka-cho, Kota Koka, Shiga
Jam Buka: Hari Biasa 10:00~16:00, Sabtu-Minggu 9:00~17:00 Tutup hari Senin.
Di desa Ninja Koan terdapat kumpulan pemukiman lama Ninja di mana para staff akan menunjukkan bagaimana cara kerja pintu, dan kamar rahasia. Di sini juga ada jalur rintangan Ninja, dan tempat melempar senjata rahasia (Shuriken) yang dapat anda nikmati.
* Togakure Ninpo MuseumLocation: 3688-12 Togakushi, Kota Nagano, Nagano
Jam Buka: 9:00~17:00 setiap hari
Togakushi adalah rumah dari sebuah klan Ninja yang sudah berumur lebih dari 800 tahun. Di sini terdapat museum dengan senjata Ninja asli, labirin dengan pintu, tangga rahasia , serta tempat melempar Shuriken.
* Kuil Ninja
Location: 1-2-12 Nomachi, Kanazawa, Ishikawa
Jam Buka: 9:00~16:30, 16:00 di musim dingin. Tutup tanggal 1 Januari, dan hari raya umat Buddha
Meskipun tidak ada Ninja asli yang disemayamkan di sini, kuil ini mendapatkan nama panggilannya dari berbagai taktik bertahan yang dulu digunakan untuk menjaga keamanan tempat ini. Lorong, jebakan, dan kamar-kamar rahasia digunakan untuk menghalau penyusup. Kuil ini membutuhkan reservasi, yang dapat dilakukan melalui situs bahasa inggris mereka.
* Edo WonderlandLokasi: 470-2 Karakura, Nikko, Tochigi
Jam Buka: Musim Panas – 9:00~17:00, Musim Dingin – 9:30~16:00. Tutup di hari Rabu
Edo Wonderland adalah sebuah taman ria di mana anda dapat menjadi Ninja di wahana mereka yang berhubungan dengan Ninja, dan juga berpartisipasi di berbagai atraksi lainnya. Mereka mempromosikan tempat ini sebagai tempat untuk menikmati pengalaman hidup di zaman Edo, agar kita dapat berinteraksi dengan sejarah Jepang.