Ketika berbincang dengan teman-teman yang sering mendaki, Gunung Slamet menjadi gunung yang paling angker di antara gunung-gunung lain. Banyak cerita horor yang menyeruak. Dari semua cerita mistis itu, cerita horor Pos Samarantu menjadi cerita yang sering dibagikan.
Konon katanya, pos Samarantu yang terletak di Pos IV (mohon ralat kalau salah) didiami jin-jin penunggu yang suka mengerjai pendaki. Samarantu sendiri merupakan singkatan dari Samar dan Hantu. Dengan kata lain, pos ini merupakan pos yang samar-samar ditunggui hantu.
Dari cerita yang beredar, sedikit pendaki yang berani mendirikan tenda di pos Samarantu. Suatu waktu entah kapan persis kejadiannya, seorang pendaki mengalami keangkeran pos Samarantu. Ketika hari menjelang larut, pendaki tersebut dan kedua kawannya mendirikan tenda di pos yang terkenal angker itu. Seperti ritual pendaki pada umumnya, setelah selesai masak, ngobrol, mereka memutuskan untuk istirahat. Sebut saja Faiz, nama salah seorang pendaki, pergi keluar tenda untuk buang air kecil. Dia meninggalkan kedua temannya di dalam tenda sedang tidur. Tak ada yang aneh malam itu. Suasana hutan malam hari tak menunjukkan ada tanda-tanda kengerian. Berjalan beberapa langkah menuju tenda, langkah faiz terhenti tepat di depan pintu tenda. Dia membuka perlahan zipper tenda. Kejanggalan baru mulai terasa ketika dia mendapati tiga orang sedang tertidur pulas di dalam tenda.