31.Pendidikan Dokter Gigi

1.4K 64 3
                                    

Q:Apa itu Pendidikan Dokter Gigi?

A:Program studi Kedokteran Gigi mempelajari tentang kesehatan di daerah gigi dan mulut, bagaimana menangani berbagai permasalahan di dalam mulut dan cara mengobatinya. Di program studi Kedokteran Gigi ini nggak cuma melulu soal kesehatan gigi, tapi juga mencakup estetika gigi dan mulut. Kalau kamu ingin jadi dokter gigi, kamu harus menyelesaikan pendidikan akademis di program studi Kedokteran Gigi dan mendapatkan gelar Sarjana Kedokteran Gigi (S.Kg), lalu kamu akan lanjut ke tahap selanjutnya yaitu mengikuti kepaniteraan (coass) atau praktek di rumah sakit atau klinik gigi yang di tunjuk selama dua tahun untuk mendapat gelar dokter gigi (drg).

Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Pendidikan Dokter Gigi?

A:Kamu yang kuat dalam pelajaran hafalan bakal cocok di program studi ini. Apalagi kalau kamu ingin mendalami masalah gigi dan mulut. Untuk menjadi dokter gigi kamu juga harus punya kemampuan komunikasi yang bagus dan tahan banting lho. Tapi kalau kamu memang memiliki minat di bidang medis, khususnya kesehatan gigi dan mulut, program studi ini tentunya bisa menjadi pilihan.

Q:Mata kuliah apa saja yang akan dipelajari didalam jurusan Pendidikan Dokter Gigi?

A:
1. Biomedik
2. Ilmu kedokteran dasar
3. Ilmu kedokteran gigi dasar
4. Tumbuh kembang
5. Karies gigi
6. Penyakit atau kelainan jaringan keras gigi
7. Penyakit atau kelainan pulpa dan periapeks
8. Penyakit atau kelainan jaringan penyangga gigi
9. Gangguan atau kelainan tumbuh kembang dan oklusi
10. Skills lab pemeriksaan tanda-tanda vital
11. Skills lab material kedokteran gigi dan anatomi gigi
12. Skills lab restorasi (dengan prinsip intervensi minimal) dan RKG
13. Skills lab perawatan saluran akar
14. Restorasi pasca endo dan RKG
15. Skills lab penatalaksanaan penyakit atau kelainan jaringan penyangga gigi
16. Skills lab tracing sefalometri lateral dan interpretasi radiografik
17. Rehabilitasi sistem stomatognatik
18. Penyakit atau kelainan jaringan lunak mulut dan kelainan oromaksilofasial
19. Skills lab dan alat ortho lepas dan gigi tiruan cekat
20. Skills lab ekstrasi
21. Odontektomi dan kegawatdaruratan
22. Skills lab pembuatan gigi tiruan lepas sebagian dan penuh.

Q:Prospek kerja didalam jurusan Pendidikan Dokter Gigi tuh apa saja sih?

A:Lulusan program studi Kedokteran Gigi pastinya dipersiapkan untuk menjadi seorang dokter gigi yang cakap. Para dokter gigi ini bisa bergabung sebagai tenaga dokter di rumah sakit pemerintah ataupun swasta, klinik, dan puskesmas, atau bisa juga membuka praktek dokter gigi sendiri, menjadi spesialis, peneliti, dan dosen ahli.

Q:Kampus-kampus mana saja yang menyediakan jurusan Pendidikan Dokter Gigi?

A:Berikut adalah salah satu contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Pendidikan Dokter Gigi:
1. Universitas Brawijaya (Negeri)
2. Universitas Indonesia (Negeri)
3. Universitas Gadjah Mada (Negeri)
4. Universitas Airlangga (Negeri)
5. Universitas Diponegoro (Negeri)
6. Universitas Trisakti (Swasta)
7. Universitas Prof.Dr.Moestopo (Swasta)
8. Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (Swasta)
9. Universitas Jenderal Achmad Yani (Swasta)
10. Universitas Hang Tuah (Swasta)

Q:Apa saja sih yang dipelajari didalam jurusan Pendidikan Dokter Gigi?

A:Jurusan Kedokteran Gigi mempelajari tentang segala sesuatu tentang teori dan praktik mengenai kesehatan gigi dan gusi untuk menjadi seorang dokter gigi. Kedokteran Gigi juga mempelajari mengenai anatomi fisiologi tubuh manusia, penyakit serta obat-obatan untuk penyembuhannya karena kesehatan gigi dan mulut berhubungan dengan organ tubuh lain (misalnya: menyikat gigi dapat mengurangi risiko serangan jantung).
Ilmu kedokteran gigi secara umum dibagi menjadi 4 kelompok, yaitu:
1. Ilmu kedokteran gigi dasar (hal-hal dasar mengenai ilmu kedokteran)
2. Ilmu kedokteran gigi kuratif (cara menyembuhkan penyakit terkait kesehatan gigi dan mulut)
3. Ilmu kedokteran gigi rehabilitatif (mempelajari estetika gigi, seperti lengkung gigi dan memperbaiki gigi yang miring)
4. Ilmu kedokteran gigi preventif/pencegahan (ilmu kesehatan masyarakat dan ilmu kesehatan gigi anak.

Q:Pelajaran SMA apa saja sih yang membantu untuk memahami didalam jurusan Pendidikan Dokter gigi?

A:
1. Prakarya kerajinan tangan
2. Biologi
3. Kimia
4. Fisika

Q:Tugas dan ujian yang umum didalam jurusan Pendidikan Dokter Gigi?

A:Tugas kebanyakan berbentuk praktikum (laporan), ada juga tugas lab preklinik atau disebut juga ketrampilan klinik, seperti pembuatan gigi tiruan, hingga berlatih secara langsung mengerjakannya. Selain itu, pada jurusan ini ada 2 jenis ujian seperti di sekolah, yaitu UTS dan UAS. Ketika lulus sarjana (sudah mendapat gelar sarjana kedokteran gigi), calon dokter gigi harus melaksanakan profesinya (koas) minimal 1,5 tahun. Setelah itu, dokter tersebut akan di-yudisium sebagai tanda sah mendapatkan titel dokter gigi (drg.). Tapi untuk dapat langsung praktik, dokter gigi harus mengikuti ujian kompetensi dokter Indonesia (UKDI) agar semua dokter memiliki standarisasi yang sama.

Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Pendidikan Dokter Gigi?

A:Pendidikan Dokter

Jurusan kuliahTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang