Sesampainya di warung Abah, Umi sudah selesai berdandan. Dengan tergesa-gesa Umi mendorong Joel untuk segera mengganti pakaiannya dengan seragam batik lungsuran punya Bang Idris.
Ditempat acara Encang, sudah ramai tamu berdatangan. Joel juga sudah sibuk kiri kanan mengatur kekurangan kursi.
Jam berlalu, sekarang acara pengantin sudah selesai. Joel dan beberapa kawannya sibuk membantu membereskan dirumah Encang. Hidup di daerah pinggiran begini, nikah g pake WO, semuanya gotong royong. Yah kalau yang kaya raya mungkin udah booking WO, nah kalau seperti Encang, ada sih duitnya tapi pelit dan perhitungan tetap pakai tenaga dari orang sekitar.
Joel melirik ke jam tangannya, sudah pukul 23.00 lewat dikit. Sedari tadi hapenya berbunyi, dia tau kok siapa yang nelpon dia. Toh hape barunya hanya Hanenda yang tau.
Joel menghela nafas. Pekerjaannya masih banyak, akan tidak enak kalau dia tiba-tiba pergi dari situ. Umi Abah akan bertanya-tanya, belum lagi Encang pasti tidak berhenti ngomel-ngomel. Nasib jadi orang g enakan gini amat kata Joel dalam hati.
Diseberang sana sudah ada Encang berdiri bertolak pinggang melihat keadaan rumahnya sambil mengoceh dan tidak berhenti menyuruh kiri kanan. Disampingnya ada istrinya Nyak Ida duduk kecapean sedari tadi nerima tamu. Dikit lagi tensinya bakalan naik tuh pikir Joel dalam hati.
Encang yang melihat Joel melirik kepadanya langsung memanggil Joel kencang-kencang.
"Oi Jo, sini lu. Cepetan sini. Jadi lakik lemes amat tuh badan. Dulu gua seumuran lu kaga ada lemas-lemasnya macam lu. Makanya berhenti sekolah aja, lu kerja biar badan lu g lemasan. Gimana mau nyari duit kalau baru ngangkatin kursi ama meja dah loyo. Sini g lu." ucap Encang bertolak pinggang mengomeli Joel.
"Jangan gitu dong Cang. Jo dah kelas 3 SMU dikit lagi dah tamat masa Jo harus berhenti. Rugi dong aku Cang." balas Joel.
"Menyahut pula ini anak. Dari dulu lu gua liat-liat pembangkang banget dikasih tau orang tua. Pantes orang tua lu selalu hantam lu, kelakuan lu g ada sopan-sopannya jadi anak. Lu kalau jadi anak gua dah mampus gua injek-injek. Nyahut aja lu terus." Encang g ada habisnya memaki Joel.
"Beh sabar, malu didengar orang dah malam. Pelanin dikit suaranya" ujar Nyak Ida istri Encang yang makin pening karena suara suaminya kencang sekali.
"Alaah lu Da, g usah ikut campur lu. Noh urusin didalam, ngapain lu ikut juga ongkang kaki disini."
"Dikasih tau malah begitu. Dah lah gua kedalam aja istrahat. Lu jangan maki-maki anak orang Beh, ingat tensi lu juga." jawab istri Encang malas hadapi tingkah suaminya.
"Dasar bini g ada untungnya." ucap Encang emosi
"Gegara lu nih Jo, lu bikin kacau. Ahh pusing gua liat lu. Ck. Lu sampai kapan kaga mau jualin rumah kecil lu itu Jo. Kan lu kerjanya nginap dirumah adek gua. Emak Bapak lu jarang pulang, dengar-dengar mereka kemarin ribut mau jualin juga tu rumah reot."
"Apa sih yang lu harapin dari tu rumah. Mending lu jual, gua cariin pembeli. Kemarin dah ada yang tertarik tapi lu goblok kaga mau." Sambil memaki, Encang dengan santainya menghisap rokoknya.
"Encang dengan segala hormat gua sama Encang, tapi sampai mati pun gua kaga mau jualin tu rumah. Satu-satunya peninggalan Kakek Nenek Jo. Encang kaga usah repot-repot. Mau reot dan kecil, gua kaga bakalan izinin jual. Sampai mati pun kaga Cang." ucap Joel menahan emosi.
"Alaaah lagaknya macam orang punya duit banyak lu Jo. Makan aja dirumah adek gua. Sok-sokan kaga mau jualin tuh rumah." ucap Encang berapi-api.
"Maaf Cang. Gua di rumah Abah Umi kaga makan gratis. Gua kerja disana, gua bantuin warung Abah. Gua juga kerja bantuin Abang Idris. Bukan numpang makan gratis seperti yang Encang bilang. Gua emang miskin Cang, tapi gua bukan peminta-minta. Gua masih bisa kerja. Gua kalau bukan karena kebaikan hati Abah Umi, gua bisa kok nyari kerjaan lain. Banyak Cang, tapi gua liatnya Abah ama Umi." balas Joel menggebu-gebu, tangannya sudah dia kepalkan saking menahan emosi menghadapi Encang.
"Malah nyahut lagi ini anak. Lu Jo, emang anak kurang ajar. Selalu membantah. Lu kira lu siapa mau bantah gua. Lu anak kecil kaga tau diri. Rina sini lu, nasehatin pekerja lu, kaga ada sopan-sopannya sama orang tua. Gua kalau jadi Rina udah gua pecat lu dari lama. Anak setan, pantesan Bapak Emak lu mukulin lu. Emosi banget gua kalau bicara ama lu Jo. Rina sini g lu cepat" hardik Encang sambil nunjukin Joel dengan rokok ditangannya.
"Iya Abang ini Rina. Napa lagi sih bang, g selesai-selasai dari dulu abang recokin Jo. Malu bang diliatin orang. Masih banyak tamu juga. Kasian Syila acaranya diginiin ama abang. Jo, lu balik gih sekarang." ujar Umi datang tergopoh-gopoh karena ingin menengahi pertengkaran yang diawali oleh Encang.
"Baik Umi, Jo pulang. Jo juga kesini karena Umi." Joel segera berlalu dari situ, emosi Joel sudah diubun-ubun pengen ngehajar Encang yang sedari tadi memaki dirinya.
"Oh anak setan kaga ada sopan-sopannya yah sama gua. Sini g lu. Lu kira gua dah tua kaga bisa jatuhin lu. Sini g lu". Hardik Encang lagi sambil menyentakkan rokoknya kearah Joel untung saja tidak sampai mengenai Joel.
"Abang udah. Istighfar. Kenapa sih bang kaya gitu. Istighfar bang. Kaga bae, kaga enak diliatin orang. Toh itu hak Jo mau dijual atau kaga. Orang tua nya aja kaga bisa ngebujuk Jo buat jualin itu rumah. Abang jangan maksa." ujar Umi Rina lagi.
"Lu belain aja terus itu bocah songong." Ucap Encang lagi.
"Bukan dibelain Bang. Cuma abang emang keterlaluan tadi. Semustinya abang bujukin pelan-pelan, jangan dikasarin anak orang. Ya tentu dia melawan membela diri. Orang tuanya aja dia lawan apalagi abang jauh lebih tua daripada Bapa Emaknya. Ridwan takut abang dipitingnya." Ucap Abah yang datang ikut menengahi.
"Ck lu juga sama aja. Bukan anak kandung tapi dibelain macam anak perawan aja. Sini duduk dulu Wan. Gua mau bicara ama lu berdua." ucap Encang yang mulai melunak setelah kedatangan adik iparnya yaitu Abah.
"Gini lu tau kan yang punya pabrik beras di Cilincing sono, nah kan dia punya anak gadis, Bapaknya lagi nyari jodoh buat anaknya itu. Anak perempuan satu-satunya tau Wan, Rin." ujar Encang menggebu-gebu yang sedang menyalakan rokoknya lagi.
"Lah Ridwan kan dah kaga punya anak lagi. Si Idris dah nikah, anaknya masih bayi bang." Ucap Abah.
"Bang lu jangan gila, masa suami gua mau lu jodohin ama tuh anak gadis. Yang benar aja bang, astaghfirullah tega amat bang ke Rina." Umi menimpali.
"Kalian tolol amat gua liat-liat. Lah emang bukan Ridwan atau Idris. Yang gua maksud itu buat Jo. Jo kan dikit lagi tamat sekolah. Lu langsung nikahin aja ama itu anak gadis. Udah kaga susah hidupnya si Jo, dijamin" ujar Encang sambil menghisap rokoknya lagi.
"Astaghfirullah abang. Mana bisa begitu bang. Jo bukan anak kandung Rina. Mana boleh maksain Jo. Meskipun Emak Bapaknya mau, Jo pasti nolak. Jo punya cita-cita abang, dia mau sekolah tinggi-tinggi. Abang jangan gini." Ucap Umi
"Iya bang. Jo bukan barang yang bisa seenaknya digituin. Meski boleh dikata Jo sebatang kara, tapi kita g berhak atur dia." Balas Abah menambahi istri nya.
"Alaaah lu berdua kaga bisa liat kesempatan. Kalau Jo ama itu anak gadis nikah, usaha kita semua bakalan lancar. Babenya itu orang kaya dari dulu. Gua jamin nasib Jo bakalan berubah jadi baik. Hidupnya kaga melarat lagi" ucap Encang sambil menyesap kopinya yang mulai dingin akibat sedari tadi kerjanya marah-marah.
"G tau deh Bang. Rina g bisa banyak omong. Rina juga g bisa maksain ke Jo. Meski Jo sering kerumah Rina, tapi bukan berarti Rina ada hak maksain ke Jo. Rina kedalam dulu bang. Mau bantuin beberes." Umi pun permisi dan melangkah kedalam rumah.
"Dasar adek goblok. Dikasih tau biar makin kaya raya eh ngeyelnya selangit. Lu Wan, bujukin dah si Jo. Atau gini lu kasih ke gua nomor telepon Jo, biar gua yang bicara besok." ucap Encang.
"Hapenya rusak bang, pecah dilempar ama Bapaknya. Kaga tau dah kalau ada hape baru. Nanti dicariin ama Idris. Abang istrahat dah juga, ntar tensi nya naik, berabe bang". Jawab Abah.
"Ntar kalau gitu gua telepon Idris. Gua istrahat dulu. Lu liatin pekerja Wan, jangan dikeluarin semua tuh makanan didalam. Keenakan makan minum diacara orang padahal dah dikasih duit." ucap Encang sambil berlalu kedalam rumahnya.
"Astaghfirullah, jadi sodara pelit amat. Naudzubillah" ucap Abah mendengar Encang ngomel-ngomel sambil ngelus dada.
🦋🐺
KAMU SEDANG MEMBACA
Syama Artjuni
FanfictionHanenda - Joel, didalam sebuah utasan kelam semesta. Mereka hanya inginkan kisah mereka laksana Asmaraloka tapi sayang norma diatas asmara. Mereka tak punya kuasa untuk melawan takdir Pemilik Kehidupan.