77.Sastra China

729 26 3
                                    

Q:Apa itu Sastra China?

A:Mengambil program studi Sastra Cina tidak hanya belajar Bahasa Mandarin. Para mahasiswa jurusan ini mempelajari semua hal berkaitan dengan Cina, terutama budaya, bahasa, dan kajian Sastra Cina. Saat ini, hubungan Cina dengan Indonesia sangat erat, terutama dalam hal ekonomi dan bisnis. Oleh karena itu, penekanan pada keterampilan bahasa Cina dan kemampuan dalam mengoperasikan komputer dalam bahasa Cina.

Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Sastra China?

A:Jurusan Sastra Cina akan menjadi populer seiring dengan kemajuan hubungan Indonesia dengan Tiongkok. Saat ini Tiongkok menjadi negara adidaya kedua setelah Amerika Serikat. Perekonomiannya yang semakin meraksasa, membuat dunia semakin terpusat kepadanya. Dengan mengambil jurusan Sastra Cina, kamu bisa turut dalam arus kemajuan Tiongkok.

Q:Mata kuliah apa saja sih yang akan dipelajari di dalam Jurusan Sastra China?

A:
1. Bahasa Cina
2. Sejarah Cina Kuno
3. Pengantar Linguistik Cina
4. Fonetik & Fonologi Cina
5. Sejarah Cina Era Dinasti Ming
6. Sejarah Cina Era Pascadinasti
7. Morfologi & Sintaksis Cina
8. Pengantar Kesusastraan Cina
9. Sejarah Cina Kontemporer
10. Bahasa Cina Klasik Dasar
11. Terjemahan Cina- Indonesia
12. Semantik & Pragmatik Cina
13. Perkembangan Kesusastraan Cina
14. Historiografi Cina
15. Pengkajian Kesusastraan Cina
16. Telaah Teks Cina
17. Teori Kritik Sastra Cina
18. Bahasa Cina untuk Pers
19. Bahasa Cina untuk Pariwisata
20. Bahasa Cina untuk Bisnis dan Perkantoran

Q:Prospek kerja di dalam jurusan Sastra China tuh apa saja sih?

A:Dengan berkembangnya industri di Tiongkok, perusahaan-perusahaan Tiongkok banyak yang berekspansi ke Indonesia. Peluang kamu untuk bekerja di perusahaan-perusahaan Cina tersebut terbuka lebar. Lulusan program studi Sastra Cina dapat bekerja sebagai penerjemah, jurnalis, pemandu wisata, hingga staff di perusahaan multinasional asal negeri Tirai Bambu.

Q:Kampus-kampus mana saja yang menyediakan jurusan Sastra China?

A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Sastra China:
1. Universitas Brawijaya (Negeri)
2. Universitas Indonesia (Negeri)
3. Universitas Sumatera Utara (Negeri)
4. Universitas Jenderal Soedirman (Negeri)

Q:Apa saja sih yang akan di pelajari di dalam jurusan Sastra China?

A:Disini kita akan mempelajari bahasa Cina atau bahasa Mandarin. Selain itu, kita juga mempelajari Sejarah Tiongkok, Kebudayaan dan Kesusastraan Tiongkok, serta Linguistik bahasa Mandarin.

Q:Pelajaran SMA apa saja sih yang membantu untuk memahami di dalam jurusan Sastra China?

A:
1. Seni budaya
2. Bahasa asing (China)

Q:Tugas dan ujian yang umum di dalam jurusan Sastra China?

A:Tugas dan ujian dalam setiap mata kuliah berbeda-beda. Dalam mata kuliah Bahasa Cina, kebanyakan tugas dan ujian berupa aplikasi dari tata bahasa yang sudah dipelajari, seperti monolog, dialog, dan karangan. Sedangkan untuk mata kuliah seperti sejarah dan kebudayaan, tugas dan ujian biasanya berupa analisis.

Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Sastra China?

A:Semua jurusan Sastra

Jurusan kuliahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang