Hari itu malam hari yang nenangin. Tanggal 29 Desember. Taehyung bener-bener nggak berhenti buat bersyukur dan senyum sepanjang hari itu.
Karena hari ini orang tuanya pulang setelah 2 minggu ada di negeri orang, ngurus perusahaan mereka yang ada di Jepang. Dan Taehyung makin tambah seneng pas mama sama papanya nelpon, pagi tadi, kalau mereka punya kejutan buat dia. Secara nanti malam memang dia bakal tambah umur.
Taehyung langkahin kakinya riang, nyusurin trotoar dan nyapa beberapa orang yang juga nyapa dia. Dia udah dikenal sama orang-orang sekitar, karena dia juga ramah sama orang lain jadi mereka seneng sama Taehyung.
Salju masih turun, setitik-setitik, dan jalanan sama rumah-rumah disana juga masih ketutup salju walau nggak tebal.
"Selamat Natal, tante!"
Wanita yang punya toko bunga, yang awalnya lagi sibuk motongin tangkai bunga, ngalihin pandangannya ke pintu masuk. Senyumnya ngerekah pas ngeliat keponakannya, Taehyung —yang dibalut sama baju hangat yang serba putih— , berdiri di ambang pintu toko bunganya.
"Taetae!"
Keduanya saling ngehampirin dan pelukan. Tante Han akhirin pelukan itu dan ngeliat Taehyung dari atas sampe bawah. Dan matanya jatuh sama syal merah yang ngebalut leher Taehyung. "Kamu pakai syal yang Tante kasih?"
Taehyung ngangguk semangat, "Iya! Syalnya bagus, apalagi syalnya Tante yang ngasih. Makasih ya, Tan! Hehe, padahal ulang tahun Tae masih beberapa jam lagi, tapi Tante udah ngasih aja tadi pagi."
"Kamu tau 'kan toko Tante bakal ramai malam ini, orang-orang pada persiapan buat Tahun Baru besok, jadi mereka pada beli bunga dan Tante ngasih hadiah kamu tadi pagi biar Tante nggak kelupaan."
"Iya iya, Taetae ngerti kok, Tante~" Taehyung ngasih senyuman manisnya, ngebuat Tante Han ikut senyum liat keponakannya yang ceria kaya biasa.
"Oh! Orang tua kamu pulang malam ini 'kan? Mau tante anterin ke bandara, nggak?" Tante Han jalan ke dalam toko, ninggalin Taehyung yang udah keliling ruangan buat ngagumin bunga-bunga yang dirawat sama tante yang udah dia anggap kaya mamanya itu.
Taehyung ngehirup bau bunga mawar putih yang masih segar dan senyum sebelum ngejawab, "Nggak usah, Tan, biar Taetae aja. Eh, tapi kalau Tante mau ikut juga gapapa! Biar Taetae ada temen."
"Jelas dong, Tante juga kangen sama kakknya Tante. Ini, diminum dulu cokelat panasnya," Tante Han dateng sambil bawa nampan yang udah ada dua cangkir cokelat panas sama sepiring biskuit di atasnya, letakin di meja sebelah Taehyung dan dia duduk berdua sama keponakannya itu disana.
Begini memang rutinitas Taehyung setiap akhir bulan Desember. Dia bareng keluarga bakal pergi ke Panti Asuhan buat ngasih bantuan, trus ke toko buat beli perhiasan Natal, dan pas mau ulang tahunnya, keluarganya bakal dateng ke toko bunga tantenya dan minum cokelat panas bareng sambil bincang-bincang.
Dan karena tahun ini mama sama papanya Taehyung lagi di luar negeri, jadinya Taehyung ngelakuin itu sendirian bareng tantenya.
Nggak terasa udah sejam mereka saling tukar cerita, dan udah waktunya buat mereka jemput mama-papanya Taehyung di bandara. Tante Han nutup toko bunganya dan jalan berdua bareng Taehyung, nyusurin trotoar buat sampe ke halte bus sambil bincang-bincang.
Tapi, langkah mereka harus terhenti karena ada yang nelpon Tante Han. Suaminya.
"Yoboseyo, yeobo? Kami lagi di perjalanan ke bandara, aku lagi sama Taehyung sekarang," Tante Han ngedipin sebelah matanya ke Taehyung, dan dibales sama senyuman lebar dari si cowok manis itu.
Taehyung ngalihin pandangannya ke sekitar, liatin orang yang lalu-lalang sambil nunggu tante sama pamannya teleponan.
