16.Ilmu Hukum

4.1K 239 13
                                    

Q:Apa itu Ilmu Hukum?

A:Pada program studi Ilmu Hukum, para mahasiswa mempelajari segala sesuatu tentang hukum baik praktek ataupun teorinya. Hukum mengatur bagaimana manusia bertindak dan bertingkah laku supaya tidak merugikan orang lain. Belajar tentang hukum memang lebih banyak mendalami konsep dan teori, juga beberapa kasus hukum yang terjadi. Tetapi, pada akhir masa kuliah biasanya para mahasiswa jurusan Ilmu Hukum mendapatkan kesempatan untuk praktek di berbagai firma hukum, kejaksaan, atau pengadilan, sehingga teori yang telah dipelajari selama ini bisa dipahami relevansinya.

Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Ilmu Hukum?

A:Apabila kamu punya kepedulian terhadap hukum di Indonesia, maka program studi Ilmu Hukum bisa menjadi pilihan yang tepat. Memang, situasi hukum di Indonesia masih jauh dari ideal. Penyelewengan dan pelanggaran hukum masih sering terjadi. Meskipun lulusan sarjana hukum sudah banyak, tapi praktek hukum pada dasarnya masih lemah.

Q:Mata kuliah apa saja yang akan dipelajari didalam jurusan Ilmu Hukum?

A:
1. Pancasila
2. Ilmu negara
3. Pengantar ilmu hukum
4. Pengantar hukum indonesia
5. Pengantar ilmu ekonomi
6. Hukum perdata
7. Hukum tata negara
8. Hukum pidana
9. Hukum adat
10. Hukum internasional
11. Hukum dagang
12. Hukum acara perdata
13. Hukum acara pidana
14. Hukum harta kekayaan
15. Hukum sarana pemerintah
16. Hukum pidana di luar kodifikasi
17. Hukum pajak
18. Praktik peradilan perdata
19. Hukum agraria
20. Hukum islam
21. Hukum perdagangan internasional
22. Hukum perjanjian internasional
23. Hukum acara PTUN
24. Hukum pertahanan
25. Hukum lingkungan
26. Filsafat hukum
27. Hukum perburuhan
28. Praktik perancangan kontrak
29. Praktik peradilan pidana
30. Praktik perancangan peraturan perundang undangan
31. Praktik penyelesaian sengketa alternatif (ADR)
32. Metedologi penelitian hukum
33. Etika dan tanggung jawab profesi

Q:Prospek kerja dijurusan Ilmu Hukum tuh apa saja sih?

A:Setelah lulus dari prodi Ilmu Hukum, kamu akan mendapatkan gelar Sarjana Hukum (S.H), setelah itu kamu bisa memilih untuk berkarir sebagai hakim atau jaksa. selain itu kamu juga dapat memilih mau berkarir sebagai pengacara publik/swasta dan notaris. Untuk menjadi notaris, kamu harus melalui pendidikan kenotariatan terlebih dahulu. Selain profesi-profesi klasik tersebut, sebagai lulusan Ilmu Hukum kamu juga akan dibutuhkan di berbagai perusahaan sebagai legal staff atau di bagian personalia/HRD.

Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Ilmu Hukum?

A:Berikut adalah salah satu contoh Kampus-kampus yang menyediakan jurusan Ilmu Hukum:
1. Universitas Brawijaya (Negeri)
2. Universitas Indonesia (Negeri)
3. Universitas Gadjah Mada (Negeri)
4. Universitas Airlangga (Negeri)
5. Universitas Hasanuddin (Negeri)
6. Universitas Trisakti (Swasta)
7. Universitas Islam Indonesia (Swasta)
8. Universitas Pelita Harapan (Swasta)
9. Universitas Pancasila (Swasta)
10. Universitas Sahid Jakarta (Swasta)

Q:Apa yang dipelajari dijurusan Ilmu Hukum?

A:Pasti di benak pertama kalian sewaktu mendengar kata hukum adalah "Hafalan pasal" nya. Dan itu salah besar, di Jurusan ini,kalian dituntut untuk mampu berpikir logis agar dapat menganalisa kasus, masalah pasal-pasal itu kalian pahami dan bukan dihafalkan.

Q:Pelajaran SMA apa saja sih yang membantu untuk memahami didalam jurusan Ilmu Hukum?

A:
1. Pendidikan kewarganegaraan
2. Sosiologi
3. Bahasa indonesia

Q:Tugas kuliah dan ujian yang umum didalam jurusan Ilmu Hukum?

A:Tugas kuliah pada umumnya menganalisis kasus atau perkara, membuat resume, membuat makalah, membuat jurnal, observasi lapangan, membuat laporan hasil observasi, presentasi hasil makalah atau laporan. Untuk ujian tidak jarang ada kuis dadakan, dan khusus untuk mata kuliah rumpun pidana sebelum UTS dan UAS akan ada tes lisan. Dan untuk UTS dan UAS, cenderung seperti ujian pada umumnya, yaitu di ruangan, sifatnya tertutup dan berbentuk essay. Tapi terkadang ada yang dibolehkan untuk Open Book dan ada ujian yang dilakukan dengan model Take Home.

Q:Jurusan apa saja sih yang mirip dengan jurusan Ilmu Hukum?

A:
1. Kriminologi
2. Ilmu politik

Jurusan kuliahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang