Q:Apa itu Okupasi Terapi?
A:Okupasi Terapi adalah bentuk layanan kesehatan untuk pasien-pasien dengan disabilitas, atau memiliki gangguan fisik atau mental. Terapi ini ditujukan agar para pasien dapat mandiri dalam kegiatan sehari-hari dengan cara melakukan berbagai aktivitas tertentu. Di program studi Okupasi Terapi kamu akan belajar bagaimana menghadapi dan menangani pasien dengan keterbelakangan mental atau kelainan fisik seperti autis, down syndrome, hiperaktif, kelainan pada tulang, dan sebagainya. Kamu juga akan belajar untuk menangani pasien yang terkena gangguan psikologis seperti skizofrenia, depresi, OCD, dan lain-lain.
Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Okupasi Terapi?
A:Kalau kamu adalah seseorang yang memiliki kepedulian tinggi dan senang untuk berinteraksi dan membantu individu yang berkebutuhan khusus maka kamu adalah seseorang yang cocok dengan prodi ini. Selain memberikan pelatihan fisik pada pasien, sebagai terapis okupasi berarti kamu juga memberikan dukungan dari sisi psikologis dengan memotivasi dan mendengarkan mereka.
Q:Mata kuliah apa saja sih yang akan di pelajari di dalam jurusan Okupasi Terapi?
A:
1. Fisiologi
2. Proses Kognitif dan Emosi
3. Kinesiologi dan Biomekanik
4. Anatomi Terapan
5. OT Orthopedi
6. OT Pediatri
7. Psikologi
8. Pertolongan Pertama Kegawatan & Kedaruratan
9. Teori Analisis Aktivitas
10. OT Penyakit Dalam & Bedah
11. OT Rematologi
12. OT Problematika Tangan
13. Analisis Lingkungan dan ErgonomiQ:Prospek kerja di dalam jurusan Okupasi Terapi tuh apa saja sih?
A:Lulusan program studi Okupasi Terapi punya peluang besar untuk berkarir di rumah sakit swasta maupun pemerintah, sekolah, klinik dan praktik dokter spesialis. Lulusan Okupasi Terapi juga berpeluang untuk bekerja di berbagai rumah sakit luar negeri. Lulusan Okupasi Terapi yang masih sangat sedikit jumlahnya membuat lulusannya paling dicari dan ditawarkan dengan penghasilan yang cukup tinggi.
Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Okupasi Terapi?
A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Okupasi Terapi:
1. Universitas Indonesia (Negeri)
2. Politeknik Kesehatan Kemenkes Surakarta (Negeri)Q:Apa saja sih yang di pelajari di dalam jurusan Okupasi Terapi?
A:Di jurusan ini, mahasiswa belajar tentang ilmu kedokteran dari mulai anatomi, fisiologi, kinesiologi, patofisiologi, dan lain-lain. Mahasiswa juga diajarkan praktik bagaimana cara melakukan terapi kepada pasien agar dapat mandiri untuk melakukan aktivitas, walaupun dengan keterbatasannya. Okupasi Terapi belajar materi-materi yang diajarkan di ilmu kedokteran, walaupun tidak terlalu detail. Okupasi terapi juga belajar tentang psikologi, seni (sebagai salah satu media untuk terapi), bahkan sampai ilmu arsitektur (untuk mata kuliah analisis lingkungan dan ergonomi).
Q:Pelajaran SMA yg membantu untuk memahami di dalam jurusan Okupasi Terapi?
A:
1. Biologi
2. Bahasa inggrisQ:Tugas dan ujian umum di dalam jurusan Okupasi Terapi?
A:Tugas yang diberikan seperti mereview jurnal, tugas kelompok membuat program terapi, presentasi. Ujian praktik (seperti, roleplay sebagai terapi dan pasien), ujian tulis (teori setiap mata kuliah), baik untuk UTS atau UAS. Serta Kunjungan ke Panti Disabilitas, Wawancara dengan Okupasi Terapis, Wawancara dengan narasumber dari segala usia.
Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Okupasi Terapi?
A:
1. Psikologi
2. Ilmu Keperawatan
3. Fisiologi
KAMU SEDANG MEMBACA
Jurusan kuliah
RandomWattpad ini cocok untuk dibaca oleh kalangan remaja yang masih bingung memutuskan ambil jurusan kuliah dan wattpad ini membantu untuk membagikan informasi tentang jurusan-jurusan yang ada didunia perkuliahan. dari mata kuliahnya,prospek kerjanya dan...