21.Jurnalistik

2.8K 132 7
                                    

Q:Apa itu Jurnalistik?

A:Jurnalistik bisa dikatakan sebagai program studi paling dinamis di antara yang lainnya. Jurnalistik merupakan sebuah kegiatan mencari, mengolah, dan menyebarluaskan berita kepada khalayak melalui media massa. Pada program studi jurnalistik kita akan diajarkan teknik mencari, menulis, dan menyunting berita, dan bagaimana pula berita tersebut didistribusikan malalui berbagai media baik cetak maupun elektronik. Para mahasiswa bisa memilih untuk mendalami jurnalistik sesuai dengan pilihan medianya. Oleh karena itu, mahasiswa perlu memahami karakter media dan perubahannya. Proses pembentukan berita media cetak dan elektronik tentu saja berbeda. Para jurnalis media cetak harus memperkuat logika dan keahlian menulisnya, sedangkan jurnalis radio dan televisi mempelajari broadcasting sehingga harus selalu melatih kekuatan verbalnya. Selain itu, dengan cepatnya pertumbuhan media online saat ini, para jurnalis harus bisa memproses berita secara lebih cepat.

Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Jurnalistik?

A:Tentunya, buat kamu yang ingin menjadi jurnalis, kamu bisa memilih program studi ini. Berprofesi sebagai jurnalis memang cukup menantang. Kamu akan lebih sering berada di lapangan melakukan reportase, mewawancarai narasumber, bertemu dengan banyak orang, daripada hanya duduk di belakang meja. Jurnalis adalah profesi yang dinamis dan benar-benar membutuhkan kekuatan logika. Menantang kan?

Q:Mata kuliah apa saja sih yang akan dipelajari didalam jurusan Jurnalistik?

A:
1. Bahasa jurnalistik
2. Penulisan berita
3. Broadcasting
4. Pengantar ilmu jurnalistik
5. Komunikasi grafis
6. Kompetensi ITC
7. Jurnalistik foto
8. Jurnalistik radio
9. Jurnalistik televisi
10. Psikologi komunikasi
11. Jurnalisme sastra
12. Komunikasi politik
13. Jurnalistik online
14. Teknik wawancara
15. Jurnalistik investigasi
16. Hukum etika pers
17. Penulisan feature dan artikel
18. Manajemen media masa
19. Sejarah pers
20. Kajian media dan budaya

Q:Prospek kerja dijurusan Jurnalistik tuh apa saja sih?

A:Ketika profesi jurnalis tidak lagi menjadi monopoli para lulusan jurnalistik, maka profesi tersebut sangat diminati sekaligus ketat persaingannya. Tapi jangan khawatir, dengan masuk program studi jurnalistik artinya kamu akan mendapat ilmu yang lebih mendalam di bidang jurnalistik, yang pastinya akan menjadi keunggulan kamu. Bidang profesi yang ditawarkan untuk lulusan jurnalistik pun juga sangat luas. Tidak cuma dapat berkecimpung di industri media, lulusan program studi Jurnalistik juga bisa menjadi expert dan menjadi bagian dari lembaga pemerintahan seperti Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Lembaga Sensor Film (LSF), bahkan Kementerian Komunikasi dan Informasi (Menkominfo).

Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Jurnalistik?

A:Berikut ini adalah salah satu contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Jurnalistik:
1. Universitas Airlangga (Negeri)
2. Universitas Diponegoro (Negeri)
3. Universitas Padjadjaran (Negeri)
4. Politeknik Negeri Jakarta (Negeri)
5. Universitas Negeri Makassar (Negeri)
6. Universitas Multimedia Nusantara (Swasta)
7. Institut Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Jakarta (Swasta)
8. Universitas Budi Luhur (Swasta)
9. Universitas Islam Bandung (Swasta)
10. Universitas Esa Unggul (Swasta)

Q:Apa yang dipelajari didalam Jurusan Jurnalistik?

A:Di program studi jurnalistik kita belajar mengenai banyak sekali hal tentang media. Mungkin dalam benak orang awam, jurnalistik hanya akan sekedar jadi wartawan. Tapi nggak! Dalam prodi ini, selain diajarkan untuk meliput dan mewawancara, kita juga harus memahami proses pra dan pasca produksi pembuatan berita (baik itu tv, radio, atau media cetak). Selain itu, kita juga diajarkan tata cara bahasa jurnalistik yang baik dan benar. Pokoknya seru banget!

Q:Pelajara SMA yang membantu untuk memahami didalam jurusan Jurnalistik?

A:
1. Teknologi informasi dan komunikasi
2. Bahasa indonesia

Q:Tugas dan ujian yang umum didalam jurusan Jurnalistik?

A:Bentuk tugas mayoritas praktik. Liputan ke lapangan langsung, memproduksi dan membuat media, membuat siaran televisi sampai dengan pameran fotografi.

Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Jurnalistik?

A:Broadcasting

Jurusan kuliahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang