84.Manajemen Sumber Daya Manusia

1.6K 26 4
                                    

Q:Apa itu Manajemen SDM?

A:Program studi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi awalnya adalah salah satu pilihan peminatan di prodi Manajemen. Prodi ini mengkaji tentang pengelolaan dan pengembangan potensi sumber daya manusia dalam organisasi atau perusahaan, dan untuk menyediakan layanan yang berkaitan dengan individu dan kelompok dalam organisasi tersebut. Manajemen Sumber Daya Manusia juga membuat kebijakan dan instruksi yang berkaitan dengan personil dan organisasi, dinamika sumber daya manusia perusahaan, hubungan kerja perusahaan-karyawan, hak-hak sipil, hukum sumber daya manusia dan peraturan, sistem motivasi dan kompensasi, sistem dan peraturan kerja, manajemen karir, pengujian dan penilaian karyawan, rekrutmen dan seleksi, mengelola program pelatihan karyawan, dan manajemen dari keseluruhan program dan operasi sumber daya manusia.

Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Manajemen SDM?

A:Sumber daya manusia adalah aset berharga bagi sebuah organisasi atau perusahaan. Pasalnya, sumber daya manusia ini lah yang berperan sebagai penggerak perusahaan. Kinerja sumber daya manusia mencerminkan keberhasilan perusahaan. Karena itu cara untuk mengelola sumber daya manusia sangat penting untuk dipelajari. Prodi ini pas untuk kamu yang ingin memahami dampak sumber daya manusia terhadap kelangsungan dan perkembangan perusahaan, mempunyai motivasi yang tinggi untuk melakukan pengembangan berkelanjutan dalam bidang sumber daya manusia dan perumusan regulasi-regulasi terkait perekrutan, pelatihan, kompensasi dan fasilitas karyawan.

Q:Mata kuliah apa saja yang akan di pelajari di dalam jurusan Manajemen SDM?

A:
1. Teori Ekonomi Mikro
2. Etika Bisnis
3. Komunikasi Bisnis
4. Aspek Hukum dalam Ekonomi
5. Manajemen Keuangan
6. Manajemen Lintas Budaya
7. Teori Ekonomi Makro
8. Manajemen Pemasaran
9. Statistika Bisnis
10. Manajemen Operasi
11. Manajemen Kualitas
12. Human Resources Assessment
13. Human Resources Empowerment
14. Manajemen SDM
15. Sistem Imbalan & Teknik Remunerasi
16. Ekonomi Manajerial
17. Motivator SDM & Pendamping Profesional
18. Audit Manajemen SDM
19. Inovasi Bisnis
20. Kepemimpinan dalam Bisnis
21. Perilaku Organisasi
22. Studi Kelayakan Bisnis
23. Manajemen Stratejik
24. Metode Kuantitatif Pengambilan Keputusan
25. Manajemen Karir
26. HR Scorecard
27. Manajemen Konflik dan Negosiasi

Q:Prospek kerja di dalam jurusan Manajemen SDM tuh apa saja sih?

A:Setiap organisasi/perusahaan membutuhkan manajemen sumber daya manusia yang baik. Karena itu lulusan prodi Manajemen Sumber Daya Manusia dan Organisasi memiliki prospek kerja yang luas dan tidak terbatas di sektor tertentu. Organisasi/perusahaan swasta ataupun instansi pemerintahan membutuhkan profesional yang dapat mengelola sumber daya manusia nya. Lulusan prodi ini dapat berkarir sebagai staf HRD atau staf recruitment dan training untuk calon karyawan perusahaan.

Q:Kampus-kampus mana saja yang menyediakan jurusan Manajemen SDM?

A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Manajemen SDM:
1. Universitas Indonesia (Negeri)
2. Universitas Negeri Jakarta (Negeri)
3. Universitas Diponegoro (Negeri)
4. Institut Teknologi Bandung (Negeri)

Q:Apa saja sih yang di pelajari di dalam jurusan Manajemen SDM?

A:Jurusan Manajemen mempelajari tentang bagaimana proses Planning, Organizing, Actuating, Controlling (POAC) dilakukan dalam suatu perusahaan. Pada awal perkuliahan akan diperkenalkan tentang dasar-dasar ilmu manajemen yang meliputi manajemen keuangan, manajemen pemasaran, dan manejemen sumber daya manusia. Selain itu diajarkan pula mengenai sistem penganggaran, perencanaan bisinis, etika bisnis, dan ilmu lain yang mendukung.

Q:Pelajaran SMA apa yang membantu untuk memahami di dalam jurusan Manajemen SDM?

A:
1. Sosiologi
2. Ekonomi
3. Matematika

Q:Tugas dan ujian umum di dalam jurusan Manajemen SDM?

A:Tugas kuliahnya umum saja kok, kamu akan banyak presentasi jika masuk di dalam nya. Jangan takut ! semakin sering presentasi akan membuat kamu lebih percaya diri berbicara di depan banyak orang dan ini akan menjadi nilai plus ketika kamu masuk di dunia kerja.
Selain Presentasi tugas yang diberikan diberikan umumnya dalam bentuk mengerjakan soal terstruktur baik secara individu maupun kelompok, pembuatan makalah, praktik cara penyelesaian suatu kasus, pembuatan paper dan review jurnal 

Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Manajemen SDM?

A:
1. Manajemen Pemasaran
2. Manajemen Bisnis

Jurusan kuliahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang