Q:Apa itu Sosiologi?
A:Mahasiswa program studi Sosiologi mempelajari interaksi yang terjadi antara satu orang dengan orang yang lain dan pengaruhnya terhadap terbentuknya struktur sosial masyarakat. Mereka mencari penyebab perubahan situasi masyarakat, mengkaji akibat yang dihasilkan, dan mencari solusinya. Dengan cakupannya yang sangat luas, Sosiologi bisa dikerucutkan menjadi beberapa sub program studi seperti Sosiologi Industri, Sosiologi Lingkungan, dan Sosiologi Pembangunan, Sosiologi Ekonomi, Sosiologi Gender, dan lain sebagainya.
Q:Kenapa kita harus memilih Jurusan Sosiologi?
A:Kalau kamu suka dengan peneletian sosial, turun langsung ke masyarakat di kota ataupun di daerah, Sosiologi sangat tepat bagi kamu. Belajar di program studi sosiologi akan membantumu untuk memahami fenomena-fenomena sosial yang terjadi di masyarakat dengan lebih ilmiah.
Q:Mata kuliah apa saja yang akan dipelajari di dalam jurusan Sosiologi?
A:
1. Pengantar Sosiologi
2. Sosiologi Pendidikan
3. Statistik
4. Sosiologi Agama
5. Berpikir Kritis dan Penulisan Ilmiah
6. Analisa Sosial
7. Analisa Demografi
8. Analisa Geografis dan Spasial
9. Teori Sosiologi Modern
10. Tipologi Sosial
11. Psikologi Sosial
12. Sosiologi Pedesaan
13. Sosiologi Kesehatan
14. Sosiologi Hukum
15. Sosiologi Gender
16. Sosiologi Ekonomi
17. Sosiologi Komunikasi
18. Sosiologi Organisasi
19. Pranata Sosial
20. Sosiologi Perkotaan
21. Ekologi Kota
22. Masalah Sosial
23. Sosiologi Keluarga
24. Sosiologi Industri
25. Sosiologi Politik
26. Sosiologi Budaya
27. Sosiologi Kependudukan
28. Sosiologi Korupsi
29. Teori Sosial Klasik
30. Stratifikasi Sosial
31. Masalah Kemiskinan dan Kesenjangan
32. Perilaku Menyimpang
33. Kesejahteraan Sosial
34. Teori Sosial Modern
35. Masalah Penduduk Lanjut Usia (Lansia)Q:Prospek kerja didalam jurusan Sosiologi tuh apa saja sih?
A:Lulus dari prodi Sosiologi, kamu akan memeroleh gelar Sarjana Sosial (S.Sos) dan memiliki peluang untuk berkarir di bidang pemberdayaan sosial dan sumber daya manusia. Kamu dapat berkarir di berbagai lembaga pemerintah terkait, misalnya Departemen Sosial, Departemen Dalam Negeri, Badan Perencanaan Pembangunan Nasional, dan lain-lain. Di instansi swasta kamu juga punya kesempatan untuk berkarir di berbagai lembaga survey dan perusahaan-perusahaan yang bergerak di berbagai sektor. Selain itu, lulusan Sosiologi juga bisa terjun ke ranah akademis menjadi pengajar dan peneliti.
Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Sosiologi?
A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Sosiologi:
1. Universitas Brawijaya (Negeri)
2. Universitas Indonesia (Negeri)
3. Universitas Gadjah Mada (Negeri)
4. Universitas Hasanuddin (Negeri)
5. Universitas Padjadjaran (Negeri)
6. Universitas Sumatera Utara (Negeri)
7. Universitas Negeri Malang (Negeri)
8. Universitas Sebelas Maret (Negeri)
9. Universitas Sriwijaya (Negeri)
10. Universitas Jenderal Soedirman (Negeri)Q:Apa saja sih yang dipelajari didalam jurusan Sosiologi?
A:Mempelajari tentang interaksi masyarakat, mengkaji fenomena sosial yang ada dengan teori-teori yang ada dari teori klasik, teori modern dan postmodern. Dalam sosiologi diajarkan untuk bisa menganalisis suatu fenomena yang terjadi dengan imajinasi sosiologi. Juga sama dengan psikologi, sosiologi diajarkan untuk berempati peka terhadap lingkungan dan masyarakat, kritis terhadap suatu fenomena yang ada, imajinasi sosiologi yang tinggi juga diperlukan.
Q:Pelajaran SMA yang membantu untuk memahami didalam jurusan Sosiologi?
A: Sosiologi
Q:Tugas dan ujian yang umum didalam jurusan Sosiologi?
A:Praktek Lapangan. Hal ini dapat dengan mudah dilakukan, saat teori-teori sosiologi sudah dipelajari serta dipahami. Ujian yang umum dilakukan yakni Essay, dan Tanya Jawab (Lisan). Akan terasa mudah saat ilmu dasar sosiologi telah dipelajari dan dipahami. Ilmu-ilmu dasar tentang sosiologi akan dijumpai pada awal-awal semester. Salah satu Ilmu dasar sosiologi yakni termuat dalam buku Pengantar Sosiologi dan Teori Sosiologi Klasik.
Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Sosiologi?
A:
1. Kriminologi
2. Antropologi
3. Ilmu kesejahteraan Sosial
KAMU SEDANG MEMBACA
Jurusan kuliah
De TodoWattpad ini cocok untuk dibaca oleh kalangan remaja yang masih bingung memutuskan ambil jurusan kuliah dan wattpad ini membantu untuk membagikan informasi tentang jurusan-jurusan yang ada didunia perkuliahan. dari mata kuliahnya,prospek kerjanya dan...