Revisi
[2 Juni 2020]
Menjawab salam hukumnya wajib dalam Islam. Jadi jika seseorang mengucap salam tapi tidak dijawab akan berdosa.
~Batasan Agamaku~
...
Aku dan Lira sedang berjalan menuju halte bis terdekat dari rumah Arin. Memang tidak terlalu dekat juga. Tapi lumayan lah daripada naik kereta bawah tanah yang harganya juga tidak enak dikantong.
"Eonni, eonni chingu oseyo? [Kak, teman kakak jadi ikut nggak]?" Tanya Lira kepadaku. Alhamdulillah kemampuan bahasa Koreaku meningkat sedikit demi sedikit.
"Ne [Iya jadi]."
Lee Seok Hyun jadi ikut menonton konser EXO. Waktu itu aku sebenarnya sudah menolak Lee Seok Hyun untuk ikut. Tapi bagaimana lagi Lee Seok Hyun orangnya keras kepala. Dia terus mengotot mau ikut.
Tapi mengapa hati kecilu mengatakan Yes, alhamdulilah?
"Geuleom eo is eo? [Terus dia nya mana]?"
"Ama yeogi yeohaeng [Mungkin perjalanan menuju kesini]."
Kenapa perasaanku jadi khawatir begini ya sama Lee Seok Hyun. Kenapa aku mikir aneh-aneh tentang dirinya.
Ya Allah jauhkanlah hamba mu ini dari pikiran negatif dan tenangkanlah hati hambamu ini. Sesungguhnya engkau mengetahui apa yang tidak hamba ketahui.
Aku harus membuang rasa khawatir ini. Tapi aku tidak biasanya khawatir begini sama seseorang kecuali aku mengharapkan kedatangan orang itu.
Masa iya aku mengharapkan kedatangan Lee Seok Hyun?
Kenapa aku jadi begini. Ok, yang penting tidak terlalu mencolok kalau aku mengkhawatirkannya.
"Halo. Maaf nunggu lama."
Kenapa setelah Lee Seok Hyun datang hatiku kembali merasa tenang. Alhamdulillah kalau Lee Seok Hyun terlihat baik-baik saja.
"Wa'alaikum."
"Waa- apa?" Tanyanya. Lee Seok Hyun terlihat bingung dengan apa yang aku katakan barusan. Ternyata Lee Seok Hyun tidak mempelajari agama Islam walaupun sedikit saja.
Kenapa aku kecewa begini. Ya Allah maafkan Aisha yang menaruh rasa harapan kepada ciptaan-Mu ini. Sungguh Aisha tidak bermaksud sengaja.
Sesungguhnya engkau Maha Pengampun lagi Maha Pemurah.
Aku tersenyum "Wa'alaikum . Itu adalah jawaban ketika seseorang mengucapkan salam lebih sempurnanya Wa'alaikumsalam. "
"Seperti jika kamu bilang Assalamu'alaikum , aku menjawab Wa'alaikumsalam untuk kaum muslimin dan Wa'alaikum untuk kaum non-muslim." Jelasku.
Menjawab salam hukumnya wajib dalam Islam. Jadi jika seseorang mengucap salam tapi tidak dijawab akan berdosa.
Hukum ucapan salam di dalam islam ada beberapa hal :
1. Salam merupakan salah satu tanda cinta
Dari Abu Hurairah radiallahu 'anhu berkata, Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda:
Kalian tidak akan masuk surga sehingga kalian beriman, dan tidak dikatakan beriman sebelum kalian saling mencintai. Salah satu bentuk kecintaan adalah menebar salam antar sesama muslim. (H.R Muslim no. 54)
2. Menjawab Salam Hukumnya Wajib
Terdapat dua hukum dalam menjawab salam. Pertama, jika seseorang diucapkan salam ketika ia sedang sendiri, maka ia wajib menjawab salam tersebut karena menjawab salam dalam kondisi sendiri hukumnya adalah fardu'ain.
KAMU SEDANG MEMBACA
BATASAN AGAMAKU [SELESAI]
Novela JuvenilROMANCE - SPIRITUAL || nasihat-nasihat untuk MUSLIM || [Hati-hati kalau BAPER] || EMOSI tolong dijaga || Korea Selatan : BTS ¦ EXO || CINTA BEDA AGAMA Agama mengajari kita untuk saling menyayangi dan tolong menolong. Agama tidak akan pernah mengaja...