JADI KEREN BIAR DICARI

426 56 12
                                    

Grup kesayangan saya, theWWG lagi open member. Dulu, tahun 2017 saat saya mendaftar masuk, seingat saya nggak banyak yang daftar, di bawah 50 dan semuanya penulis pemula.

As time goes by, tepatnya 4 tahun kemudian, baru 5 hari pengumuman open member, sudah lebih dari 100 orang pendaftar meramaikan. Tidak main-main, mereka banyak yang sudah mahir menulis, malang melintang di platform, terbit mayor, bahkan ada Wattpad Star. Kejutannya lagi, banyak ex-member yang pernah keluar kini mendaftar lagi.

Kenapa gitu, padahal banyak grup kepenulisan. Tetapi kenapa memilih The WWG? Tentunya karena mereka menganggap The WWG keren. 😆😆😆😆😆😆.

So, kamu yang sekarang mikir,

"Kok nggak ada yang melirik naskahku?"

Atau

"Kok penerbit mayor selalu menolak aku?"

Berhenti mengeluh dan mulailah berusaha.

Seperti banyak grup menulis, The WWG pun mengalami pasang surut. Ada saja drama. Dan pastinya member yang keluar karena kecewa bakal menggosipkan The WWG. Tetapi tentu saja berkat kerjasama antar member, The WWG bisa bertahan.

Kalau kita mau jadi penulis yang dicari orang, mulailah meningkatkan kadar kekerenan. Gimana caranya?

1. PIKIRKAN JALUR ALTERNATIF

Saya ingat banget Tere Liye pernah ditolak penerbit, sebut saja Penerbit X. Ketika dia sudah jadi penulis best seller, semua penerbit berlomba mendekati. Rintiksedu memiliki kisah yang sama.

Kalau kamu penulis yang terlalu sering ditolak, pilih alternatif lain. Alih-alih mengemis agar dibukakan pintu oleh penerbit, cobalah jalur lain. Jadilah terkenal. Iya, jadilah Penulis terkenal yang punya banyak fans, niscaya semua penerbit akan mengejarmu.

2. BANYAK MEMBERI

The WWG, punya banyak program yang bisa diikuti non member. Dari mulai project jurusan, Seblak, grup branding, kelas umum. Semua bisa diikuti gratis.

So, kalau kamu mau banget jadi keren, berikan keahlianmu secara gratis. Misalnya bikin karya bagus dan dipajang gratis agar orang dapat menikmati.

3. BERPRESTASI

Banyak member The WWG yang berprestasi, dan prestasi itu nggak disimpen sendiri. Bagikan, pamerkan pada dunia.

Selain berguna buat bikin mantan keki, juga biar karir kamu semakin lancar.

4. BUAT SESUATU YANG BERMANFAAT

Orang hanya akan mengikuti sesuatu atau seseorang yang bermanfaat. Saya terharu sih baca testimoni salah satu calon member yang bilang gini,

Aku dulu di novel ada bahas pengusaha. Tapi kata editor, terlalu mencolok bisnisnya. Jadi ditolak. Kebetulan nemu novel kakak yang Stefani itu. Kan ada adegan pemeriksaan ibu ibu dan skincare turun temurunnya tapi gak bosen sama sekali.

👆 calon member ini baca Pertalian Cinta. Haha... Risetnya lumayan detail tapi gak bikin otak pembaca kusut.

Calon member yang merasa mendapatkan manfaat setelah membaca, sudah pasti jadi tertarik mengenal siapa penulisnya, grup apa yang dia ikuti.

5. TERUS ASAH SKILL

Belajarlah terus, tingkatkan skill. Jangan berhenti dan berpuas diri. Tetap pasang mata dan telinga agar kamu tahu apa yang diperlukan untuk menghadapi dunia.

Kalau hari ini kamu cuma bisa nulis cerita porno, belajarlah dari Penulis erotika bagaimana meramu tulisan dengan cerita yang keren, konflik yang nggak terduga, dan adegan seksual yang memang mempengaruhi jalannya cerita. Jangan lupa tingkatkan skill riset biar kamu kelihatan pinter.







Write Without FearTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang