39.Aktuaria

2.3K 58 8
                                    

Q:Apa itu Aktuaria?

A:Jurusan Aktuaria mempelajari bidang matematika yang kerap kali disebut sebagai “Matematika Asuransi”. Ilmu Aktuaria sendiri adalah ilmu tentang asuransi, alias pengelolaan risiko keuangan di masa yang akan datang. Mahasiswa Aktuaria akan mendapatkan mata kuliah-mata kuliah yang merupakan kombinasi antara ilmu tentang peluang, matematika, statistika, keuangan, dan pemrograman komputer. Tujuan akhirnya adalah agar mereka bisa menjadi ahli madya asuransi yang punya keahlian praktis dalam bidang administrasi asuransi dan aktuaria, serta keahlian dalam profesi perencanaan keuangan personal.

Q:Kenapa kamu harus memilih Jurusan Aktuaria?

A:Kalau kamu suka dengan pelajaran matematika, khususnya yang berhubungan dengan probabilitas dan statistika, maka Aktuaria adalah jurusan yang pas buat kamu! Di sini kamu akan mempelajari serba-serbi penghitungan resiko untuk asuransi, peluang, hingga statistikanya. Nggak lupa juga, jurusan ini memiliki prospek kerja yang sangat mumpuni pastinya.

Q:Mata kuliah apa saja sih yang dipelajari didalam jurusan Aktuaria?

A:
1. Komputerisasi dan Pemrograman Aktuaria
2. Dasar-dasar Kalkulus
3. Demografi dan Penyajian Tabel Mortalita
4. Hukum Asuransi
5. Manajemen Klaim
6. Manajemen Risiko dan Reasuransi
7. Matematika Asuransi Jiwa
8. Matematika Dana Pensiun
9. Matematika Keuangan
10. Operasional Asuransi Jiwa & Kesehatan
11. Praktik dan Simulasi Aktuaria
12. Probabilita Statistika
13. SDM Dalam Industri Asuransi
14. Matematika Dasar
15. Logika dan himpunan
16. Metode Statistika
17. Aljabar linear
18. Makroekonomi
19. Mikroekonomi
20. Akuntansi
21. Kontingensi Jiwa

Q:Prospek kerja didalam jurusan Aktuaria tuh apa saja sih?

A:Lulusan dari jurusan Aktuaria akan dijadikan sebagai seorang Aktuaris lho. Walaupun jurusan (dan profesi) di bidang Aktuaria kayaknya asing bagi kamu, profesi aktuaris sebenarnya tergolong sangat dibutuhkan, dan bergaji oke, lho. Dan yang membuat profesi ini penting adalah karena Indonesia sangat, sangat krisis tenaga ahli Aktuaria. Pemerintah Indonesia sekarang mewajibkan setiap perusahaan asuransi mempunyai minimal satu orang aktuaris, sementara perusahaan asuransi kadang memerlukan puluhan aktuaris. Kebayang ‘kan bagaimana dibutuhkannya para fresh graduate dari jurusan yang satu ini?

Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Aktuaria?

A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Aktuaria:
1. Universitas Indonesia (Negeri)
2. Institut Pertanian Bogor (Negeri)
3. Universitas Gadjah Mada (Negeri)
4. Institut Teknologi Bandung (Negeri)
5. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Negeri)
6. President University (Swasta)
7. Universitas Pelita Harapan (Swasta)
8. IKIP Mataram (Swasta)
9. Universitas Bina Bangsa (Swasta)
10. Universitas Islam Indonesia (Swasta)

Q:Apa saja sih yang dipelajari didalam jurusan Aktuaria?

A:Jurusan ini belajar tentang memanfaatkan prinsip-prinsip statistika dan pengetahuan ekonomi untuk meminimalisasi risiko (terutama risiko keuangan) di masa yang akan datang.

Q:Pelajaran SMA apa saja sih yang membantu untuk memahami didalam jurusan Aktuaria?

A:
1. Matematika
2. Ekonomi
3. Akuntasi (SMK)

Q:Tugas dan ujian yang umum didalam jurusan Aktuaria?

A:Secara umum hanya tugas mingguan berupa pengerjaan soal. Dan Sisanya dapat berupa tugas praktikum, dan lain-lain.
Sedangkan ujiannya seperti ujian tulis (mengerjakan essay) ataupun ujian lisan seperti mempresentasikan materi yang sudah kita teliti terlebih dahulu.

Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Aktuaria?

A:
1. Matematika
2. Statistika
3. Matematika Bisnis

Jurusan kuliahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang