Ichimatsu ningyou (boneka Ichimatsu) adalah boneka tradisional Jepang yang berbentuk anak kecil, bisa laki-laki ataupun perempuan. Boneka ini memiliki mata yang berkilau karena terbuat dari kaca, kulit dan wajahnya dicat menyerupai warna kulit manusia. Boneka ini sangat mencerminkan budaya tradisional Jepang, jika dilihat dari pakaian tradisional yang dikenakannya yaitu kimono, model rambutnya dan wajah khas anak-anak Jepang dengan mata sipit, hidung kecil dan mulut yang mungil.
Boneka Ichimatsu ini tidak hanya berfungsi sebagai hiasan saja, tapi juga bisa dimainkan. Selain itu, boneka ini juga terkenal sebagai hadiah yang istimewa. Dulu boneka ini sempat dijadikan “Duta Persahabatan”, boneka dikirim ke Barat dan dihadiahkan kepada pendatang yang merupakan orang-orang penting kala itu.
Boneka Ichimatsu sekilas memang tampak normal, tapi beberapa orang terutama yang bukan orang Jepang, mengaku ada sesuatu di dalam boneka ini. Mungkin jika kita melihat Ichimatsu yang ada dalam anime Gugure! Kokkuri-san kesannya kawaii atau lucu, tapi sebaliknya jika melihat boneka Ichimatsu yang sesungguhnya, kesan seram yang muncul. Ditambah lagi, boneka jenis ini memang sering muncul di anime, manga atau film horror sebagai boneka kutukan yang punya kekuatan magis dan rambutnya bisa memanjang seperti rambut manusia.
Boneka ini tidak boleh dibuang sembarangan jika memang tidak dibutuhkan lagi, ada kuil-kuil tertentu di Jepang yang akan menerima boneka ini dan ada upacara-upacara tertentu untuk mengeluarkan jiwa yang bersemayam di jasad boneka Ichimatsu.
Adapun kisah tentang boneka Ichimatsu yang cukup menyeramkan. Kisah ini tentang boneka yang disebut boneka Okiku. Boneka Okiku adalah boneka jenis Ichimatsu. Boneka ini dibeli pada tahun 1918 oleh Eikichi Suzuki di Sapporo dan dihadiahkan untuk adiknya yang baru berumur 2 tahun bernama Okiku.
Okiku sangat menyayangi boneka itu dan memainkannya setiap hari, namun tak lama setelah itu Okiku meninggal karena demam. Rencananya boneka Okiku akan di masukkan ke dalam peti matinya, namun tidak jadi karena lupa. Akhirnya boneka ini ditempatkan di altar tangga rumah dan keluarga berdoa setiap hari untuk memperingati Okiku yang telah meninggal, lalu lama-kelamaan mereka melihat rambut boneka mulai tumbuh memanjang. Menurut cerita, roh dari anak itu berlindung di dalam boneka tersebut.
Tahun 1938 boneka Okiku akhirnya dititipkan di kuil Mannenji di Hokkaido. Pendeta di kuil, membenarkan kalau rambut boneka Okiku terus memanjang, walaupun dipotong terus secara berkala, normalnya boneka tradisional Jepang selalu berambut pendek. Seorang peneliti Jepang mengungkapkan bahwa dari hasil uji forensik, rambut yang ditumbuhkan boneka Okiku, sama persis dengan rambut pada anak usia 10 tahun.Boneka Ichimatsu