Q:Apa itu Sastra Jepang?
A:Sama halnya dengan program studi sastra yang lain, prodi Sastra Jepang mengajak kamu untuk memahami isi, ciri artistik, estetika, keaslian, serta keindahan isi dalam teks atau tulisan karya sastra jepang. Kamu akan mempelajari berbagai karya tulis baik dalam bentuk novel, naskah drama, atau puisi. Tantangan dari sastra Jepang adalah kamu harus mempelajari materi linguistik, tata tulisan surat, kebudayaan Jepang, dan tentu saja menulis menggunakan huruf kanji.
Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Sastra Jepang?
A:Unsur-unsur Budaya Jepang seperti Manga, Anime, dan Harajuku sempat menjadi tren di Indonesia. Jika kamu salah satu penggemar Budaya Jepang, Jurusan Sastra Jepang tentu menyenangkan. Sastra Jepang memang mengajarkan ilmu yang spesifik, jika kamu punya ketertarikan terhadap sastra Jepang, kamu bisa memilih jurusan ini.
Q:Mata kuliah apa saja yang akan di ajarkan didalam jurusan sastra jepang?
A:
1. Moji goi
2. Sakubun
3. Shokyu saiwa
4. Chukyu saiwa
5. Shochukyu saiwa
6. Chokai
7. Shokyu nihongo
8. Nihongo hyogen
9. Nihongo hyogen enshu
10. Chukyu nihongo hyogen
12. Chukyu nihongo hyogen enshu
13. Junjokyu nihongo enshu
14. Bunpo
15. Nihon bunka nyumon
16. Nihon bunka gairon
17. Nihon bungaku nyumon
18. Nihongaku nyumon
19. Honyaku nyumon
20. Nihon bungaku gairon
21. Nihongogaku gairon
22. Honyaku gairon
23. Nihongo gaku
24. Nihon bungaku
25. Nihon bunkagaku
26. HonyakugakuQ:Prospek kerja didalam jurusan Sastra Jepang tuh apa saja sih?
A:Lulusan dari program studi Sastra Jepang akan mendapatkan gelar Sarjana Sastra. Prospek kerja dari program studi ini sesungguhnya nggak hanya terbatas pada penerjemah maupu ahli bahasa, tapi juga bisa bekerja di perusahaan-perusahaan Jepang. Investasi Jepang di Indonesia lagi gede banget, lho, jadi peluang kerja lulusan Sastra Jepang pun semakin terbuka lebar.
Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Sastra Jepang?
A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Sastra jepang:
1. Universitas Padjadjaran (Negeri)
2. Universitas Sumatera Utara (Negeri)
3. Universitas Negeri Semarang (Negeri)
4. Universitas Gadjah Mada (Negeri)
5. Universitas Jenderal Soedirman (Negeri)
6. Binus University (Swasta)
7. Universitas Al-Azhar Indonesia (Swasta)
8. Universitas Dian Nuswantoro (Swasta)
9. Universitas Widyatama (Swasta)
10. Universitas Dr.Soetomo (Swasta)Q:Apa saja sih yang dipelajari didalam jurusan Sastra Jepang?
A:Di jurusan ini bakalan belajar 4 konsentrasi; Sastra, Budaya, Sejarah, Linguistik (Bahasa).
Tapi untuk tahun pertama itu difokuskan ke bahasa (jadi jatuhnya kayak kita les bahasa Jepang setahun, gitu). Nanti setiap 2 minggu sekali bakal ada kuis untuk tahun pertama. Di tahun kedua, kalian bakal mulai belajar 4 konsen yg sudah disebutin tadi. Kemudian, untuk mata kuliah wajib nya akan mempelajari Tata Bahasa (Bunpou), Percakapan (Kaiwa), Pemahaman Mendengar (Choukai), dan sub-peminatan lainnya.Q:Pelajaran SMA apa saya yang membantu untuk memahami didalam jurusan Sastra Jepang?
A: Bahasa Jepang
Q:Tugas dan Ujian yang umum didalam jurusan Sastra Jepang?
A:Membuat paper tentang culture jepang, Analisa budaya, Membuat video tentang praktek etos kerja, Latihan menulis kanji, Latihan menjawab soal-soal grammar dan Membuat cerita menggunankan bahasa jepang yang baik dan benar.
Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Sastra Jepang?
A:Semua jurusan Sastra
KAMU SEDANG MEMBACA
Jurusan kuliah
DiversosWattpad ini cocok untuk dibaca oleh kalangan remaja yang masih bingung memutuskan ambil jurusan kuliah dan wattpad ini membantu untuk membagikan informasi tentang jurusan-jurusan yang ada didunia perkuliahan. dari mata kuliahnya,prospek kerjanya dan...