80.Rekayasa Pertanian

506 20 0
                                    

Q:Apa itu Rekayasa Pertanian?

A:Rekayasa pertanian merupakan program studi yang mengkombinasikan ilmu-ilmu pertanian konvensional dengan prinsip-prinsip rekayasa biosistem untuk membangun dan mengelola sistem pertanian. Program studi ini mempelajari kompetisi teknis unggul untuk mengembangkan sistem pertanian berkelanjutan untuk mencapai swasembada kebutuhan pokok dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Rekayasa Pertanian?

A:Indonesia yang merupakan negara tropis memiliki keanekaragaman hayati yang tinggi dengan energi matahari dan curah hujan yang berlimpah sepanjang tahun. Hal ini memungkinkan pertanian di Indonesia untuk berproduksi sepanjang tahun dengan komoditas yang beragam serta menggunakan energi yang lebih rendah. Oleh sebab itu, perlu dikembangkan suatu sistem pertanian yang beragam dengan efisiensi energi, materi, dan ekonomi yang tinggi tanpa mencemari lingkungan serta dapat meningkatkan kesejahteraan petani dan masyarakat secara umum. Program studi ini cocok untuk kamu yang memiliki antusiasme untuk memajukan bidang pertanian.

Q:Mata kuliah apa saja yang akan di pelajari di dalam jurusan Rekayasa Pertanian?

A:
1. Rekayasa dan Desain
2. Sains dan Teknologi Hayati
3. Fisiologi dan Perkembangan Tumbuhan
4. Genetika Pertanian
5. Agroklimatologi
6. Pengetahuan Lingkungan
7. Kimia Pertanian
8. Agroekologi
9. Media Tumbuh
10. Teknologi Benih
11. Statistika untuk Pertanian
12. Neraca Massa & Energi Biosistem
13. Biologi Hewan Ternak
14. Sosiologi Pertanian
15. Perlindungan Pertanian Terpadu
16. Rekayasa Sumber Daya Air dan Lahan
17. Mekanika Fluida
18. Penanganan Pasca Panen
19. Manajemen Agribisnis & Kewirausaha
20. Peraturan dan Kebijakan Pertanian
21. Penelitian Produksi Biomassa

Q:Prospek kerja di jurusan Rekayasa Pertanian tuh apa saja sih?

A:Lulusan program studi Rekayasa Pertanian memiliki prospek kerja yang cukup mumpuni, mengingat Indonesia sebagai negara agraris membutuhkan banyak ahli pertanian untuk memajukan sektor tersebut. Seorang lulusan Rekayasa Pertanian dapat mengambil karir menjadi wiraswasta (petani profesional), tenaga ahli pertanian pada lembaga pemerintah, tenaga ahli pertanian pada industri pertanian dan perkebunan, lembaga swadaya masyarakat (LSM) dan lain lain.

Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Rekayasa Pertanian?

A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Rekayasa Pertanian:
1. Institut Teknologi Bandung (Negeri)

Q:Apa saja sih yang akan di pelajari di dalam jurusan Rekayasa Pertanian?

A:Program studi ini mempelajari tentang survei lahan, pengolahan lahan, serta peningkatan biomassa produk pertanian dengan cara melakukan kuantifikasi pada semua elemen yang berkaitan dengan kegiatan produksi di bidang pertanian, yaitu biaya produksi, komposisi unsur di dalam tanaman, komposisi unsur di dalam tanah, komposisi unsur di dalam pupuk, ketersediaan air di lahan, kebutuhan air tanaman, vegetasi dan fauna yang ada di lahan, serta hasil produksi tanaman sehingga dapat meningkatkan sistem pertanian yang ada menjadi sistem pertanian terpadu. Kuantifikasi tersebut dilakukan untuk merencanakan sistem pertanian terpadu yang efisien biaya dan tenaga kerja.

Q:Pelajaran SMA yang membantu untuk memahami di dalam jurusan Rekayasa Pertanian?

A:
1. Biologi
2. Kimia
3. Ekonomi
4. Matematika

Q:Tugas dan ujian yang umum di dalam jurusan Rekayasa Pertanian?

A:Ujian dilakukan baik dalam bentuk ujian tulis, praktikum, maupun presentasi. Tugas akhir yang diberikan ada dua macam, yakni Tugas Penelitian dan Tugas Perancangan. Dalam tugas penelitian, kita dituntut meneliti mengenai salah satu faktor dalam suatu sistem pertanian, sedangkan dalam tugas perancangan, kita dituntut mendesain pra rancangan sistem pertanian mulai dari aspek teknis hingga ekonomi.

Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Rekayasa Pertanian?

A:
1. Mikrobiologi Pertanian
2. Rekayasa Hayati
3. Teknik Pertanian dan Biosistem
4. Ilmu Tanah

Jurusan kuliahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang