Q:Apa itu Sastra Indonesia?
A:Program studi ini khusus mempelajari tren sastra di Indonesia. Para mahasiswa akan mempelajari beraneka ragam subyek sastra, puisi, drama, roman-novel, dan linguistik. Pada semester 4, mahasiswa akan diarahkan untuk memilih beberapa konsentrasi yaitu peminatan sastra, peminatan linguistik, dan peminatan filologi.
Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Sastra Indonesia?
A:Mempelajari sastra akan memperluas cakrawala pengatahuanmu. Dengan banyak membaca karya sastra, kamu tidak hanya mempelajari gaya bahasa dan apresiasi cerita, namun kamu akan lebih menggunakan rasa untuk memahami apa yang sebenarnya diungkapkan oleh penulis, bahkan dialami olehnya. Kalau kamu memiliki kesukaan dalam bidang bidang bahasa dan minat baca serta menulis literatur yang tinggi, maka program studi ini bisa menjadi pilihan kamu.
Q:Mata kuliah apa saja yang akan dipelajari didalam jurusan Sastra Indonesia?
A:
1. Linguistik umum
2. Fonologi
3. Sintaksis
4. Wacana bahasa indonesia
5. Perencanaan bahasa
6. Sosiolinguistik
7. Apresiasi sastra
8. Kajian puisi
9. Kajian prosfik
10. Apresiasi drama
11. Keterampilan menyimak
12. Keterampilan membaca teknik
13. Keterampilan berbicara interpersonal
14. Retorika berbahasa
15. Keterampilan menulis kritis dan ilmiah
16. Penulias kreatif
17. Teater
18. Estetika bahasa dan seni
19. Telaah kurikulum dan buku teks
20. Bahasa bantu
21. Morfologi
22. Semantik
23. Anakes
24. Psikolinguistik
25. Teori sastra
26. Sejarah sastra
27. Kajian drama
28. Pengantar filologi
29. Kritik sastra
30. Keterampilan menulis populer
31. Penyuntingan
32. Pragmatik berbahasaQ:Prospek kerja didalam jurusan Sastra Indonesia tuh apa saja sih?
A:Pemahaman tentang Bahasa Indonesia adalah sesuatu yang wajib. Saat ini Bahasa Indonesia mulai memudar ketika banyak orang cenderung lebih senang menggunakan Bahasa Inggris. Pembelajaran tentang Bahasa Indonesia harus mulai digalakkan lagi. Seorang lulusan Sastra Indonesia dapat bekerja sebagai editor, copywriter, content writer, penerjemah, penulis naskah, guru bahasa indonesia, dan bahkan blogger.
Q:Kampus-kampus mana saja yang menyediakan jurusan Sastra Indonesia?
A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Sastra Indonesia:
1. Universitas Indonesia (Negeri)
2. Universitas Gadjah Mada (Negeri)
3. Universitas Airlangga (Negeri)
4. Universitas Negeri Malang (Negeri)
5. Universitas Sebelas Maret (Negeri)
6. Universitas Pamulang (Swasta)
7. Universitas Ahmad Dahlan (Swasta)
8. Akademi Bahasa Asing Bina Sarana Informatika Jakarta (Swasta)
9. Sampoerna University (Swasta)
10. Universitas Balikpapan (Swasta)Q:Apa saja yang dipelajari didalam jurusan Sastra Indonesia?
A:Di jurusan sastra indonesia, kita belajar seluk beluk bahasa indonesia, dari struktur kalimat, EYD, cara membuat kamus dan juga analisis yang mendalam tentang karya-karya sastra Indonesia yang ada. tidak hanya membedah novel-novel karya sastra menggunakan teori-teori sastra tapi juga mahasiswa di berikan mata kuliah Apreasiasi Sastra yang di dalamnya terdapat tugas membuat pentas teater, membaca puisi, seminar sastra dan lain-lain.
Q:Pelajaran SMA apa saja yang membantu untuk memahami didalam jurusan Sastra Indonesia?
A:
1. Bahasa Indonesia
2. Seni budayaQ:Tugas dan ujian yang umum didalam jurusan Sastra Indonesia?
A:Terdapat berbagai macam jenis ujian dan tugas, baik lisan maupun tulisan. Ujian dan tugas lisan berkenaan dengan cara mahasiswa menyampaikan sesuatu: baik itu tugas pemaparan materi (presentasi individu dan kelompok), maupun percakapan dalam bentuk wawancara dengan dosen.
Sementara tugas dan ujian tertulis dipakai untuk mengukur kemampuan mahasiswa pada umumnya. Pada ujian tertulis, mahasiswa juga mengenal bentuk tes pilihan ganda, pemaparan/esai, dan makalah.Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Sastra Indonesia?
A:Semua jurusan Sastra
KAMU SEDANG MEMBACA
Jurusan kuliah
RandomWattpad ini cocok untuk dibaca oleh kalangan remaja yang masih bingung memutuskan ambil jurusan kuliah dan wattpad ini membantu untuk membagikan informasi tentang jurusan-jurusan yang ada didunia perkuliahan. dari mata kuliahnya,prospek kerjanya dan...