71.Pendidikan Matematika

719 27 7
                                    

Q:Apa itu Pendidikan Matematika?

A:Pendidikan Matematika merupakan salah satu program studi yang berada di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Apa perbedaan prodi Pendidikan Matematika dengan prodi Matematika Murni yang ada di Fakultas MIPA? Tentunya perbedaannya terletak pada mata kuliah ilmu pendidikan yang hanya diperoleh di prodi Pendidikan Matematika. Pada prodi ini, selain mempelajari dasar-dasar ilmu matematika seperti aljabar, geometri, kalkulus, statistika, dan trigonometri, juga akan dipelajari dasar-dasar ilmu IPA lainnya seperti fisika, biologi, dan kimia. Sama halnya dengan prodi-prodi pada rumpun ilmu pendidikan lainnya, di prodi Pendidikan Matematika akan diajarkan teori-teori kependidikan yang mencakup metode pembelajaran matematika, perencanaan pengajaran, dan evaluasi pengajaran.

Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Pendidikan Matematika?

A:Prodi ini cocok banget untuk yang suka matematika, tapi juga punya passion untuk mengajar. Banyak siswa yang merasa kalau matematika itu pelajaran yang sulit. Maka dari itu, dalam mengajar pun dibutuhkan kreatifitas untuk menemukan metode belajar yang lebih seru dan efektif agar matematika tidak lagi dianggap susah.

Q:Mata kuliah apa saja sih yang akan di pelajari didalam jurusan Pendidikan Matematika?

A:
1. Aljabar Linear
2. Aljabar Matriks
3. Analisis Numerik
4. Analisis Real
5. Analisis Regresi
6. Analisis Vektor
7. Fungsi Variabel Kompleks
8. Geometri Analitik
9. Geometri Bidang
10. Geometri Ruang
11. Geometri Transformasi
12. Kalkulus
13. Analisis Kurikulum dan Perencanaan Pengajaran Matematika
14. Dasar-Dasar dan Proses Pembelajaran Matematika
15. Evaluasi Proses dan Hasil Pembelajaran Matematika
16. Kurikulum dan Pembelajaran
17. Landasan Pendidikan
18. Matematika Diskrit
19. Matematika Ekonomi
20. Microteaching
21. Model Pembelajaran Matematika
22. Pengelolaan Pendidikan
23. Perkembangan dan Bimbingan Peserta Didik
24. Persamaan Diferensial
25. Profesi Kependidikan
26. Program Komputer
27. Program Linear
28. Statistika Matematika
29. Strategi dan Media Pembelajaran Matematika
30. Struktur Aljabar
31. Teori Bilangan
32. Teori Graph
33. Trigonometri

Q:Prospek kerja didalam jurusan Pendidikan Matematika tuh apa saja sih?

A:Lulusan prodi Pendidikan Matematika dipersiapkan untuk menjadi guru atau pengajar matematika di tingkat SMP atau SMA. Selain itu lulus dari prodi ini, kita juga bisa menjadi entrepreneur handal di bidang pendidikan, karena memiliki latar belakang ilmu pendidikan, memungkinkan kita untuk membuka bimbingan belajar, les, atau privat matematika sebagai alternatif belajar siswa di luar sekolah.

Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Pendidikan Matematika?

A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Pendidikan Matematika:
1. Universitas Brawijaya (Negeri)
2. Universitas Syiah Kuala (Negeri)
3. Universitas Negeri Malang (Negeri)
4. Universitas Sebelas Maret (Negeri)
5. Universitas Negeri Semarang (Negeri)
6. Universitas Sriwijaya (Negeri)
7. Universitas Lampung Mangkurat (Negeri)
8. Universitas Pendidikan Indonesia (Negeri)
9. Universitas Negeri Jakarta (Negeri)
10. Universitas Jember (Negeri)

Q:Apa saja sih yang dipelajari didalam jurusan Pendidikan Matematika?

A:Jurusan Pendidikan Matematika intinya mempelajari dua hal yaitu, konten dalam matematika dan pengajaran dalam pendidikan matematika. Para mahasiswa di didik untuk menguasai konten matematika dengan banyak berlatih dn berkolaborasi dalam menyelesaikan masalah masalah yang berhubungan dengan pemodelan matematika. Namun, mahasiswa juga dituntun untuk bisa mengembangkan bakat dalam mengajar dan bisa memahami serta mengimplementasikan bagaimana cara mengajarkan matematika kepada siswa atau orang lain. Jadi pedagogi dan konten dalam matematika sangat perlu untuk dikuasai dalam jurusan ini.

Q:Pelajaran SMA apa saja sih yang membantu untuk memahami didalam jurusan Pendidikan Matematika?

A:Matematika

Q:Tugas dan ujian yang umum didalam jurusan Pendidikan Matematika?

A:Kalau tugas tidak terlalu ribet, karena kebanyakan tugasnya adalah mengerjakan soal atau latihan atau bahkan membuat soal dari suatu materi. Tugas yang agak ribet semisal membutuhkan alat alat dan bahan selain alat tulis adalah mata kuliah media pembelajaran. Jadi di matakuliah itu biasanya kita membuat permainan-permainan yang kita sisipkan pelajaran matematika didalamnya. Akan ada banyak kuis dadakan atau tugas yang harus diselesaikan saat itu juga, misal mengerjakan latihan soal dari dosen.

Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Pendidikan Matematika?

A:
1. Matematika
2. Semua Jurusan Pendidikan

Jurusan kuliahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang