Q:Apa itu Statistika?
A:Statistika merupakan ilmu yang mempelajari proses pengolahan data, mulai dari merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasikan, dan mempresentasikan data. Fungsi dari statistika sendiri adalah sebagai pijakan untuk pengambilan keputusan. Tanpa analisis data yang akurat, pengambilan keputusan yang tepat tidak akan pernah bisa terjadi. Statistika banyak diterapkan pada berbagai disiplin ilmu, baik ilmu sosial ataupun ilmu pasti.
Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Statistika?
A:Statistika memang terlihat membosankan karena kamu akan banyak bergelut dengan angka. Tapi sebenarnya statistika punya peran yang sangat penting sebagai pijakan untuk pengambilan keputusan. Dengan belajar Statistika, kamu jadi menguasai bagaimana caranya mencari, memilah, dan mengolah sebuah data yang dijadikan dasar bagi perusahaan, pemerintah, maupun lembaga-lembaga lainnya dalam mengeluarkan kebijakan, program, maupun produk-produk tertentu.
Q:Mata kuliah apa saja yang akan dipelajari di dalam jurusan Statistika?
A:
1. Metode Statistika
2. Fisika Dasar
3. Aljabar Linier Elementer
4. Kimia Dasar
5. Biologi Umum
6. Logika & Teori Bilangan
7. Aljabar Linear
8. Matematika Keuangan
9. Algoritma dan Perangkat Lunak Statistika
10. Metode Numerik
11. Statistika Matematika
12. Metode Statistika Lanjut
13. Analisis Real
14. Teori Matriks Statistika
15. Pengantar Teori Probabilitas
16. Teknik Sampling
17. Statistika Nonparametri k
18. Analisis Multivariat
19. Proses Stokastik
20. Analisis Regresi
21. Rancangan Percobaan
22. Model Kerugian
23. Runtun Waktu
24. Statistika Pengendalian Mutu
25. Metode Survei
26. Matematika Aktuaria
27. Statistika Spasial
28. Analisis Data Kuantitatif
29. Teori Keputusan Statistika
30. Metode Peramalan Statistika
31. Statistika Genom
32. Analisis Data Katagorik
33. Analisis SurvivalQ:Prospek kerja didalam jurusan Statistika tuh apa saja sih?
A:Prospek kerja lulusan Statistika sangatlah luas, karena hampir semua instansi membutuhkan seseorang yang mengerti bagaimana caranya memperolah dan mengolah data. Di sektor pemerintah, seorang lulusan prodi Statistika bisa bekerja di institusi seperti BPS dan BAPPENAS. Sementara itu di sektor swasta, lulusan Statistika memiliki kesempatan untuk bekerja di hampir semua industri mulai dari Keuangan, Perbankan, Manufaktur, Fast Moving Consumer Goods (FMCG), bahkan Teknologi.
Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Statistika?
A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Statistika:
1. Universitas Brawijaya (Negeri)
2. Universitas Indonesia (Negeri)
3. Universitas Gadjah Mada (Negeri)
4. Universitas Airlangga (Negeri)
5. Universitas Diponegoro (Negeri)
6. Binus University (Swasta)
7. Universitas Islam Indonesia (Swasta)
8. Universitas Islam Bandung (Swasta)
9. Institut Sains dan Teknologi Akprind (Swasta)
10. Universitas Ahmad Dahlan (Swasta)Q:Apa saja sih yang dipelajari didalam jurusan Statistika?
A:Banyak sekali yang diajarkan di jurusan statistika. Mulai dari mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menginterpretasi hingga memprediksi data. Dalam mengotak-atik data tersebut, menggunakan software khusus statistika yang lengkap, dan praktis seperti SPSS, SAS, Stata, Eviews, R, Matlab, Maple, Minitab, Amos. Tidak hanya itu, di jurusan statistika juga diajarkan tentang bagaimana pola penyebaran data, metode apa yang harus digunakan untuk mengolah suatu jenis data, bagaimana cara memperoleh hasil yang sama dengan software secara manual, bagaimana cara membuat program sendiri dengan memainkan syntax, bagaimana memberi keputusan dari hasil analisis data. seru pokoknya deh.
Q:Pelajaran SMA apa saja sih yang membantu untuk memahami didalam jurusan Statistika?
A:
1. Matematika
2. EkonomiQ:Tugas dan ujian yang umum didalam jurusan Statistika?
A:Tugas dan ujiannya biasanya Berdasarkan variabel statistika yang menjurus ke penganalisis suatu statistik kependudukan dan keuangan di indonesia
Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Statistika?
A:
1. Matematika
2. Statistika Terapan dan Komputasi
3. Aktuaria
KAMU SEDANG MEMBACA
Jurusan kuliah
RandomWattpad ini cocok untuk dibaca oleh kalangan remaja yang masih bingung memutuskan ambil jurusan kuliah dan wattpad ini membantu untuk membagikan informasi tentang jurusan-jurusan yang ada didunia perkuliahan. dari mata kuliahnya,prospek kerjanya dan...