Q:Apa itu Geofisika?
A:Program studi Geofisika mempelajari seluk beluk bumi dan lingkungannya dengan memanfaatkan kaidah-kaidah fisika dan metode matematika. Ilmu Geofisika berusaha mencari tahu dan menjelaskan fenomena fisika yang terjadi di bumi dan lingkungannya sekarang dan masa lalu untuk bisa memproyeksikan fenomena yang akan terjadi pada masa depan. Fenomena fisika tersebut dinyatakan dalam bentuk parameter fisis yang terukur.
Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Geofisika?
A:Dengan mempelajari Geofisika, kamu akan bisa memahami fenomena yang terjadi di bumi secara lebih mendalam dan lebih jelas. Program studi ini cocok banget buat kamu yang memiliki minat besar terhadap ilmu bumi dan fisika, serta keingintahuan untuk mengkaji segala sesuatu yang terjadi di dalamnya.
Q:Mata kuliah apa saja sih yang akan di pelajari di dalam jurusan Geofisika?
A:
1. Konsep Fisika
2. Matematika Kontektual
3. Kimia Kontektual
4. Teknologi Informasi Kontemporer
5. Pengantar Geofisika
6. Kalkulus
7. Fisika Dasar
8. Metode Komputasi
9. Geologi Dasar
10. Biologi Umum
11. Mineralogi
12. Termodinamika
13. Geologi Struktur
14. Elektronika
15. Petrologi
16. Geodinamika
17. Analisis Spektrum Sinyal Digital
18. Matematika Fisika
19. Perpetaan
20. Mekanika Analitik
21. Geostatistika
22. Gelombang
23. Instrumentasi Geofisika
24. Fisika Batuan
25. Meteorologi
26. Tektonik Indonesia
27. Metode Seismik
28. Metode Geoelektrisitas dan EM
29. Metode Analisis Geofisika
30. Stratigrafi
31. Global Positioning System (GPS)
32. Seismologi
33. Metode Gravitasi dan Magnetik
34. Fisika Gunungapi
35. Geologi Minyak Bumi
36. Mekanika Batuan
37. Mekanika FluidaQ:Prospek kerja di dalam jurusan Geofisika tuh apa saja sih?
A:Program studi Geofisika memiliki prospek kerja yang luas diantaranya adalah menjadi peneliti di LIPI pada bidang Geoteknologi dan Pusat Penelitian Fisika Terapan, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), industri minyak bumi dan gas, Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral, dan masih banyak lagi.
Q:Kampus-kampus mana saja yang menyediakan jurusan Geofisika?
A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Geofisika:
1. Universitas Brawijaya (Negeri)
2. Universitas Indonesia (Negeri)
3. Institut Pertanian Bogor (Negeri)
4. Universitas Gadjah Mada (Negeri)
5. Institut Teknologi Bandung (Negeri)
6. Universitas Padjadjaran (Negeri)
7. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Negeri)
8. Universitas Syiah Kuala (Negeri)
9. Universitas Lampung (Negeri)
10. Universitas Halu Oleo (Negeri)Q:Apa saja sih yang dipelajari di dalam jurusan Geofisika?
A:Geofisika mempelajari bumi dengan kaidah-kaidah fisika, dan mempelajari fenomena-fenomena fisika yang terjadi di bumi, serta memprediksi fenomena yang akan terjadi serta Menggambarkan dan menganalisa keadaan bawah permukaan bumi dengan menggunakan hukum-hukum fisika seperti resistivitas, magnetik, gravitasi, dan lain-lain.
Q:Pelajaran SMA yang penting untuk memahami di dalam jurusan Geofisika?
A:
1. Fisika
2. Geografi
3. MatematikaQ:Tugas dan ujian yang umum di dalam jurusan Geofisika?
A:Tugas kuliah membuat presentasi materi, diskusi kelompok,membuat laporan praktikum, laporan kuliah lapangan, dan tugas-tugas umum biasa.
Dan juga Biasanya kalau habis kuliah lapangan, kita disuruh nganalisa kenampakan alam yang ada sama cek-cek batuan, cek-cek kondisi bumi gimana lalu dibuat dalam bentuk laporan.Q:Jurusan yang mirip dengan Geofisika?
A:
1. Fisika
2. Geografi
3. Kartografi
4. Teknik Geodesi
KAMU SEDANG MEMBACA
Jurusan kuliah
AcakWattpad ini cocok untuk dibaca oleh kalangan remaja yang masih bingung memutuskan ambil jurusan kuliah dan wattpad ini membantu untuk membagikan informasi tentang jurusan-jurusan yang ada didunia perkuliahan. dari mata kuliahnya,prospek kerjanya dan...