Telur merupakan salah satu makanan favorit di dunia, termasuk Indonesia. Hampir semua masakan pasti akan mengikutsertakan telur baik itu sebagai bahan dasar atau sebagai pelengkap. Banyak sekali kreasi dalam membuat masakan berbahan dasar telur yang lezat. Salah satu makanan unik dari telur adalah kuro tamago atau telur hitam yang terkenal di Hakone, Jepang.
Kuro tamago merupakan telur yang direbus dengan cara spesial. Bukan direbus dengan menggunakan panci berisi air mendidih di atas kompor, telur ini direbus di kolam air panas kaya sulfur!
Kuro tamago sebenarnya hanyalah telur ayam biasa. Namun karena kandungan sulfuf hidrogennya yang tinggi, timbul reaksi kimia dengan kalsium karbonat yang terdapat pada kulit telur dan membuatnya menjadi hitam legam seperti arang.
Cara untuk menghasilkan telur yang hitam seperti ini adalah dengan memasukkan telur ke dalam kolam air panas selama satu jam dan kemudian diuapi selama 15 menit. Tetapi meskipun kulitnya hitam legam, bagian dalamnya tetap seperti telur rebus biasa dengan sedikit aroma belerang.
Lokasi kuro tamago tepatnya di daerah Owakudani. Telur ini direbus di kaldera gunung berapi Hakone, yang erupsi lebih dari 3.000 tahun. Kuro tamago inilah yang membuat Owakudani menjadi lokasi populer untuk para wisatawan.
Pasalnya bukan hanya karena keunikan dari pembuatan telur tersebut, tetapi juga khasiat yang didapat dengan memakan kuro tamago. Khasiatnya apa? Mengonsumsi kuro tamago dipercaya bisa membuat umur bertambah 7 tahun! Berarti kalau kamu makan 3 butir telur, umurmu akan bertambah 21 tahun! Percaya tidak percaya, silahkan mencoba sendiri dan lihat khasiatnya nanti ya...
Kalau kamu ingin memakan langsung telur ini di Owakudani, kamu harus mendaki jalur yang lumayan terjal. Jalur yang lebih landai juga tersedia dengan memutari danau. Tetapi kalau kamu tidak ingin lelah, kamu juga bisa memilih menggunakan Hakone Rope Way untuk menuju Owakudani.
Untuk harga telur ini sebenarnya cukup mahal. Kamu harus merogoh kocek sekitar 500 yen untuk mendapat sekantung kuro tamago yang berisi 5 butir telur. Sambil menyantap telur, kamu bisa melihat pemandangan Gunung Fuji yang indah di Owakudani.