Dan pas dia balik liat ke tantenya lagi, dia bisa ngeliat raut muka tantenya yang keliatan.. Syok? Wanita itu gulirin matanya buat natep Taehyung, ada binar aneh disana.
"Ada apa, Tan? Mama sama Papa udah sampe?" Taehyung nanya, meskipun dia nanya pakai senyumnya kaya biasa, tapi hatinya ngerasain hal yang nggak enak.
Tante Han gigit bibirnya, sambil nyerahin ponselnya yang panggilannya masih kesambung sama suaminya dengan ragu ke Taehyung. Dia nggak bisa ngomong setelah dengar apa yang barusan dibilang sama suaminya.
Taehyung ngeraih ponsel pintar itu dan ngarahin ke telinganya. "Yoboseyo, Paman?"
Mereka berdua hening, tapi di sekitar mereka banyak yang lalu-lalang. Tante Han natep Taehyung gusar, bibir bawahnya dia gigit pelan, tangannya dia satuin di depan dada.
Tante Han bisa ngeliat raut muka Taehyung yang pelan-pelan berubah. Yang awalnya biasa aja dan terkesan penasaran itu berubah jadi raut yang terkejut dan binar matanya yang bergetar.
Taehyung narik napasnya, natep Tante Han dan kepalanya ngegeleng pelan. Lama-kelamaan napasnya jadi nggak beraturan, dan dia nutup mulutnya pake telapak tangan kanannya yang bebas. Tapi itu cuman sebentar, dia ganti nutup kedua matanya dan dia mulai ke-isak.
Tante Han ikut nutup mulutnya pake kedua telapak tangannya. Keponakannya berduka. Bahu cowok itu bergetar naik turun. Sambungan telepon masih kesambung, dan Paman Han masih ngomong disana.
Dan pas panggilan selesai, Taehyung nangis sekuatnya. Teriak, sampai orang-orang di sekitarnya pada noleh ke dia. Tapi mereka berdua sama sekali nggak peduli soal itu.
Taehyung baru aja dapet kabar kalau pesawat yang ditumpangin orang tuanya buat balik ke Korea ngalamin kecelakaan sebelum sampai di bandara. Dan nggak ada yang selamat, semuanya jadi korban dan pesawat hangus karena jatuh di daerah perbukitan yang ngakibatin pesawatnya meledak. Paman Taehyung yang memang lagi nunggu pesawat kakak iparnya itu melandas di bandara, pas dapet kabar kaya gitu dari salah satu informan bandara, dia jadi terkejut dan minta penjelasan dari pihak bandara.
Dan, ya, nggak ada harapan. Semuanya tewas, nggak ada yang selamat. Dan dengan nggak rela dan penuh paksaan, Paman Han langsung telepon istrinya yang kebetulan lagi bareng sama keponakannya itu buat ngasih tahu tentang kabar duka yang baru aja terjadi.
Taehyung nangis sekuat-kuatnya. Kakinya yang lemas ngebuat dia jatuh di lututnya gitu aja dan nutup mukanya pake telapak tangan kanannya. Tante Han yang juga ikutan nangis pas Taehyung mulai ke-isak ngedekat ke Taehyung dan peluk keponakannya itu.
Kasihan keponakannya ini. Padahal beberapa jam lagi dia tambah umur, tapi udah dikasih kabar duka yang mendalam kaya gini.
Itu bukan kado yang diharepin sama semua anak yang bakal berulang tahun. Itu adalah kabar yang sama sekali nggak digarepin sama semua orang, sama sekali nggak mau didengar bahkan nggak mau dialamin. Terutama sama anak yang begitu cinta sama orang tuanya.
Dan iya aja. Taehyung langsung pingsan di pelukan tantenya. Tante Han yang ngerasa beban Taehyung ada sama dia semua langsung panik dan ngehubungin suaminya. Orang-orang disana juga ikut panik, dan untungnya masih banyak orang-orang baik yang mau nolong Tante Han buat ngebawa Taehyung ke rumah sakit terdekat.
.
.
.
... to be continue
KAMU SEDANG MEMBACA
𝐁𝐨𝐲 𝐚𝐭 𝐇𝐨𝐮𝐬𝐞 𝟑𝟎𝟗𝟓 | 𝐊𝐎𝐎𝐊𝐕 [ ✔ ]
FanfictionCuman keseharian Jungkook yang asik digombalin sama anak seberang rumahnya. | KookV | Non baku | | Slice of Life | Romance |