Bento ~ Nasi Kotak Menggemaskan Ala Jepang

716 22 2
                                    

Kebanyakan orang Jepang, terutama yang masih menginjak bangku sekolah, pasti akan membawa ini sebagai makan siang mereka. Bekal ini sangat unik dan tertata dengan rapi di dalam tempatnya. Jika di Indonesia sering disebut dengan nasi bungkus atau nasi kotak, maka di Jepang dinamakan dengan istilah Bento.

Bento (べんとう) adalah istilah dari Bahasa Jepang untuk makanan bekal yang biasanya berisi nasi, sayuran, serta lauk pauk. Makanan dikemas dalam suatu tempat makanan, sehingga sangat praktis dibawa kemana-mana dan cocok untuk menjadi bekal sarapan, makan siang maupun makan malam. Bento biasa disajikan untuk porsi satu orang walaupun arti luas dari bento itu sendiri sebenarnya adalah makanan bekal untuk banyak orang atau keluarga.

Dalam membuat nasi kotak itu sendiri, setiap makanan harus dimasak dengan baik dan benar agar rasa dan warnanya tidak berubah. Makanan-makanan yang mudah basi, disarankan untuk tidak dijadikan bento. Begitu juga untuk makanan yang mengandung banyak cairan, karena dapat mengkontaminasi makanan lainnya. Hal lain yang juga harus diperhatikan dalam pembuatannya adalah cara penyusunan makanan di dalam kotak. Makanan harus disusun sedemikian rupa dengan unik sehingga terlihat menarik dan dapat mengundang selera makan semua orang yang melihatnya. Jadi, diperlukan kreativitas yang cukup tinggi dalam pembuatannya. Ini sesuai dengan salah satu ungkapan yang berbunyi, 'nihon ryouri wa me de taberu'. Artinya, makanan Jepang dimakan dengan mata.

Apakah minna-san tertarik untuk membuat bento di rumah sendiri? Jika iya, maka siapkanlah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat makanan dan hiasan-hiasan yang menarik di dalamnya. Selamat mencoba ya. ^^

 ^^

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.
Nihon... Ai Shi Te Ru...Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang