40.Farmasi

2.6K 101 8
                                    

Q:Apa itu Farmasi?

A:Farmasi adalah program studi yang mempelajari tentang obat-obatan. Disini kamu akan belajar untuk mengenali struktur senyawa obat dan cara sintesisnya, kemudian mengolahnya menjadi obat yang layak dikonsumsi. Pastinya disini kamu akan belajar, mencampur, meracik, melakukan formulasi, mengidentifikasi, mengombinasi, menganalisis, dan menciptakan obat yang memenuhi standar kualitas dan kelayakan. Tidak hanya meracik, kamu juga harus mengetahui bagaimana penggunaan obat-obatan tersebut secara aman.

Q:Kenapa kamu harus Memilih jurusan Farmasi?

A:Mempelajari Farmasi itu seru karena saat belajar Farmasi kamu jadi akan mengetahui penyebab dari suatu penyakit dan dapat menganalisis obat yang tepat, serta mengetahui bagaimana cara kerja obat tersebut. Di prodi ini juga akan banyak kegiatan praktikumnya, sehingga bagi kamu yang menyukai praktikum lab, prodi ini akan sangat menarik.

Q:Mata kuliah apa saja sih yang akan dipelajari didalam jurusan Farmasi?

A:
1. Anatomi Fisiologi Manusia
2. Farmasi Fisika
3. Kimia Organik
4. Botani Farmasi
5. Farmasetika Dasar
6. Biokimia
7. Kimia Sintesis
8. Kimia Analitik
9. Teknologi dan Formulasi Sediaan Semisolida dan Likuida
10. Biologi Sel dan Molekuler
11. Farmakologi Dasar dan Toksikologi
12. Farmakognosi
13. Analisis Fisikokimia
14. Fitokimia
15. Imunologi
16. Patofisiologi
17. Farmakologi Sistem Organ
18. Mikrobiologi Farmasi
19. Kosmetika
20. Farmasi Bahan Alam
21. Farmakologi Khemoterapetika
22. Bioteknologi Farmasi
23. Teknologi Formulasi Sediaan Steril
24. Analisis Biomedik
25. Radiofarmasi
26. Farmasi Forensik
27. Etnofarmasi
28. Parasitologi
29. Interaksi Obat
30. Analisis Farmasi
31. Farmakoterapi
32. Teknologi dan Formulasi Sediaan Solida
33. Stabilitas Obat
34. Biofarmasi
35. Farmasi Klinik
36. Pemodelan Molekul Obat

Q:Prospek kerja didalam jurusan Farmasi tuh apa saja sih?

A:Bidang Farmasi tidak akan pernah ada matinya. Bahkan akan terus berkembang seiring waktu, sebab penyakit pun ikut berkembang dan membutuhkan penanganan yang tepat. Lulusan prodi Farmasi akan memeroleh gelar Sarjana Farmasi (S.Farm), dan dapat meneruskan pendidikan Apoteker untuk mendaatkan gelar Apoteker (Apt). Lulusan Farmasi tidak melulu menjadi Apoteker dan berada di apotek, tapi juga dibutuhkan oleh rumah sakit, laboratorium, dan klinik. Lulusan Farmasi juga dibutuhkan di berbagai lembaga penelitian baik milik swasta maupun pemerintah seperti Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Kementerian Kesehatan (Kemenkes), dan lain-lain. Di sektor industri obat, makanan, dan kosmetik, lulusan Farmasi juga dapat berkarir sebagai peracik dan pengembang obat-obatan, konsultan, dan manajemen mutu.

Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Farmasi?

A:Berikut adalah contoh Kampus-kampus Yang menyediakan Jurusan Farmasi:
1. Universitas Brawijaya (Negeri)
2. Universitas Indonesia (Negeri)
3. Universitas Airlangga (Negeri)
4. Universitas Gadjah Mada (Negeri)
5. Universitas Padjadjaran (Negeri)
6. Universitas Esa Unggul (Swasta)
7. Universitas Ahmad Dahlan (Swasta)
8. Universitas Muhammadiyah Surakarta (Swasta)
9. Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta (Swasta)
10. Universitas Jenderal Achmad Yani (Swasta)

Q:Apa saja sih yang akan dipelajari didalam jurusan Farmasi?

A:Yang akan kamu pelajari di jurusan Farmasi meliputi ilmu farmasetika (membuat & meracik sediaan obat) baik dalam bentuk padat (tablet), cair, maupun semi-padat. Tidak hanya itu, kamu akan mempelajari segala sesuatu tentang obat dari hulu ke hilir. Mulai dari konsep penemuan senyawa yang berpotensi menjadi bahan obat, memformulasikan bahan obat tersebut hingga menjadi suatu obat jadi, analisis kandungan dalam suatu bahan obat maupun obat jadi, uji potensi obat baik secara in vitro maupun in vivo (pada mencit, dan lain-lain), mekanisme bagaimana suatu obat dapat menyembuhkan suatu penyakit, hingga memahami peran kamu sebagai seorang farmasis dalam memberikan konseling kepada pasien.

Q:Pelajaran SMA Apa saja yang membantu untuk memahami didalam jurusan Farmasi?

A:  
1. Matematika
2. Kimia
3. Fisika
4. Biologi

Q:Tugas dan ujian yang umum didalam jurusan Farmasi?

A:Tugasnya lebih banyak praktikum lalu membuat laporan dari praktikum tersebut. sebelum praktikum ada pretest dan post test. tugas kelompok & presentasi. Setelah lulus S1 farmasi mahasiswa diharapkan melanjutkan ke profesi Apoteker, sebelum di sumpah apoteker mahasiswa diwajibkan lulus dari Ujian Kompetensi Apoteker Indonesia (UKAI) dan ujian Praktikum Keahlian Profesi Apoteker (PKPA).

Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Farmasi?

A: Farmasi Klinik dan Komunitas

Jurusan kuliahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang