PATRIARKI

24 2 0
                                    

-

pa.tri.ar.ki
n. Psi. perilaku mengutamakan laki-laki daripada perempuan dalam masyarakat atau kelompok sosial tertentu

Apakah benar ia mengajarkan lelaki untuk menjadi lebih tinggi?

Apakah ia membuat para suami berhak memaki para istri?

Apakah memang benar ia membolehkan para suami merendahkan harga diri istri?

Apakah ia yang membuat para wanita tak berhak bekerja tapi lantas dianggap tak berguna karena tak bisa mencukupi kebutuhan keluarga?

Apakah ia yang membuat pria pantas merasa bahwa hanya dia yang istimewa?

Apakah ia yang membuatmu menolak membantu istrimu mengurus anak-anak?

Apakah ia yang membuat para suami merasa tak pantas dinasihati istri meski mereka melakukan kesalahan? 
.
.
.
.
.
Apakah benar demikian?
Apakah benar patriarki yang  mengajarkanmu?
Ataukah itu egomu?

-

Serius! Saya bukanlah pejuang feminisme atau matriarki. Ini saya lagi ngomongin tyrannical patriarchy yg membuat banyak pria keliru memandang patriarki. Pria dianggap punya kuasa mutlak atas wanita. Tapi saya rasa jaman sekarang praktiknya sudah jauh berbeda. Wanita sudah jamak yg menempuh pendidikan tinggi, sudah diberi hak untuk memilih, bekerja, bahkan hak untuk menduduki posisi strategis di pemerintahan yg dulu masih dianggap tabu.

Tapi praktik tyrannical patriarchy ada yg sudah telanjur lekat di masyarakat sehingga sulit untuk mengubah pandangan pria terhadap wanita. Intinya patriarki tidaklah salah. Tinggal bagaimana kita sebagai bagian dr masyarakat memahami dan mempraktikkannya.

Mohon maaf kalo ada kesalahan/kekeliruan dlm penjabarannya 🙏🙏

Mini Stories: Part Two [COMPLETED]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang