89.Teknik Elektro

1K 36 8
                                    

Q:Apa itu Teknik Elektro?

A:Teknik elektro merupakan ilmu teknik yang mempelajari sifat-sifat elektron yang kita kenal sebagai listrik. Mahasiswa Teknik Elektro mempelajari aplikasi dan pemanfaatan listrik dalam kehidupan sehari-hari, serta teknologi yang terkait. Cakupan teknik elektro sangat luas, mulai dari sumber pembangkit tenaga listrik, sistem jaringan distribusi, sampai pada pemanfaatannya oleh pengguna akhir. Teknik Elektro pun dipecah menjadi beberapa konsentrasi, seperti teknik elektronika, teknik listrik, teknik instrumentasi, sampai teknik komputer dan telekomunikasi.

Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Teknik Elektro?

A:Apabila kamu tertarik untuk mempelajari energi listrik, maka tak ada salahnya untuk memilih jurusan ini. Lagipula listrik adalah energi yang sangat dibutuhkan oleh masyarakat, dan perkembangan teknologi yang semakin cepat menjadikan Teknik Elektro menjadi semakin relevan. Dengan beberapa konsentrasi yang ada di program studi ini kamu bahkan nggak hanya akan belajar tentang instalasi listrik aja, tapi juga mengenai IT dan bahkan robotik.

Q:Mata kuliah apa saja yang akan di pelajari di dalam jurusan Teknik Elektro?

A:
1.Matematika
2.Fisika Dasar
3.Kimia Dasar
4.Pengantar Desain Teknik
5.Rangkaian Elektrik
6.Sistem Digital
7.Matematika Teknik
8.Struktur Diskrit
9.Elektronika
10.Medan Elektromagnetik
11.Sinyal dan Sistem
12.Pemecahan Masalah dengan C
13.Pengolahan Sinyal Digital
14.Arsitektur Sistem Komputer
15.Material Teknik Elektro
16.Sistem Kendali
17.Sistem Tenaga Elektrik
18.Kalkulus
19.Mikroprosesor
20.Termodinamika dan Penggerak Awal
21.Iluminasi dan Instalasi Listrik
22.Distribusi Daya Listrik
23.Pembangkit Tenaga Listrik
24.Teknik Tegangan Tinggi
25.Proses Stokastik
26.Sistem Mikroprosesor
27.Desain dan Instalasi Tenaga Listrik
28.Pengaman Sistem Tenaga Listrik
29.Distribusi Tenaga Listrik
30.Pemeliharaan Peralatan Listrik
31.Sistem Energi Baru dan Terbarukan

Q:Prospek kerja di dalam jurusan Teknik Elektro tuh apa saja sih?

A:Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi, jurusan teknik elektro juga semakin relevan. Prospek kerja yang terkait dengan bidang Teknik Elektro pun bisa dibilang cukup mumpuni seperti: teknisi telekomunikasi, teknisi radar, sonar, dan navigasi; spesialis network system, hingga ahli robotik. Untuk industrinya sendiri, seorang lulusan Teknik Elektro dapat masuk ke dalam hampir semua industri seperti telekomunikasi, manufaktur, IT, pembangkit listrik, hingga perminyakan dan pertambangan.

Q:Kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Teknik Elektro?

A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan juruaan Teknik Elektro:
1. Universitas Brawijaya (Negeri)
2. Universitas Indonesia (Negeri)
3. Universitas Hasanuddin (Negeri)
4. Universitas Gadjah Mada (Negeri)
5. Universitas Sumatera Utara (Negeri)
6. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Negeri)
7. Universitas Syiah Kuala (Negeri)
8. Universitas Sriwijaya (Negeri)
9. Universitas Jenderal Soedirman (Negeri)
10. Universitas Udayana (Negeri)

Q:Apa saja yang akan di pelajari di dalam jurusan Teknik Elektro?

A:Dalam jurusan ini, seharusnya sudah tergambar apa saja yang akan dipelajari. Karena, dari namanya saja sudah Elektro. Maka, jurusan ini mempelajari segala hal yang berhubungan dengan kelistrikan. Jurusan ini mengasah dan mengolah seorang mahasiswa/i yang ingin berpengalaman dan mempelajari segala hal tentang kelistrikan. Karena, kelistrikan sebenarnya bukan hanya berpusat pada satu titik. Misalnya instalasinya saja, tidak. Karena, banyak hal yang akan berhubungan dengan listrik. Contohnya, seperti instalasi mesin listrik. Teknik listrik melibatkan konsep, perancangan, pengembangan, dan produksi perangkat listrik dan elektronik yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Q:Pelajaran SMA yang membantu untuk memahami di dalam jurusan Teknik Elektro?

A:
1. Fisika
2. Matematika
3. Teknologi informasi dan komunikasi

Q:Tugas dan ujian yang umum di dalam jurusan Teknik Elektro?

A:Tugasnya seperti mengganbar instalasi listrik, membaca rangkaian listrik proyek kreatif dengan membuat alat, presentasi individu maupun berkelompok, membuat laporan berupa makalah, tugas hitung menghitung juga ada loh dan juga membuat program perangkat lunak.

Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Teknik Elektro?

A:
1. Teknik Mesin
2. Teknik Informatika

Jurusan kuliahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang