Fathar masuk kedalam mobil setelah selesai dengan urusannya, ia memasang tali pengaman dan mulai menjalankan mobil.
"Kok nunggunya di mobil? Bukannya tadi di masjid ya?" Tanya Fathar.
"Iya, tadi di masjid ada orang ribut, jadi Aleya terganggu dan nunggu Aa' di mobil aja"jelasnya, padahal yang Aleya maksud adalah dirinya sendiri dan Hera. Tapi ia berkata seolah itu adalah orang lain.
"Owh... Kirain kenapa" ucap Fathar mengangguk mengerti.
"A', ini aku habis scroll sosmed nih" ucap Aleya, ia menutup ponselnya dan mengarahkan pandangan ke arah Fathar.
"Terus?"
"Kan lagi rame nih, tentang Valentine Day, nah... Tadi aku sempat baca, ada yang bilang, kalau Valentine Day itu haram, emang iya, A'?" Tanya Aleya.
Fathar tersenyum mendengarnya, "pertanyaan kamu bagus Habibati" puji Fathar, "jadi... Valentine itu memang haram di dalam agama kita, ummat Islam" ucap Fathar.
"Alasannya?" Tanya Aleya
" Karna, perayaan tersebut tidak di temukan asalnya di dalam agama Islam. H. Muhibbuthabry dan H. Zulfahmi lubis dalam buku Masail Fiqliyah Al-Haditsah menyebutkan, Valentine adalah ritual yang bersumber dari agama kristen untuk mengenang orang-orang sucinya, ia juga seremoni orang Romawi kuno penyembah berhala untuk memperingati Dewi mereka, dan ia juga perayaan bangsa Eropa pada abad pertengahan untuk mencari jodoh" jelas Fathar panjang kali lebar kali tinggi.
"Ada dalil gak A'? Biasanya, kalo cuma penjelasan gitu kan, orang pada bilang, 'alah.. mana dalilnya', gitu" ucap Aleya.
"Dalilnya adalah, Rasulullah Shalallahu alaihi wassalam bersabda, 'barang siapa menyerupai suatu kaum, maka ia termasuk golongan mereka. (HR. Abu Dawud)', nah! Ikut merayakan Valentine juga jatuhnya menjadi tasyabuh atau menyerupai kafir" jelas Fathar.
"Ihh... Ngeri banget A' " ucap Aleya.
Fathar mengangguk, "bukan hanya karena larangan Rasulullah saja, menyemarakkan Hari Valentine ataupun hari keagamaan lain juga di khawatirkan akan tergelincir kepada kekufuran dan perbuatan maksiat" ucap Fathar.
"Astagfirullah... Nauzubillah min dzalik " ucap Aleya, "terus, kalau misal ada yang ngasih kita hadiah Valentine gimana A'?" Tanya Aleya.
"baiknya adalah menolak pemberian tersebut dengan cara halus, agar tidak menyakiti atau menyinggung perasaan si pemberi" ucap Fathar, ia menjelaskan dengan rinci dan dengan nada yang lembut.
"MasyaAllah, enaknya punya suami paham agama, bisa belajar banyak hal. Terus, kalau mau tau hukum tentang sesuatu, Aleya bisa langsung tanya aja" ucap Aleya.
"Alhamdulillah, walaupun kamu beranggapan Aa' paham agama, sesungguhnya Aa' juga butuh banyak ilmu lagi, seperti Hadits yang berbunyi, 'galilah ilmu dari buaian hingga liang lahat' itu artinya kita harus memperdalam ilmu dari kita lahir di dunia hingga maut nanti" ucap Fathar.
KAMU SEDANG MEMBACA
Gus Alfathar
Teen Fiction"Kalo memang kamu masih ada rasa sama lelaki itu, kenapa tidak menolak perjodohan ini dengan tegas? Bukan hanya lelaki itu yang sakit, kamu pun akan sakit. Apalagi kamu sudah berjanji menunggunya" ucap orang yang sedari tadi mendengar perbincangan A...