Sejak bangun tidur sampai sekarang udah duduk dimeja makan buat sarapan, Jay masih aja masang muka betenya. Bibirnya mengerucut, pun selalu jawab sekenanya sewaktu ditanyai apapun. Nggak ada tuh aura-aura bahagia yang terpancar seperti halnya orang-orang yang mau wisuda pada umumnya. Sedikitpun.
Tiffany yang tau jelas alasan kenapa anak bujangnya cemberut dihari bahagia pun cuma bisa tertawa geli tanpa berniat cepu.
"Abel beneran nggak bisa dateng ya, Jay?"
Tuh kan. Malah mancing. Malah diingetin. Jay berdecak saking jengkelnya.
"Udah deh, mam. Nggak usah dibahas. Males aku dengernya" sungut Jay yang malah dibalas tawa. Untung emak sendiri:)
"Lagian kamu sih, segala ngajak ribut ditelpon. Kalo nggak berantem kan siapa tau dia bisa usahain pulang"
Denger ucapan mamanya, Jay menghela napas sambil nyenderin punggung. Kan, jadi dia lagi yang disalahin. Emang kayaknya anak asli mamanya tuh Abel deh, bukan dia. Buktinya tau Abel salah gini aja masih dibela tuh?
Kejadiannya itu baru sekitar tiga atau empat hari lalu. Sepulang dari kantor, Jay nelpon Abel diruang tamu sambil nunggu mamanya kelar masak. Alasan pertama, udah pasti karena kangen. Dan alasan kedua, Jay mau nanyain lagi kejelasan keputusan cewek itu. Jadi dateng atau enggak ke acara wisudanya. Berakhir dijawab 'Enggak bisa. Soalnya gue masih ada tanggungan ngerjain beberapa baju lagi'.
Ya Jay tau sih, Abel sekarang udah kerja jadi salah satu tim designer baju dibrand punya dosennya sejak lulus kuliah setahun lalu. Dan Jay juga tau sesibuk apa kerjaannya, mengingat beberapa kali dia juga pernah nemenin Abel begadang ngejar deadline gambar. Entah itu lewat videocall ataupun langsung sewaktu ngunjungin cewek itu.
Tapi masa iya Abel nggak bisa luangin sedikit waktunya buat dateng ke acara wisuda pacar sendiri? Padahal Jay udah bilang dari jauh-jauh hari—sejak abis sidang bahkan, tapi kenapa ceweknya itu tetep nggak bisa dateng?
Dan dari situlah percekcokan dimulai. Salah Jay juga sih karena ngebandingin dirinya yang waktu itu bisa datang ke wisuda Abel padahal lagi sibuk, dengan Abel yang malah nggak bisa datang ke wisudanya karena alasan sibuk juga.
Jelas aja cewek itu marah. Jay seolah meminta balasan atau pamrih, walaupun sebenernya nggak begitu.
Rasa menyesalnya datang dan dia berniat minta maaf, tapi nggak ada satupun telpon atau chat yang direspon Abel selama dua hari terakhir sampai malam tadi. Berimbas ke moodnya yang hancur parah, Jay bahkan udah nggak berani berharap cewek itu bakal datang tiba-tiba ke wisudanya hari ini. Mentok chatnya direspon lah biar hatinya tenang dikit:)
"Abel beneran nggak dateng, Jay?"
Jay refleks berdecak setelahnya ngikutin arah pandang Michael menuju ke barisan tamu undangan. Dua kursi disana harusnya diisi mamanya sama Abel. Tapi karena udah dipastikan cewek itu nggak akan datang, jadilah Jenny yang gantiin. Papanya pun sama nggak bisa datang karena lagi ada kerjaan diluar negeri.
"Menurut lo??"
"Loh, tapi kan..." Michael refleks nyengir dan berhentiin ucapannya begitu Jay meliriknya tajam. Oke deh aku diam aku tampan:')
"Widih broo, itu nyokap lo kan?"
Dengan ekspresi malesnya, Jay noleh lagi ke satu temennya yang lain.
"Hm. Kenapa?"
"Kalo yang disebelahnya itu siapa? Cakep bener"
Refleks Jay mendengus "Tante gue"
"Hah, masa? Kok muda banget?" Arjun nyengir "Kenal—"
"Udah berekor satu, suaminya pilot. Ntar gue kenalin biar lo dilindes pesawat sekalian"
KAMU SEDANG MEMBACA
SOLITUDE ✓
Fanfiction"From now on, Jauh-jauh dari hidup gue, bisa kan?" #1 in JAYPARK 090921 #1 in ENGENE 141221 #1 in EHYPENJAY 220722