28.Kriminologi

2.8K 168 15
                                    

Q:Apa itu Kriminologi?

A:Kriminologi merupakan gabungan dari ilmu Hukum, Sosiologi, Psikologi, Politik, juga Jurnalistik. Di program studi ini kamu akan melakukan penelitian sosial untu menganalisis faktor-faktor penyebab terjadinya kejahatan, kenakalan, penyimpangan, dan pelanggaran hukum.
Disini kamu akan belajar untuk melihat suatu tindak kriminal dari kacamata si pelaku dan juga korban, terutama dari aspek psikologis nya.
Bagaimana lingkungan sekitar dan interaksi dengan keluarga hingga masyarakat memengaruhi tindak kriminal. Dari aspek hukum, kamu dapat menelaah berbagai pelanggaran hukum dan pasal-pasal yang dilanggar.
Hingga dapat menuliskan narasi berita kriminal yang berimbang. Serunya lagi, di prodi ini kamu juga akan belajar tentang reka ulang perkara, olah TKP, rekam sidik jari, dan jejak darah.
Disini kamu akan menganalisa berbagai tindak kejahatan yang lingkupnya sangat luas, mulai darri kenakalan remaja yang kecil, kejahatan yang bersifat gaib seperti santet, cybercrime, hingga terorisme yang berskala internasional.

Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Kriminologi?

A:Kamu suka dengan film atau seri TV yang bertema detektif atau misteri? Kamu punya rasa penasaran yang tinggi dan prihatin terhadap meningkatnya angka kejahatan di dunia? Prodi Kriminologi bisa menjadi pilihan paling ideal buat kamu. Kuliah Kriminologi akan sangat seru dan menantang, dan pastinya akan membuka mata kamu akan berbagai rahasia atau misteri di balik berbagai kejadian tindak kriminal yang terjadi di sekitar kita.

Q:Mata kuliah apa saja yang akan dipelajari didalam jurusan Kriminologi?

A:
1. Sosiologi perilaku menyimpang
2. Sistem peradilan pidana
3. Strategi pencegahan kejahatan
4. Kejahatan kerah putih
5. Hak asasi manusia
6. Etnografi kejahatan di indonesia
7. Kenakalan anak
8. Viktimologi
9. Kriminologi dan pembangunan
10. Kejahatan terencana
11. Kejahatan lingkungan
12. Ekonomi dan pembangunan sosial
13. Hukum dan pembangunan
14. Manajemen industrial sekuriti
15. Jurnalistik investigasi
16. Penologi
17. Perempuan dan keadilan
18. Psikologi kriminal
19. Analisa resiko kejahatan
20. Intelijen dan investigasi kejahatan
21. Teror dan terorisme
22. Bisnis dan kejahatan white-collar
23. Hak asasi manusia dalam perspektif kriminologi
24. Kejahatan transnasional dan globalisasi
25. Organisasi kejahatan dan kejahatan terorganisasi
26. Pengendalian sosial kejahatan
27. Sosiologi peradilan pidana
28. Teori kriminologi post-modrn dan budaya

Q:Prospek kerja di dalam jurusan Kriminologi tuh apa saja sih?

A:Jika dibandingkan dengan jumlah kejahatan yang terus meningkat, profesi Kriminolog masih sedikit. Saat ini Indonesia, bahkan dunia, masih membutuhkan lebih banyak orang yang mau berkecimpung di profesi yang kurang populer ini. Sebagai lulusan Kriminologi, prospek karir mu akan terbuka di berbagai lembaga penegak keadilan, seperti kepolisian, kejaksaan, dan kehakiman. Kalau kamu juga peduli akan tindak kriminal korupsi yang merajalela, sebagai lulusan Kriminologi, kesempatan kamu berkarir di KPK pun terbuka lebar. Kamu juga dapat mmenjadi jurnalis indepth yang menyajikan ulasan berita yang mendalam di media massa terkait tindak-tindak kriminal.

Q:kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Kriminologi?

A:Berikut ini adalah salah satu contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Kriminologi:
1. Universitas Indonesia (Negeri)
2. Sekolah Tinggi Ilmu Kepolisian Jakarta (Negeri)
3. Universitas Airlangga (Negeri)
4. Universitas Andalas (Negeri)
5. Universitas Diponegoro (Negeri)
6. Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta (Swasta)
7. Universitas 17 Agustus 1945 Surabaya (Swasta)
8. Universitas Al-Azhar Indonesia (Swasta)
9. Universitas Budi Luhur (Swasta)
10. Universitas Hang Tuah (Swasta)

Q:Apa saja yang dipelajari didalam jurusan Kriminologi?

A:Basically di Kriminologi kita bakal belajar semua tentang kejahatan. Secara sederhana 4 aspek utama kejahatan; kejahatan, korban, pelaku, dan reaksi masyarakat.
Untuk kejahatan itu sendiri, kita bakal banyak belajar tentang jenis-jenis kejahatan, mulai dari kejahatan konvensional (misalnya: pembunuhan, pencurian, dsb), kejahatan jalanan, kejahatan white collar, kejahatan lingkungan, sampe kejahatan transanasioal dan cyber.
Untuk korban kejahatan kita bakal belajar mengenai perkembangan perlindungan korban, hak-hak yang sebenernya dimiliki dan gimana berbagai negara memperlakukan korban kejahatan selama ini. Bertolak belakang dengan itu, waktu kita mempelajari pelaku kejahatan, kita mencoba memposisikan diri sebagai pelaku juga. Kita belajar banyak teori tentang 'alasan' atau faktor apa yang mendorong seseorang bisa melakukan kejahatan. Terakhir, untuk reaksi masyarakat terhadap kejahatan kita bakal belajar mengenai hukum pidana dan sistem peradilan pidana.

Q:Pelajaran SMA apa saja sih yang membantu untuk memahami didalam jurusan Kriminologi?

A:
1. Sosiologi
2. Ekonomi

Q:Tugas dan ujian yang umum didalam jurusan Kriminologi?

A:Jenis-jenis tugas kuliah yang sering diberikan adalah melakukan review artikel jurnal dan tugas laporan turun lapangan. Sedangkan untuk jenis ujian biasanya terbagi atas sit in atau take home. Sit in bisa dilakukan secara close book, open book, maupun open source (boleh mencari jawaban di internet, menggunakan laptop atau hp) dan untuk take home biasanya berbentuk paper atau makalah, dilakukan secara individu maupun kelompok.

Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Krimunologi?

A:
1. Sosiologi
2. Antropologi
3. Hukum

Jurusan kuliahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang