Q:Apa itu Pendidikan Guru Sekolah Dasar?
A:Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi guru Sekolah Dasar (SD). Program studi ini menjadi favorit bagi siswa SMA yang ingin terjun di dunia pendidikan. Di sini, para mahasiswa mempelajari semua materi pelajaran SD seperti Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pkn, IPS, IPA, Kesenian, dan sebagainya. Tak hanya pemahaman akademis, para mahasiswa juga dituntut untuk memahami karakter dan pengembangan kepribadian seperti sikap santun, disiplin, pintar, dan berjiwa sosial. Mengapa? Guru SD bertanggung jawab membangun kepribadian siswa sejak dini. Guru SD memberikan pondasi ilmu yang berguna sehingga siswa siap untuk menapaki jenjang pendidikan selanjutnya.
Q:Kenapa kamu harus memilih kurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar?
A:Apa sih yang menarik dari jurusan ini? Memang, jika dibandingkan dengan program studi yang lain, PGSD kurang populer. Namun, bukan berarti jurusan ini harus kamu hindari. Malah sebaliknya, PGSD bisa menjadi pilihan yang tepat karena profesi guru SD memegang peran yang sangat penting untuk masa depan Indonesia. Saat ini kita membutuhkan tenaga-tenaga pengajar yang berkualitas, terutama untuk banyak daerah di luar pulau jawa. Sangat menantang bukan?
Q:Mata kuliah apa saja sih yang akan dipelajari dijurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar?
A:
1. Pengantar pendidikan
2. Ilmu sosial budaya dasar
3. Pendidikan kewarganegaraan
4. Bahasa inggris
5. Pengembangan kurikulum SD
6. Psikologi pendidikan
7. Strategi belajar mengajar SD
8. Ilmu alamiah dasar
9. Profesi keguruan
10. Pendidikan nilai budi pekerti
11. Kajian PPKn SD
12. Kajian Matematika SD
13. Pendidikan MultikulturalQ:Prospek kerja dijurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar tuh apa saja sih?
A:Para lulusan program studi ini mempunyai prospek bekerja yang jelas, utamanya adalah menjadi guru sekolah dasar. Saat ini, ketersediaan guru SD masih sedikit dan belum memenuhi kebutuhan, terutama di daerah-daerah pedalaman, Jika kamu memilih kuliah di jurusan ini, kamu bisa berkarya di daerah pedalaman yang membutuhkan tenagamu sebagai guru.
Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar?
A:Berikut ini adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar:
1. Universitas Pendidikan Indonesia (Negeri)
2. Universitas Negeri Yogyakarta (Negeri)
3. Univeristas Sebelas Maret (Negeri)
4. Universitas Negeri Semarang (Negeri)
5. Universitas Palang Karaya (Negeri)
6. Universitas Trilogi (Swasta)
7. Binus University (Swasta)
8. President University (Swasta)
9. Universitas Sanata Dharma (Swasta)
10. Universitas Ahmad Dahlan (Swasta)Q:Apa yang dipelajari di jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar?
A:Di jurusan PGSD, kita belajar materi-materi dasar Sekolah Dasar. Selain itu, kita juga akan belajar mengajar. Dan akan ada kegiatan magang seperti pramuka dan bimbel, di setiap semesternya.
Q:Pelajaran SMA apa yang membantu untuk memahami didalam jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar?
A:
1. Pendidikan kewarganegaraan
2. Pendidikan jasmani
3. Matematika
4. Bahasa indonesia
5. Seni budayaQ:Tugas kuliah dan ujian yang umum di dalam jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar?
A:Tugas obsevasi, membuat makalah, media pembelajaran, dan simulasi pembelajaran.
Q:Jurusan apa yang mirip dengan jurusan Pendidikan Guru Sekolah Dasar?
A:
1. Pendidikan Anak Usia Dini
2. Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus
KAMU SEDANG MEMBACA
Jurusan kuliah
RandomWattpad ini cocok untuk dibaca oleh kalangan remaja yang masih bingung memutuskan ambil jurusan kuliah dan wattpad ini membantu untuk membagikan informasi tentang jurusan-jurusan yang ada didunia perkuliahan. dari mata kuliahnya,prospek kerjanya dan...