Q:Apa itu Teknik Industri?
A:Teknik Industri merupakan ilmu yang mempelajari proses industri baik dari sisi manajemen ataupun teknik. Ilmu teknik industri sebenarnya adalah turunan dari teknik mesin. Walau demikian, para mahasiswa juga harus mempelajari disiplin lain seperti matematika, fisika, fisiologi, bahkan manajemen saintifik. Teknik industri berfokus kepada perancangan, peningkatan, dan pemasangan sistem terintegrasi yang membutuhkan peran manusia, material, peralatan dan energi. Teknik Industri sendiri dibagi menjadi tiga bidang besar. Pertama, sistem manufaktur yang mempelajari peningkatan kualitas, produktivitas, dan efisiensi sistem produksi. Kedua adalah manajemen industri, di mana para mahasiswa harus mempelajari manajemen keuangan, manajemen operasional, manajemen inovasi, perencanaan dan pengendalian produksi, dan ekonomi teknik. Ketiga adalah sistem industri dan tekno ekonomi, seperti logistik, statistik, penelitian operasional, dan sistem basis data.
Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Teknik Industri?
A:Apabila kamu menyukai teknik sekaligus manajemen, jurusan Teknik Industri bisa menjadi pilihan yang tepat. Dengan perekonomian Indonesia yang sedang berkembang, banyak industri yang melaju pesat. Berbeda dengan jurusan teknik yang lain, Teknik Industri punya keunikan lintas berbagai disiplin ilmu, terutama manajemen. Lapangan kerja pun terbuka sangat lebar.
Q:Mata kuliah apa saja sih yang akan dipelajari di dalam jurusan Teknik Industri?
A:
1. Matematika
2. Fisika Dasar
3. Kimia Dasar
4. Menggambar Teknik
5. Teori Probabilitas
6. Material Teknik
7. Mekanika Teknik Dasar
8. Matriks dan Ruang Vektor
9. Statistika Industri
10. Elektronika Industri
11. Pengantar Ergonomi
12. Psikologi Industri
13. Proses Manufaktur
14. Praktikum Perancangan Sistem Terintegrasi
15. Kalkulus
16. Analisis Biaya
17. Pemodelan Sistem
18. Perencanaan & Pengendalian Produksi
19. Pengendalian & Penjaminan Mutu
20. Rekayasa Sistem Kerja
21. Otomasi Sistem Produksi
22. Ekonomi Teknik
23. Sistem Produksi
24. Organisasi & Manajemen Perusahaan Industri
25. Keselamatan
26. Kesehatan
27. dan Lingkungan Kerja
28. Proyek Rekayasa Inter- Disiplin
29. Perancangan Tata Letak Pabrik
30. Sistem ERP
31. Pemodelan StokastikQ:Prospek kerja didalam jurusan Teknik Industri tuh apa saja sih?
A:Teknik Industri mempunyai prospek yang bagus. Ketersediaan lapangan kerja sangat luas, dari industri kecil sampai industri besar. Para lulusan teknik industri bisa mengambil peran beberapa fungsi seperti divisi spesialisasi teknik industri, divisi produksi, divisi engineering, divisi perencanaan biaya, divisi HRD, manager produksi industri, pengajar teknik, operator pabrik sistem bahkan spesialis kesehatan dan keselamatan lingkungan.
Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Teknik Industri?
A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Teknik Industri:
1. Universitas Brawijaya (Negeri)
2. Universitas Indonesia (Negeri)
3. Universitas Gadjah Mada (Negeri)
4. Institut Teknologi Bandung (Negeri)
5. Universitas Hasanuddin (Negeri)
6. Universitas Diponegoro (Negeri)
7. Universitas Sumatera Utara (Negeri)
8. Institut Teknologi Sepuluh Nopember (Negeri)
9. Universitas Syiah Kuala (Negeri)
10. Universitas Malikussaleh (Negeri)Q:Apa saja sih yang akan dipelajari didalam jurusan Teknik Industri?
A:Teknik Industri adalah suatu bidang keilmuan yang mempelajari bagaimana merancang, mengatur dan mengaplikasikan semua faktor-faktor seperti manusia, mesin, metode, material, lingkungan dan analisis keuangan serta kajian manajerial menjadi suatu sistem dalam lingkup yang berhubungan dengan fungsi industri seperti penelitian dasar, penelitian operasional, pengembangan terhadap suatu produk baru melalui rekayasa industri, desain produk, perancangan sistem kerja dan ergonomi, perawatan mesin, pengendalian kualitas dan mutu, otomasi sistem produksi hingga pada analisa kelayakan pabrik yang mencakup pula kajian manajemen secara komprehensif dan aplikatif.
Simpelnya, teknik industri itu gimana cara kamu bikin pabrik dalam skala industri. Mulai dari elektronikanya, stasiun kerjanya, proses manufakturnya, proses produksinya, analisis biayanya, marketingnya, sampe gimana kamu mendistribusikan produk kamu dalam rantai pasok.Q:Pelajaran SMA apa saja sih yang membantu untuk memahami didalam jurusan Teknik Industri?
A:
1. Matematika
2. FisikaQ:Tugas dan ujian yang umum didalam jurusan Teknik Industri?
A:Ada berbagai macam Tugas Kuliah baik dari matkul dosen maupun praktikum seperti tugas individu maupun kelompok, tugas besar, tugas matkul, sedangkan untuk praktikum ada tugas pendahuluan maupun tugas praktikum. Sedangkan Ujian seperti UTS, UAS selain itu Ada Pre Test (Tes sebelum kegiatan praktikum), Post Test (Tes untuk pemahaman praktikum bisa praktik maupun wawancara)
Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Teknik Industri?
A:
1. Teknik Mesin
2. Teknik Logistik
KAMU SEDANG MEMBACA
Jurusan kuliah
AcakWattpad ini cocok untuk dibaca oleh kalangan remaja yang masih bingung memutuskan ambil jurusan kuliah dan wattpad ini membantu untuk membagikan informasi tentang jurusan-jurusan yang ada didunia perkuliahan. dari mata kuliahnya,prospek kerjanya dan...