76.Desain Produk

680 21 1
                                    

Q:Apa itu Desain Produk?

A:Program studi Desain produk juga dikenal dengan istilah Industrial Design. Sebagai mahasiswa Desain Produk (Despro) kamu akan mempelajari perencanaan dan perancangan produk yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan manusia yang mengutamakan kenyamanan inderawi, fisik, dan nilai produk. Prodi ini melingkupi beberapa proses pembelajaran penting, yaitu seni rupa baik dua atau tiga dimensi, rekayasa produk, ergonomi dan gaya hidup konsumen, dan proses desain. Dalam desain produk, kamu tidak hanya fokus pada estetika produk saja, tapi juga pada nilai kegunaan produk. Kamu dituntut untuk berinovasi dan menciptakan produk yang dapat menyelesaikan permasalahan yang ada di masyarakat.

Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Desain Produk?

A:Mempelajari Desain Produk artinya kamu harus bisa berpikir kreatif dan juga menggambar. Serunya belajar Desain Produk, kamu nantinya akan menghasilkan karya-karya nyata berupa produk hasil rancanganmu. Terlebih produk rancanganmu bisa langsung di pasarkan. Selain itu, kamu juga diharuskan membuat miniatur produk di laboratorium prototype. Yang paling utama, pada Desain Produk yang dibutuhkan adalah ide yang orisinil.

Q:Mata kuliah apa saja sih yang akan di ajarkan di dalam jurusan Desain Produk?

A:
1.Dasar Seni Rupa dan Desain
2.Rupa Dasar 2D & 3D
3.Pengantar Rekayasa dan Desain
4.Desain Produk
5.Sejarah Desain
6.Semantika Produk
7.Material dan Proses
8.Ergonomi Desain
9.Metodologi Desain
10.Prinsip Rekayasa Produk
11.Material dan proses
12.Pemodelan Digital
13.Desain Produk gaya Hidup
14.Manajemen Desain
15.Bisnis Desain
16.Sosiologi Desain
17.Kerja Profesi Desain Produk
18.Seni
19.Desain & Lingkungan
20.Publikasi Desain Produk
21.Tinjauan Desain
22.Desain Produk Gaya Hidup
23.Desain Produk Lingkungan
24.Desain Produk Inovasi
25.Portofolio Desain Produk
26.Desain Produk Interaktif
27.Desain Produk Kriya
28.Desain Fasilitas Publik
29.Desain Produk Servis

Q:Prospek kerja di dalam jurusan Desain Produk tuh apa saja sih?

A:Semua perusahaan pasti membutuhkan tenaga ahli desain produk. Karier lulusan prodi ini bisa dibagi menjadi tiga bidang. Pertama, desainer produk industri yang akan bekerja di pabrik atau manufaktur. Kedua, desainer produk wirausaha yang memberikan jasa konsultasi desain produk kepada wirausahawan pemilik workshop pribadi. Dan yang terakhir adalah Periset desain produk yang bertugas meneliti desain produk untuk pengembangannya. Lulusan Desain Produk juga bisa membuka usaha sendiri.

Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Desain Produk?

A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan desain Produk:
1. Institut Teknologi Bandung (Negeri)
2. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Negeri)
3. Universitas Negeri Yogyakarta (Negeri)
4. Inatitut Seni Indonesia Yogyakarta (Negeri)

Q:Apa saja sih yang akan di pelajari di dalam jurusan Desain Produk?

A:Mempelajari proses merancang sebuah produk yang di dasari oleh keilmuwan di bidang seni rupa dan desain. Dimana dalam prosesnya kita akan menggabungkan seni, sains dan juga teknologi sebagai solusi untuk mempermudah aktivitas manusia sehari-hari maupun sebagai solusi dari suatu masalah yang ada di sekitar kita.Produk yang dihasilkan meliputi furniture (produk rumah tangga), perhiasan, mainan, automotive, peralatan kerja, hingga produk lifestyle sesuai dengan peminatan yang dipilih.

Q:Pelajaran SMA yang membantu untuk memahami di dalam jurusan Desain Produk?

A:
1. Seni Budaya

Q:Tugas dan ujian yang umum di dalam jurusan Desain Produk?

A:Tugas praktek akan lebih banyak dari pada tugas teori. Pada tahun pertama akan mendapat banyak tugas nirmana, yakni pengenalan warna dan bentuk. Semester selanjutnya akan membuat prototype produk, dan ini akan meningkat kerumitannya seiring bertambahnya tingkat semester. Tugas yang tidak kalah penting, yakni manajemen pemasaran, teknik presentasi, sustainable desain, dan lain-lain

Q:Jurusan yang mirip dengan desain produk?

A:
1. Seni Kriya
2. Desain Interior
3. DKV

Jurusan kuliahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang