LoveMath 10 - Berteriak Histeris

177 24 43
                                    

"Zaman pala … palaeo … palaeozo … pa-la-e-o-zo-i-kum! Haduh, susah banget sih, bacanya!"

Ups! Gambar ini tidak mengikuti Pedoman Konten kami. Untuk melanjutkan publikasi, hapuslah gambar ini atau unggah gambar lain.

"Zaman pala … palaeo … palaeozo … pa-la-e-o-zo-i-kum! Haduh, susah banget sih, bacanya!"

Aku melanjutkan lagi, "Zaman ini berlaku lima ratus sampai tiga ratus juta tahun yang lalu. Suhu di muka bumi sudah mulai menurun, tetapi proses pembentukan permukaan bumi masih sangat labil. Tanda-tanda kehidupan sudah mulai tampak.

"Penghuni bumi pada waktu itu berupa makhluk yang kecil--mikroorganisme--dan bersel satu. Mereka berevolusi menjadi reptil, amphibi, dan berbagai jenis ikan."

"Kamu ngapain udah belajar bab 2? Bab 1 aja baru mau ulangan harian, itu pun masih 2 minggu lagi."

"Karena aku adalah pencinta IPS, jadi aku bakal rajin belajar, dong! Walaupun belum waktunya, buat mempelajarinya," jawabku, tanpa mengalihkan pandangan dari buku paket yang kupegang.

"Padahal setiap belajar MTK, kamu males dan susah banget disuruh hafalin rumus. Eh, giliran IPS, aja …."

"Aish! Udah-udah, jangan ganggu aku! Sana, mending kamu kencan aja sama buku kumpulan rumusmu!" usirku.

"Mehra galak!"

"Aku gak akan galak, kalo kamunya gak rese!"

"Huhh … au ah, males!"

Aku menatap heran Arsen yang kini sudah duduk memunggungiku. "Dih, gak jelas!"

Tak peduli atas tanggapan apa yang mungkin sedang Arsen beri, aku kembali fokus membaca materi bab 2 karena tak lama lagi Pak Ari akan datang ke kelas untuk melaksanakan tugasnya sebagai guru IPS.

6. Tersier
Terjadi sekitar 60 juta tahun yang lalu.
Pada masa ini dinosaurus masih berkuasa di bumi, namun perkembangannya semakin lambat, sementara hewan primata dan mamalia mulai berkembang dengan pesat.

"Tersier? Kok kayak pernah baca namanya, ya? Namun, di mana--oh! Di buku prakarya kelas 9, tapi tersiernya merupakan kemasan produk, seingetku. Kok namanya bisa sama, ya?"

7. Kuarter
Merupakan zaman yang terjadi 600.000 tahun yang lalu. Zaman ini juga terbagi dua berdasarkan proses mencairnya es-es di daerah kutub.

8. Pleistosen (Diluvium); The Ice Age (Zaman Es)
Pada masa ini, keadaan iklim di bumi tidak stabil. Zaman kuarter menjadi sangat penting karena pada zaman inilah manusia purba mulai muncul. Adapun jenis manusia purba yang muncul pada zaman ini adalah jenis Pithecanthropus.

"Wah, aku baru tau kalo ada jenis manusia purba yang namanya pithecanthropus!"

"Seperti biasa, ya, Mehra selalu rajin belajar!"

Aku tersentak. Itu suara Pak Ari!

"Eh, Pak Ari! Maaf Pak, saya gak sadar Bapak udah dateng, hehe."

Pak Ari tersenyum tipis. "Gak pa-pa. Lagian juga kamu 'kan gak sadar karena lagi belajar. Kamu suka banget ya, sama pelajaran IPS?"

"Bukan suka lagi Pak, tapi udah cinta!" Aku tertawa kecil, Pak Ari melakukan hal serupa.

[SYaHS1] LoveMath | SELESAI✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang