Hari ketiga PTS, kelas Abel dapet jadwal penilaian pelajaran matematika.
Pagi ini Abel berangkat agak siangan––atau lebih tepatnya kesiangan gara-gara dia belajar lagi pas sarapan tadi, terus makannya jadi lama, nggak lihat jam tau-tau udah mau jam 7.
Untung aja kalo lagi tes gini bel masuk bunyi pukul setengah 8. Jadi walaupun Abel sampai sekolah jam 7 lebih masih tetep aman.
"Wih, serius amat deh"
Abel natap sengit orang yang baru aja naruh tasnya dimeja sebelah. Siapa lagi kalo bukan Jay.
"Nggak sekalian itu catatan lo bakar terus abunya lo minum biar rumusnya pada masuk ke otak lo?"
"Sehari aja, diem bisa nggak sih?"
Geram banget Abel rasanya. Pagi-pagi udah bikin emosi orang, dirumah dikasih sarapan kroto apa gimana?
"Oh tidak bisaa" Jay ketawa ngeledek "Gue kan punya mulut, mulut fungsinya buat ngomong. Kalo gue nggak punya mulut, baru tuh gue diem"
Abel hela napas sambil muter mata males. Capek.
Nanggepin orang kayak Jay gini emang butuh kesabaran ekstra.
Secara, modelannya udah persis kayak anak setan. Bikin ngumpat terus.
Karena baik Abel maupun Jay datengnya sama-sama mepet, jadi bel masuk pun bunyi nggak lama setelah itu.
Seperti biasa, pengawas mulai bagiin lembar soal dan jawaban setelah berdoa.
Waktu ngoper soal, sekilas Abel udah lihat isi soalnya.
Penuh sama angka, bikin pusing.
Ya jelas lah, namanya juga matematika. Nanti kalo isinya huruf aksara jawa bingung tau rasa lo.
Karena lagi ngerjain mtk, keadaan kelas jadi lebih sunyi dari biasanya. Semuanya pada serius, kayak lagi nahan berak. Saking puyengnya mikirin x yang lagi cari-carian sama y.
Menyusahkan orang emang sukanya.
Dari 30 soal pilihan ganda, Abel masih baru nemuin 12 jawaban. Itupun yang 2 masih agak ragu-ragu. Padahal waktu udah berjalan lebih dari 30 menit. Lemot banget Abel tuh kalo udah masalah mtk gini.
"Susah?"
Abel noleh, ternyata Jay dari tadi notice dia yang lagi mukul pelan jidatnya sendiri gara-gara bingung.
Padahal kalo dipukul pun, jawabannya juga nggak akan tiba-tiba ketemu.
Entah, Abel kayak ngerasa usaha belajarnya semaleman dan juga dipagi tadi sia-sia. Otaknya pasti auto ngeblank kalo lagi bener-bener dibutuhin gini.
Sialan emang
"Huh?"
"Gue bantuin mau nggak?"
"Nggak ah, takut sesat"
Jay berdecih, terus tangannya bergerak mau ngeraih kertas soal Abel tapi malah ditahan cewek itu sendiri. "Tangan lo bekas upil ih! Nggak usah, makasih"
Iya, Abel tadi nggak sengaja ngelihat cowok itu lagi masukin jemarinya ke lubang hidung lewat ekor matanya.
"Dih, enggak, orang ngegaruk doang. Nggak ngupil, itu mah lagi gatel hidung gue"
Abel mendecih "Ngeles mulu lo kayak bajaj"
"Yah abis gabut sih gue, mau ngapain coba" kata Jay diiringi cengirannya.
Fyi, jadwal setiap jamnya antara kelas Abel sama kelas Jay emang beda. Katanya sih biar nggak nyontek, padahal mah sama aja aslinya.
Kelas Jay pagi ini kebetulan dapet jadwal tes Bahasa Inggris, makanya dia selesainya cepet banget, kan udah diluar nalar soalnya.
Jadilah Jay segabut itu sampai akhirnya milih buat ngupil.
KAMU SEDANG MEMBACA
SOLITUDE ✓
Fiksi Penggemar"From now on, Jauh-jauh dari hidup gue, bisa kan?" #1 in JAYPARK 090921 #1 in ENGENE 141221 #1 in EHYPENJAY 220722