11. Dismenorea

1.1K 75 0
                                    

~ Kalau bisa nonton drama secara langsung kenapa harus Drakor lagi?~
💉
❤️

"Menstruasi, apa yang ada di pikiran kalian saat mendengar kata itu? Nah, di pertemukan kali ini akan saya jelaskan sedikit tentang menstruasi. Kenapa perut bisa nyeri, kenapa bawaannya emosi, dan sebagainya. Terkadang, beda orang, beda juga cara mengatasinya, tetapi kalian harus bijak dalam mengimplementasikan secara langsung."

Hari pertama di minggu ketiga prakerin benar-benar menguras tenaga, karena seharian penuh hanya diisi dengan diskusi hingga tiga hari ke depannya.

Empat dokter dan perawat dibagi jadwal untuk mengisi materi. Di pertemuan kali ini diisi oleh Dokter Purna dan Andre selaku kepala ruangan poli.

Setelah meneguk air minum, Purna pun kembali menjelaskan materi yang ditampilkannya melalui video singkat agar mudah dipahami. Sesekali bertanya apakah mereka semua paham atau tidak, sedangkan para murid mencatat poin-poin penting dari materi kali ini. Kapan lagi bisa menyaksikan 0,5% populasi orang ganteng di dunia, ditambah dapat ilmu gratis? Rugi sekali rasanya.

"Secara singkat menstruasi ini merupakan proses atau keadaan di mana meluruhnya dinding rahim yang keluar melalui vagina berupa darah. Siklus normalnya, 21 sampai 35 hari. Siklus ini dihitung dari hari pertama menstruasi. Ini terjadi dari hari kedua sampai dengan ketujuh. Sampai sini paham?"

"Paham!" teriak mereka heboh.

"Oke, lanjut. Nah, pada hari kedelapan sampai ketiga belas, tubuh kita mempersiapkan rahim menuju masa subur. Di hari keempat belas sampai kedelapan belas, tubuh kita mengalami masa subur. Beberapa hari sebelum menstruasi biasanya muncul PMS, yaitu masa perubahan hormonal yang sering terlihat di emosi dan fisik. PMS ini datang sebelum menstruasi berlangsung, bukan saat menstruasi itu terjadi. Kadang-kadang orang salah mengartikan. Untuk lebih jelasnya, silakan simak video berikut ini!"

Tak berselang lama, sesi tanya jawab pun dibuka karena memang hari mulai sore, di mana tadi Purna merupakan pemateri kedua setelah Andre. Materi yang disampaikan sejak jam dua siang, setelah istirahat.

"Assalamualaikum, Dok, izin bertanya atas nama Tina Malinda."

Setelah mendapatkan anggukan dari Purna, Tina melanjutkan pertanyaannya. "Kenapa darah menstruasi tidak seperti darah yang keluar ketika jari terluka?"

"Wah, pertanyaan yang luar biasa. Kenapa darah haid berbeda dari darah lainnya? Secara singkatnya ini karena darah haid itu tidak bersumber langsung dari pembuluh darah. Darah haid ini keluar melalui vagina dan sudah tercampur dengan lendir dan sel-sel rahim. Apakah sudah jelas?"

"Oh, iya, Dok kenapa baunya juga berbeda dari darah lainnya, ya, Dok?" tambah Khanza.

"Nah, untuk bau normal menstruasi ini sendiri dikenal dengan bau metalik, seperti bau logam. Kok, bisa bau logam, Dok? Ini karena banyaknya zat besi dalam darah. Kadang kala aromanya juga akan sedikit busuk karena itu sangat disarankan supaya mengganti pembalut sekitar tiga sampai empat jam sekali. Sejauh ini kebanyakan kaum perempuan yang bertanya, ya. Apakah yang cowok tidak ada yang ingin ditanyakan?"

"Kita kaum jantan dengan suka rela membiarkan kaum betina untuk menyampaikan isi hatinya, Dok," jawab Rangga.

"Iya, Dok, karena mode curhat perempuan sudah diaktifkan," tambah Andi.

"Kita yang remahan rengginang, mah, denger aja. Mau bertanya juga enggak tahu tanya apa," sahut Arya sambil terkekeh.

"Saya aja, deh, yang bertanya. Jadi, gini, ya, Dok. Karena saya nggak punya pacar, saya tanyanya tentang kakak saya aja. Saya rasa nggak perlu memperkenalkan diri karena seisi ruangan ini juga tahu siapa sa—"

FLAMBOYAN Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang