37.Seni Musik

1.7K 64 0
                                    

Q:Apa itu Seni Musik?

A:Program studi Seni Musik mempelajari musik sebagai medium untuk mengekspresikan seni melalui bunyi dan ritme. Walaupun musik telah digunakan oleh bangsa Yunani dan Roma kuno untuk mendukung pertunjukan di teater mereka, sekarang musik telah berkembang secara berbeda. Perkembangan elektronik dan teknologi membawa perubahan pada spektrum suara dan ritme. Kamu akan mempelajari banyak hal, mulai dari sejarah musik, teori musik, produksi musik, hingga komposisi musik.

Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Seni Musik?

A:Prodi ini bisa jadi pilihan untuk kamu yang menyukai musik dan bercita-cita jadi musisi yang handal, gemar menciptakan karya, dan mahir memainkan alat-alat musik. Masih banyak yang memandang rendah kuliah di prodi Seni Musik, padahal di prodi ini kamu akan belajar banyak hal tentang musik, bukan hanya memainkan dan menciptakan musik, melainkan lebih dalam ke sejarah, proses produksi, dan manajemen industri musik.

Q:Mata kuliah apa saja yang akan dipelajari didalam jurusan Seni Musik?

A:
1.Filsafat Seni
2.Sejarah Musik
3.Choirs/Ensemble/Band/Orchestra
4.Choirs & Orchestra Conducting
5.Praktek Individual Instrumen
6.Teori Musik
7.Solfegio
8.Harmoni Teori & Praktek
9.Dasar Orkestrasi
10.Transkripsi Musik
11.Semiotika
12.Teori Budaya
13.Etnomusikologi
14.Sosiologi
15.Metode Musik Sekolah
16.Cipta Karya Vokalia
17.Instrumen Dasar Piano
18.Baca Partitur
19.Kontrapung
20.Teori Bentuk Musik
21.Harmoni
22.Instrumen Mayor
23.Analisis Bentuk Musik
24.Kondakting
25.Kritik Musik
26.Akustik dan Organologi
27.Musik Komputer
28.Pembelajaran Media Musik
29.Primavista Vokal
30.Aplikasi Mikrofon
31.Metode Penciptaan
32.Garapan Musik Elektronik
33.Eksplorasi Bunyi

Q:Prospek kerja didalam jurusan Seni Musik tuh apa saja sih?

A:Musik menjadi salah satu bidang atau industri yang akan selalu ada. Persaingan di industri musik memang ketat. Tapi dengan bakat yang dimiliki dan ilmu yang diperoleh dari studi Seni Musik di perguruan tinggi, lulusan prodi Seni Musik akan dapat bertahan di tengah persaingan industri musik yang selalu berkembang dengan cepat. Lulusan Seni Musik dapat berkarya sebagai komposer, pemain musik solo ataupun grup. Selain itu, lulusan Seni Musik dapat berkarya sebagai Film Scorer yang membuat musik untuk film dan serial tv, Jingle Writer yang membuat musik untuk iklan, Audio Engineer, Produser, Representatif A&R yang menjaring talenta-talenta ke label dan perusahaan rekaman, atau manajemen keartisan. Lulusan Seni Musik juga dapat menjadi pengajar musik.

Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Seni Musik?

A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Seni Musik:
1. Universitas Pendidikan Indonesia (Negeri)
2. Universitas Negeri Jakarta (Negeri)
3. Institut Seni Indonesia Yogyakarta (Negeri)
4. Institut Seni Indonesia Surakarta (Negeri)
5. Institut Seni Indonesia Denpasar (Negeri)
6. Institut Kesenian Jakarta (Swasta)
7. Universitas Pasundan (Swasta)
8. Universitas Bunda Mulia (Swasta)
9. Universitas Mercu Buana Jakarta (Swasta)
10. Universitas Pelita Harapan (Swasta)

Q:Apa saja yang dipelajari didalam Jurusan Seni Musik?

A:Jurusan seni musik merupakan jurusan yang memiliki peluang kerja cukup luas. Disini kita belajar musik tidak hanya sekedar bermain, tapi kita belajar sejarah musik, komposisi, editing musik, aransemen musik sekolah, bermain instrumen karawitan maupun musik barat dan sebagainya.

Q:Pelajaran SMA yang membantu untuk memahami didalam Jurusan Seni Musik?

A:Seni Budaya

Q:Tugas dan ujian yang umum didalam jurusan Seni Musik?

A:Ujiannya biasanya praktek bermain alat musik atau bernyanyi dan tugasnya seperti teori tulis, listening, presentasi dan lain sebagainya.

Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Seni Musik?

A:Jurusan seni lainnya

Jurusan kuliahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang