Q:Apa itu Kesehatan Masyarakat?
A:Prodi Kesehatan Masyarakat mempelajari ilmu tentang peningkatan taraf hidup dan kesehatan masyarakat dengan cara melakukan pengorganisasian di masyarakat. Jadi, di prodi ini kamu akan mempelajari ilmu medis ditambah dengan ilmu sosial. Kamu akan belajar bagaimana menghitung besaran distribusi penyakit di suatu wilayah, menghitung kondisi kesehatan secara kuantitatif, menganalisa dampak lingkungan pada kesehatan masyarakat, dan faktor kesehatan dan keselamatan kerja. Disini juga akan dipelajari ilmu gizi, manajemen dan administrasi kebijakan kesehatan, serta melakukan penyuluhan kesehatan.
Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Kesehatan Masyarakat?
A:Apabila kamu punya kepedulian besar terhadap perkembangan kesehatan di Indonesia, maka prodi ini sangat cocok buat kamu. Kamu akan mempelajari semua hal yang berkaitan dengan kesehatan, tak hanya teori tapi juga tentang praktek-praktek mewujudkan kesehatan. Dengan memilih jurusan ini, kamu tidak perlu takut apa yang kamu pelajari akan sia-sia belaka. Ilmu Kesehatan Masyarakat masih sangat dibutuhkan.
Q:Mata kuliah apa saja yang akan di pelajari di dalam jurusan Kesehatan Masyarakat?
A:
1. Sejarah dan Pendekatan Kesehatan Masyarakat
2. Etika dan Kode Etik Kesehatan
3. Olahraga
4. Hukum Kesehatan dan UU
5. PKIP Dasar
6. Pengantar Ilmu Kependudukan
7. Mikrobiologi
8. Biokimia
9. Dasar-dasar Biostatistik
10. Prinsip-prinsip Epidemiologi
11. Dasar-dasar Kesehatan Lingkungan
12. Surveilans Kesehatan Masyarakat
13. Analisa Kualitas Lingkungan
14. Perencanaan dan Evaluasi Promosi Kesehatan
15. Dasar-dasar Biostatistik Inferensial
16. Manajemen Penyehatan Makanan dan Minuman
17. Penyediaan Air Bersih
18. Farmakologi
19. Pengalaman Belajar Lapangan II
20. Organisasi dan Manajemen Kesehatan
21. Epidemiologi Penyakit Tak Menular
22. Pengelolaan Limbah Padat
23. Pengelolaan Limbah Cair Domestik dan Industri
24. Anatomi
25. Biostatistika
26. Fisiologi
27. Gizi Kesehatan Masyarakat
28. K3
29. Kesehatan Lingkungan
30. Promosi KesehatanQ:Apa saja sih prospek kerja di jurusan Kesehatan Masyarakat?
A:Lulusan prodi Kesehatan Masyarakat akan memeroleh gelar Sarjana Kesehatan Masyarakat (S.KM) dan dapat berkarir di bagian administrasi Kebijakan Kesehatan, baik di rumah sakit, klinik, ataupun asuransi kesehatan. Lulusan Kesehatan Masyarakat juga dapat berkarir sebagai ahli Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) di berbagai perusahaan, serta sebagai penyuluh kesehatan, peneliti dan pengajar di bidang kesehatan masyarakat.
Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Kesehatan Masyarakat?
A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Kesehatan Masyarakat:
1. Universitas Indonesia (Negeri)
2. Univeraitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta (Negeri)
3. Universitas Gadjah Mada (Negeri)
4. Universitas Airlangga (Negeri)
5. Universitas Hasanuddin (Negeri)
6. Universitas Diponegoro (Negeri)
7. Universitas Sumatera Utara (Negeri)
8. Universitas Negeri Malang (Negeri)
9. Universitas Sebelas Maret (Negeri)
10. Universitas Negeri Semarang (Negeri)Q:Apa saja sih yang akan di pelajari di dalam jurusan Kesehatan Masyarakat?
A:Secara garis besar jurusan ini menjadi kesehatan pada masyarakat sebagai fokus utama, jurusan ini memiliki tujuan untuk meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat, serta mencegah terjadinya suatu wabah penyakit. Berbeda dengan ilmu kedokter yang bersifat kuratif (pengobatan) jurusan kesehatan masyarakat bersifat preventif & promotif (mencegah & mempromosikan). Dari segi sasarannya juga berbeda, dokter berfokus kepada satu individu dalam pengobatannya, sedangkan kesmas berfokus kepada kelompok-kelompok masyarakat.
Jadi intinya Jurusan ini mempelajari ilmu dan seni tentang pencegahan penyakit, serta penelitian tentang pola makan dan kesehatan masyarakat. Jurusan ini juga mempelajari bagaimana memodifikasi lingkungan dan perilaku manusia agar meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, seperti bagaimana cara mengurangi kegemukan dan cara mengurangi kebiasaan merokok pada masyarakat. Bagi yang tertarik dengan bidang kesehatan dan senang bekerja dengan orang lain, jurusan ini sangat cocok untuk kamu.Q:Pelajaran SMA apa saja yang membantu untuk memahami didalam jurusan Kesehatan Masyarakat?
A:
1. Biologi
2. Sosiologi
3. Kimia
4. MatematikaQ:Tugas dan ujian yang umum di dalam jurusan Kesehatan Masyarakat?
A:tugas kuliah biasanya berupa membuat artikel ilmiah, presentasi materi, membuat survey di masyarakat dan lain lain
Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Kesehatan Masyarakat?
A:
1. Ilmu Kesejahteraan Sosial
2. Ilmu Gizi
3. K3
4. Kesehatan Lingkungan
KAMU SEDANG MEMBACA
Jurusan kuliah
DiversosWattpad ini cocok untuk dibaca oleh kalangan remaja yang masih bingung memutuskan ambil jurusan kuliah dan wattpad ini membantu untuk membagikan informasi tentang jurusan-jurusan yang ada didunia perkuliahan. dari mata kuliahnya,prospek kerjanya dan...