"BELUM SELESAI juga?"
Tante Lia datang dari arah dapur, kedua tangannya membawa nampan yang ditumpangi piring berisi kue-kue kering. Sejenak, ia menggeleng-gelengkan kepala memperhatikan dua gadis remaja yang masih bertangisan di ruang tamu, sebelum kemudian menata piring berisi kue-kue tadi di atas meja.
"Udah dong nangisnya, makan kue aja yuk," Tante Lia mencomot kue kering satu buah, kemudian menyuapkannya pada Dinda.
"Aaa..."
Dinda, yang masih terisak-isak, anehnya menurut saja dengan titah maminya, lantas membuka mulut.
"Iris juga nih, Aaa..."
Iris mengelap air mata, kemudian bergerak sedikit maju, menyambut uluran tangan Tante Lia.
"Enak, nggak?"
Iris dan Dinda spontan mengangguk.
"Enak banget Tante. Tapi, besok-besok kalo udah di Jogja, Iris nggak bisa makan kue buatan Tante lagi ya.." Iris berkata lesu, wajahnya berubah muram.
"HUWAAAAAA... IRIS!! JANGAN BILANG GITU DONG! GUE KAN JADI TAMBAH SEDIH!!" Dinda serta merta memeluk Iris, lalu keduanya kembali saling bertangisan.
Tante Lia menepuk jidatnya lelah. "Duh, bakalan jadi acara nangis season dua nih,"
***
"Pokoknya kalo Lo mau berangkat, hubungin Gue!" Dinda berkata dengan nada mengancam, membuat Iris segera mengangguk.
"Kamu udah ngomong kaya gitu sepuluh kali loh, sayang.." Tante Lia mengingatkan. "Lagian Iris berangkatnya masih lusa, masih ada waktu kok.."
"Lusa itu tinggal dua hari lagi Mi!" Dinda tidak terima. "Inget ya Ris! Lo harus sering ngubungin Gue!"
"Iya," Iris mengangguk lagi. "Gue janji kok Din. Gue bakal sering ngubungin Lo,"
"Bener ya? Lo nggak bohong lagi kan?"
Iris menggeleng cepat. "Gue beneran janji kali ini,"
Dinda menggenggam tangan Iris erat, seolah kalau ia lepaskan sebentar, Iris bisa segera pergi dari hadapannya. "Apa hari ini Lo nginep dirumah Gue aja Ris?"
"Duh, jangan dong!" Tante Lia buru-buru membujuk Dinda. "Iris tuh udah dari tadi pagi ada kesini, sampe sekarang udah sore banget belum pulang-pulang. Kasihan pasti ibunya khawatir. Nah, tuh, ojol pesenan Mami juga udah dateng,"
Tante Lia menunjuk bapak-bapak berseragam hijau yang memarkirkan motornya di depan rumah.
"Dengan Ibu Lia?""Iya, disini Pak!" Tante Lia melambaikan tangan. "Udah ya Din, biarin Iris pulang dulu. Besok pas Iris udah mau pergi, kita anterin bareng sampe stasiun. Oke?"
Dinda mengangguk kecil, melepaskan tangan Iris dengan ragu. "Pokoknya sebelum berangkat Lo harus hubungin Gue,"
"Pasti," Iris mengangguk yakin. "Oke, Gue pulang dulu ya,"
Iris berlari kecil menuju luar pagar. Ia menyambut tangan Pak Ojek yang mengulurkan helm padanya. Sesaat sebelum motor melaju, Iris melambaikan tangan pada Dinda dan Tante Lia.
Sepanjang perjalanan, Iris mendesahkan nafas lega. Setidaknya, satu diantara beberapa masalahnya sudah terselesaikan. Meski begitu, Iris tidak bisa langsung merasa puas. Lantaran, masih ada satu orang lagi yang harus ia hadapi.
Bryan.
Ah, apa Iris bakalan sanggup?
***
"Pagi Yan," Papa menyambut Bryan yang baru turun dari lantai dua, tatapannya masih tertuju pada roti di tangan. "Mau langsung sarapan?"
"Papa bikin apa?" Bryan duduk di depan papanya, tangannya yang masih tersangga gips ia letakkan di atas meja.
"Sandwich telur," Papa menjawab sembari masih sibuk sendiri. "Kamu cobain deh, harusnya sih enak,"
Bryan tersenyum, mengambil potongan sandwich di piring. Menggigitnya.
"Hmm... rasanya lumayan enak kok Pa,""Oh ya? Syukurlah, Papa kira kemampuan masak Papa udah hilang setelah sekian lama nggak nyentuh dapur,"
Bryan tertawa, masih sembari mengunyah rotinya perlahan.
Ting Tong!
Bunyi bel rumah memenuhi atensi mereka, membuat keduanya serentak menoleh.
"Siapa tuh, pagi-pagi udah dateng kesini?" Bryan sudah akan beranjak dari duduknya, tapi Papa buru-buru mencegah.
"Kamu makan aja dulu, biar Papa yang buka pintunya. Mungkin itu kolega Papa,"
Bryan mengangguk, kembali duduk di kursi. "Oke Pa,"
Papa bergegas keluar, membuka pintu utama dan melangkah menuju pagar rumah yang masih terkunci. Sayup-sayup Bryan mendengar percakapan Papa dengan seorang perempuan, tapi ia tidak mendengarkan dengan jelas apa yang mereka bicarakan. Sesaat kemudian, Papa kembali masuk dengan membawa sebuah kantong plastik.
"Siapa Pa?" sambar Bryan. "Tante Lia ya? Kenapa nggak disuruh masuk aja?"
"Bukan," Papa menggeleng, menaruh kantung plastik itu di atas meja. "Itu tadi temen kamu loh,"
"Hm? Temen aku?" Bryan menunjuk ke dirinya sendiri. "Maksud Papa Agung? Atau Reksa? Perasaan aku nggak ada temen lain selain mereka deh,"
"Bukan, dia anak cewek kok. Papa nggak tahu dia siapa. Udah Papa suruh masuk tapi dianya nolak, katanya cuma mau titip ini ke kamu,"
"Titipan?" Bryan bergumam bingung. Lantas meraih kantong plastik itu dan membukanya dengan satu tangan.
Maafin saya buat semuanya Kak Bryan.
Tulisan di notes kecil yang langsung terlihat saat kantong itu dibuka mengingatkan Bryan akan sesuatu. Ia kembali merogoh isi kantong, tersadar saat menemukan iPhone lamanya bersandingan dengan sebuket bunga Anyelir merah tua disana. Buru-buru Bryan beranjak dari duduk, setengah berlari menuju luar rumah.
"Bryan, mau kemana kamu? Jangan lari-lari!"
Teriakan Papa tentunya tidak bisa menghentikan Bryan. Cowok itu bergegas menuju pagar, berhenti saat dilihatnya jalan setapak di sana sudah kosong.
Bryan mengatur napasnya yang naik turun. Matanya mencari-cari. Sejenak kemudian, ia memejamkan mata, kemudian mengumpat kesal.
"B*ngs*t, Gue lagi ngapain sih,"
Dengan langkah gontai, Bryan kembali menuju ke dalam rumah, diiringi tatapan heran dari sang Papa.
"Habis ngapain sih, Yan? Kenapa lari-lari kaya ngejar maling gitu?"
Bryan menggeleng. "Nggak papa kok Pa, aku kira tadi ada abang paket dateng,"
"Paket?" Papa masih tidak mengerti. "Kamu lagi pesen sesuatu?"
Bryan hanya tersenyum, lebih tepatnya enggan menjawab. Lantas diraihnya kantong plastik yang masih bertengger di atas meja itu, kemudian ia lemparkan tanpa ampun ke tempat sampah.
KAMU SEDANG MEMBACA
Sweet Liar (END)
Teen FictionBryan Lesmana. Cowok paling famous satu sekolah yang kesal bukan main setelah mendengar Papanya akan menikah lagi. Ia pun berencana menggagalkan pernikahan itu dengan mengancam Adinda, calon adik tirinya. Iris Soraya. Terpaksa berpura-pura menjadi A...