Q:Apa itu Manajemen Logistik?
A:Program studi ini masih terbilang “langka” di Indonesia. Manajemen Logistik mempelajari tentang bagaimana melakukan perencanaan, pengelolaan, pengendalian, dan pengawasan terhadap aliran uang, barang, energi, dan informasi, dan sumberdaya lainnya agar berjalan efisien dari asal hingga ke tujuan, mulai dari kegiatan pengadaan, penyimpanan, penyediaan, pengangkutan, hingga pengemasan barang-barang atau bahan baku tersebut.Di program studi ini akan di pelajari bagaimana tata letak gudang yang baik, sehingga dapat memaksimalkan kapasitas lahan dan meminimalisir kerusakan barang atau bahan baku yang tersimpan. Disini juga akan dipelajari bagaimana menghitung ongkos logistik, sistem bisnis logistik, dan sistem informasi logistik.
Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Manajemen Logistik?
A:Indonesia masih sangat kekurangan SDM yang berkecimpung di bidang logistik. Padahal ruang lingkup logistik Indonesia sangat luas. Pastinya hal ini membuat peluang karir di bidang logistik menjadi salah satu yang berjaya di Indonesia. Ditambah lagi dengan banyaknya jenis komoditas di Indonesia. Contohnya antara lain adalah komoditas perikanan, kelapa sawit, dan lain-lain.
Q:Mata kuliah apa saja yang akan dipelajari didalam jurusan Manajemen Logistik?
A:
1. Matematika Ekonomi
2. Teori Ekonomi Mikro
3. Teori Ekonomi Makro
4. Statistik
5. Bank dan Institusi Keuangan
6. Manajemen Resiko
7. Perilaku Organisasi
8. Standar Prosedur Operasional Logistik
9. Manajemen Pembelian
10. Manajemen Pemasaran
11. Manajemen Pergudangan
12. Sistem Informasi Logistik
13. Manajemen Retail
14. Manajemen Transportasi & Distribusi
15. Sertifikasi Ekspor Import
16. Supply Chain Management
17. Tata Letak Pergudangan
18. Manajemen Pemeliharaan
19. Transportasi & Freight Forwarding Perdagangan Internasional
20. Manajemen Pemasaran Internasional
21. Undang-undang Kepabeanan & Hukum Transportasi
22. Dangerous GoodsQ:Prospek kerja didalam jurusan Manajemen Logistik tuh apa saja sih?
A:Ruang lingkup logistik sangat besar. Hampir tiap perusahaan terlibat dalam kegiatan logistik. Contohnya saja perusahaan ekspedisi atau pengiriman, berbagai pabrik, hingga perbankan. Logistik erat kaitannya dengan pertumbuhan ekonomi negara. Karena itu ilmu logistik penting untuk dipelajari agar dapat menghasilkan SDM berkompeten di bidang ini. Mahasiswa lulusan prodi ini bisa menjadi ahli logistik, manager logistik, analis logistik serta manager gudang dan distribusi.
Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Manajemen Logistik?
A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Manajemen Logistik:
1. Universitas Trisakti (Swasta)
2. Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia (Swasta)Q:Apa saja sih yang dipelajari didalam jurusan Manajemen Logistik?
A:Mempelajari mengenai segala sesuatu mengenai manajemen di bidang bisnis logistik, bagaimana melakukan perencanaan, pengelolaan, pengendalian, dan pengawasan terhadap aliran uang, barang, energi, dan informasi, dan sumberdaya lainnya agar berjalan efisien dari asal hingga ke tujuan, mulai dari kegiatan pengadaan, penyimpanan, penyediaan, pengangkutan, hingga pengemasan barang-barang atau bahan baku tersebut hingga sampai kepada pengguna akhir (End Usser).
Q:Pelajaran SMA yang membantu untuk memahami didalam jurusan Manajemen Logistik?
A:
1. Ekonomi
2. Matematika
3. Bahasa InggrisQ:Tugas dan ujian yang umum didalam jurusan Manajemen Logistik?
A:tugas dan kegiatannya meliputi kegiatan observasi, dimana mahasiswa akan melakukan pengematan dan wawancara ke tempat-tempat yang memang sesuai dengan tema yang diangkat.
Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Manajemen Logistik?
A:Teknik Logistik
KAMU SEDANG MEMBACA
Jurusan kuliah
AléatoireWattpad ini cocok untuk dibaca oleh kalangan remaja yang masih bingung memutuskan ambil jurusan kuliah dan wattpad ini membantu untuk membagikan informasi tentang jurusan-jurusan yang ada didunia perkuliahan. dari mata kuliahnya,prospek kerjanya dan...