7.Agronomi dan Hortikultura

3K 126 8
                                    

Q:Apa itu Agronomi dan Hortikultura?

A:Di program studi Agronomi dan Hortikultura atau disingkat Agrohort, para mahasiswa belajar banyak tentang proses dan teknik pengelolaan tanaman pertanian mulai dari pengolahan tanah, penanaman benih, pemupukan, penanganan hama dan penyakit tanaman, sampai saat siap di panen. Nggak cuma mempelajari tentang pertanian tapi juga tentang pelestarian lingkungan. Agronomi adalah ilmu yang mempelajari pengelolaan tanaman pertanian di lapangan, kebun, sawah, agar dapat meningkatkan jumlah panen dengan kualitas yang baik. Sedangkan hortikultura mempelajari pembudidayaan tanaman dengan lebih berfokus pada perawatan yang intensif.

Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Agronomi dan Hortikultura

A:Program studi ini akan cocok banget buat kamu yang suka kegiatan bercocok tanam, dan suka tanaman. Apalagi untuk kamu yang menyukai kegiatan lapangan dan penelitian, serta concern sama permasalahan lingkungan.

Q:Mata kuliah apa saja yang akan di pelajari di jurusan Agronomi dan Hortikultura?

A:
1. Fisiologi tumbuhan
2. Ekologi tanaman
3. Nutrisi tanaman
4. Agronomi tanaman makanan
5. Tanaman perkebunan
6. Tanaman hortikultura
7. Pembiakan tanaman
8. Ilmu tanaman pangan
9. Ilmu tanaman perkebunan
10. Teknik budidaya tanaman
11. Pengendalian gulma
12. Praktik usaha pertanian
13. Manajemen air dan hara tanaman
14. Pasca panen tanaman pertanian
15. Produksi dan pengolahan benih
16. Tanaman hias dan bunga
17. Tanaman karbohidrat non biji dan pemanis
18. Tanaman buah
19. Tanaman penyegar obat dan aromatik
20. Penyimpanan dan pengujian mutu benih

Q:Prospek kerja dijurusan Agronomi dan Hortikultura tuh apa saja sih?

A:Bidang pertanian mungkin kalah populer jika dibandingkan dengan Bisnis, Komunikasi, Hukum, atau Teknik. Meski begitu, jurusan ini tetap diminati karena prospek profesinya cukup terbuka lebar. Sebagai negara agraris, Indonesia masih sangat membutuhkan para ahli agronomi dan hortikultura. Seorang lulusan program studi Agronomi dan Hortikultura dapat bekerja di bidang pemerintahan seperti Kementrian Pertanian, maupun perusahaan-perusahaan yang bergerak di bidang perkebunan dan agrikultura.

Q:Kampus-kampus mana saja yang menyediakan jurusan Agronomi dan Hortikultura?

A:Berikut ini adalah salah satu contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Agronomi dan Hortikultura:
1. Institut Pertanian Bogor (Negeri)
2. Universitas Gadjah Mada (Negeri)
3. Universitas Hasanuddin (Negeri)
4. Universitas Padjadjaran (Negeri)
5. Universitas Sriwijaya (Negeri)
6. Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa (Swasta)
7. Institut Pertanian Stiper Yogyakarta (Swasta)
8. Institut Teknologi Indonesia (Swasta)
9. Universitas Abdurachman Saleh (Swasta)
10. Universitas Al Muslim (Swasta)

Q:Apa yang dipelajari di jurusan Agronomi dan Hortikultura

A:Agronomi mempelajari pengelolaan dan meningkatkan produksi tanaman pertanian di lahan agar diperoleh hasil maksimal baik segi kuantitas maupun kualitas. Pengelolaan yang dilakukan mulai dari pengelolaan faktor lingkungan, pemilihan benih atau bahan tanam, sistem pertanaman, pengolahan tanah, pemupukan, pengendalian organisme pengganggu tanaman, panen dan pasca panen, serta teknologi budidaya yang digunakan.

Q:Pelajaran SMA yang membantu memahami didalam jurusan Agronomi dan Hortikultura?

A:
1. Matematika
2. Fisika
3. Kimia
4. Biologi
5. Bahasa inggris

Q:Tugas kuliah dan ujian yang umum didalam jurusan Agronomi dan Hortikultura?

A:Makalah, presentasi kelompok, resume materi dari berbagai sumber pustaka, survey ke lapangan dan wawancara.

Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Agronomi dan Hortikultura?

A:Agroteknologi

Jurusan kuliahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang