Q:Apa itu Sastra Prancis?
A:Sastra Prancis tak pernah sepi peminat. Daya tarik Prancis dengan ibu kotanya Paris dan Menara Eiffel selalu membuat banyak orang menaruh minat pada negeri yang juga kondang dengan industri fashion-nya ini. Program studi Sastra Prancis menawarkan pengetahuan tentang budaya Prancis, terutama bahasa dan literaturnya. Para mahasiswa di program studi ini akan mempelajari tata bahasa, Bahasa Prancis, komposisi, pemahaman teks, budaya, dan kesusastraan Prancis.
Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Sastra Prancis?
A:Jika kamu punya minat terhadap Bahasa Prancis, kamu tak perlu ragu untuk memilih program studi ini. Di sini kamu nggak hanya akan diajak untuk mendalami seluk beluk bahasa Prancis yang kondang karena pelafalannya yang indah namun sulit itu, tapi kamu juga akan mempelajari sejarah dan budaya dari negeri menara Eiffel ini.
Q:Mata kuliah apa saja sih yang akan dipelajari didalam jurusan Sastra Prancis?
A:
1. Bahasa Prancis Dasar
2. Tata Bahasa Prancis
3. Bahasa Prancis Madya
4. Sejarah Kesusastraan Prancis
5. Fonologi-Fonetik
6. Pengantar Sejarah Prancis
7. Apresiasi Sastra
8. Morfosintaksis
9. Budaya Prancis
10. Bahasa Prancis Mahir
11. Kesusastraan Prancis kontemporer
12. Semantik-Pragmatik
13. Bahasa Prancis Pariwisata
14. Pengkajian Sinema Prancis dan Frankofon
15. Pengkajian Kesusastraan Frankofon
16. Leksikografi Prancis
17. Telaah Teks Lanjut
18. Penerjemahan Teks Khusus Prancis— Indonesia
19. Penerjemahan Teks Umum Prancis— Indonesia
20. Prancis dan Frankofoni Pasca Perang Dunia II
21. Pranata Masyarakat Prancis dan FrankofonQ:Prospek kerja di dalam jurusan Sastra Prancis tuh apa saja sih?
A:Sastra Prancis termasuk jurusan Budaya dan Bahasa yang mempunyai peluang bekerja paling terbuka setelah Sastra Inggris. Daya tarik Prancis dan bahasanya yang unik memang membuka peluang berkarier sangat baik.
Contohnya seperti menjadi pemandu wisata di negara menara eiffel, penulis perjalanan, penerjemah, novelis, penulis puisi, penulis krearif dan bahkan menjadi content creatorQ:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Sastra Prancis?
A:Berikut ini adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Sastra Prancis:
1. Universitas Brawijaya (Negeri)
2. Universitas Indonesia (Negeri)
3. Universitas Gadjah Mada (Negeri)
4. Universitas Hasanuddin (Negeri)
5. Universitas Padjadjaran (Negeri)
6. Universitas Negeri Semarang (Negeri)Q:Apa saja sih yang akan dipelajari didalam jurusan Sastra Prancis?
A:Di sastra perancis, kita bakal belajar yang pasti tentang sastra dan linguistik. Dalam sastra, kita bisa tahu cara perubahan berpikir masyarakat Perancis pada waktu-waktu tertentu. Selain itu, kita juga belajar tentang sejarah dan budaya masyarakat Perancis juga. Kita juga bisa belajar untuk berpikir terbuka dan kritis dengan mengambil cara pikir orang Perancis untuk solving problem tentang hal-hal yang terjadi di masyarakat. Sastra Prancis juga belajar tentang seluk beluk jurnalistik dan sinema Perancis.Selain itu, kita juga bisa belajar bahasa Spanyol dan Italia karena bahasa Prancis serumpun dengan mereka.
Q:Pelajaran SMA apa saja sih yang membantu untuk memahami didalam jurusan Sastra Prancis?
A:
1. Sejarah
2. Sosiologi
3. Bahasa Asing
4. GeografiQ:Tugas dan ujian yang umum didalam jurusan Sastra Prancis?
A:Bentuk tugas dan ujian yang diberikan seperti pada jurusan bahasa lainnya. Namun, jurusan Bahasa Perancis memiliki tingkatan dasar kemampuan berbahasa. Seperti halnya TOEFL dan IELTS, bahasa perancis mempunyai ijazah kebahasaan yang disebut DELF A1, A2, B1, B2 & DALF C1, C2. Di setiap tahunnya, mahasiswa semester genap wajib mengikuti ujian bahasa di pusat studi bahasa perancis IFI sampai B2 di semester 8.
Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Sastra Prancis?
A:Semua jurusan Sastra
KAMU SEDANG MEMBACA
Jurusan kuliah
De TodoWattpad ini cocok untuk dibaca oleh kalangan remaja yang masih bingung memutuskan ambil jurusan kuliah dan wattpad ini membantu untuk membagikan informasi tentang jurusan-jurusan yang ada didunia perkuliahan. dari mata kuliahnya,prospek kerjanya dan...