Q:Apa itu Astronomi?
A:Ilmu Astronomi mempelajari benda-benda langit. Dengan menitikberatkan pada penerapan ilmu fisika terhadap objek di langit, mempelajari struktur, sifat fisik evolusi alam semesta beserta isinya, dan kosmologi. Program studi ini dibagi menjadi tiga kehalian yaitu Tatasurya, Fisika Bintang dan Galaksi, dan yang terakhir adalah Kosmologi.
Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Astronomi?
A:Ilmu perbintangan memang sangat menarik sebab mempelajari hal-hal yang berada di luar bumi. Apalagi dengan perkembangan teknologi dan kegiatan eksplorasi luar angkasa yang telah banyak dilakukan oleh ilmuwan maupun businessman seperti Elon Musk. Siapa tahu, dengan mempelajari Ilmu Astronomi, kamu bisa menjadi peneliti ruang angkasa yang menemukan planet, benda langit, maupun kehidupan lain di luar kehidupan yang kita kenal di bumi. Menarik banget 'kan?
Q:Mata kuliah apa saja yang akan dipelajari di dalam jurusan Astronomi?
A:
1. Matematika
2. Fisika dasar
3. Kimia dasar
4. Pengantar rekayasa dan desain
5. Pengantar keilmuan MIPA
6. Pengenalan teknologi informasi
7. Mekanika
8. Astrofisika
9. Statistika dalam astronomi
10. Astronomi posisi
11. Mekanika benda langit
12. Metode matematika dan astronomi
13. Astronomi komputasi
14. Fisika termal
15. Tata surya
16. Proses astrofisika
17. Gelombang
18. Fisika galaksi
19. Fisika bintang
20. Astronomi KomputasiQ:Prospek kerja dijurusan Astronomi tuh apa saja sih?
A:Meski ilmu yang dipelajari pada program studi Astronomi tampak spesifik, namun nyatanya seorang lulusan Astronomi memiliki prospek kerja yang cukup luas. Prospek kerja yang paling utama dari lulusan Astronomi pastinya adalah menjadi seorang Astronomer, bekerja di Observatorium maupun lembaga-lembaga antariksa seperti LAPAN. Namun, disamping itu lulusan program studi Astronomi yang juga mempelajari fisika, matematika, dan bahkan programming dapat terjun ke banyak industri seperti industri Teknologi.
Q:Kampus-kampus mana saja yang menyediakan jurusan Astronomi?
A:Berikut adalah salah satu contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Astronomi:
1. Institut Teknologi Bandung (Negeri)
Nt: Hanya Institut Teknologi Bandung (ITB) yang menyediakan jurusan Astronomi di indonesia, bahkan satu-satunya di asia tenggara.Q:Apa saja sih yang dipelajari didalam jurusan Astronomi?
A:Dijurusan Astronomi, kita akan mempelajari tentang benda langit seperti bintang, galaksi dan sebagainya.
Kita juga akan mempelajari tentang gas-gas apa saja yang terkandung didalam benda-beda langit seperti kenapa bintang bisa bersinar? Bagaimana kita tahu massa jupiter? Mengapa bintang ada yang warna merah dan warna biru? Kenapa tahun kabisat bisa terjadi 4 tahun sekali? Dan lain sebagainya.Q:Pelajaran SMA apa saja sih yang membantu untuk memahami jurusan Astronomi?
A:
1. Matematika
2. Fisika
3. KimiaQ:Tugas dan ujian di dalam jurusan Astronomi?
A:Biasanya tugasnya seperti penelitian dan laporan-laporan tentang benda-benda langit yang sudah kita teliti sebelumnya. Dan juga ada tugas seperti presentasi dan membuat makalah.
Ujiannya tergantung macam-macam mata kuliahnya, bisa ujian lisan atau ujian tulis.Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Astronomi?
A:Aku rasa sih gak ada:")
Coba kalau ada yang tau komen beserta alasannya agar kita sama-sama saling berbagi ilmu.
KAMU SEDANG MEMBACA
Jurusan kuliah
RandomWattpad ini cocok untuk dibaca oleh kalangan remaja yang masih bingung memutuskan ambil jurusan kuliah dan wattpad ini membantu untuk membagikan informasi tentang jurusan-jurusan yang ada didunia perkuliahan. dari mata kuliahnya,prospek kerjanya dan...