Adken diperiksa oleh Mars, dan ayahnya itu menyatakan bahwa kondisi Adken baik-baik saja. Adken sangat sehat, hingga tidak terlihat seperti orang yang sudah tidak sadarkan diri hingga 3 hari. Awalnya Mars agak terkejut dengan kondisi putra bungsunya itu. Mars belum pernah menemukan hal yang seperti ini sebelumnya selama pengalamannya menjadi dokter.
Biasanya, seseorang bisa sampai koma karena overdosis obat-obatan terlarang atau alkohol, gangguan pada sistem saraf pusat, kegagalan organ hati, stroke, gula darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah, keracunan, rendahnya kadar oksigen pada sel dan jaringan, hipotermia, hipertemia, cedera yang menyebabkan trauma, dan beberapa penyakit berat lainnya.
Atau setidaknya jika tidak mengalami hal-hal tersebut, seseorang juga bisa sengaja dibuat koma demi tujuan medis, misalnya untuk menyelamatkan pasien agar tidak merasakan sakit saat proses pemulihan suatu kondisi tertentu.
Namun kasus Adken ini jelas berbeda. Satu-satunya alasan koma yang hanya disebabkan oleh demam adalah hipertemia, yaitu kondisi ketika suhu panas tubuh meningkat karena tidak mampu menyesuaikan dengan suhu panas di sekitarnya.
Seseorang bisa dikatakan terkena hipertemia jika mengalami gejala-gejala berupa denyut jantung yang melemah atau lebih cepat, adanya gangguan koordinasi tubuh, meskipun suhu tubuh panas tapi tubuh tidak mudah mengeluarkan keringat, adanya bercak-bercak kemerahan pada kulit, mengalami kram otot, mengalami kejang-kejang, dan yang paling utama, suhu tubuh mencapai lebih dari 40°C.
Tentu saja gejala-gejala itu tidak dialami oleh Adken, tidak terdapat tanda-tanda tubuh Adken mengalami hipertemia. Suhu tubuh Adken memang panas, tapi panasnya hanya mencapai 38,5°C. Hal ini tentunya tidak termasuk kategori demam yang sangat parah, seperti yang dikatakan Mars sebelumnya, seharusnya dengan suhu tubuh setinggi itu hanya perlu minum obat penurun demam dan istriahat yang cukup, maka akan cepat sembuh.
Awalnya Mars akan membawa Adken untuk diperiksa lebih lanjut di rumah sakit, karena tentunya peralatan medis lebih lengkap disana daripada di rumah. Ditambah istrinya yang terus-terusan merasa cemas dan memarahinya karena Venus menganggap Mars terlalu santai dalam menangani putra bungsu mereka.
Namun saat Mars melihat perubahan pada sorot mata dan sikap Gantari, tidak seperti saat pertama kalinya ia mengetahui Adken sakit, Mars mendapat kesimpulan bahwa apa yang sedang dialami putra bungsunya ini sudah diluar jangkauan medis. Ini sudah bukan ranahnya lagi sebagai seorang dokter untuk membuat Adken terbangun dari ketidaksadarannya.
Mars memang tidak terlalu paham apa yang terjadi dengam putra bungsunya itu, mengapa ia bisa mengalami kejadian supernatural dalam hidupnya. Awalnya Mars tidak ingin mempercayai hal-hal semacam itu, tapi kehadiran Gantari dalam keluarganya membuat pandangan Mars tentang hal tersebut jadi terbuka. Bahwa sesuatu yang tidak terlihat, bukan berarti tidak ada.
Mars memutuskan untuk membiarkan Adken terlebih dahulu, jika lebih dari 3 hari putranya itu tidak sadar, maka Mars tetap akan membawanya ke rumah sakit untuk pemeriksaan lebih lanjut. Mars juga meminta Venus untuk tidak terus mendesak dan lebih mengerti bahwa keadaan memang sudah tidak sewajar biasanya.
Dengan hadirnya Gantari dihidup Adken, sebenarnya Mars sudah mewanti-wanti dirinya untuk selalu siap sedia akan hal-hal mustahil yang sekiranya akan menghampiri keluarganya. Tidak ada yang mengetahui bahwa kelahiran Adken di dunia ini sebenarnya termasuk salah satu hal yang sulit dipercaya, namun memang terjadi.
🌵⚘🌵
Dahulu, setelah melahirkan Kellan, Venus divonis mengalami invertilitas atau sulit untuk hamil lagi. Hal ini dipicu karena Venus menderita hidrosalping, yaitu pembengkakan saluran tuba falopi, baik salah satunya maupun keduanya, akibat adanya sumbatan cairan sehingga terjadi infeksi.
KAMU SEDANG MEMBACA
Legenda Patung Jayashree [TAMAT]
Historical FictionAdken merupakan mahasiswa jurusan sejarah, yang memiliki ketertarikan tinggi dengan sejarah, legenda, dan cerita rakyat. Di tahun terakhirnya kuliah, ia diharuskan melakukan observasi tentang 1000 patung peninggalan sejarah, untuk tugas akhirnya. Ko...