Q:Apa itu Peternakan?
A:Ilmu Peternakan mempelajari semua kegiatan terkait peternakan. Program studi ini membekali kita dengan ilmu dan teknologi pengembangan peternakan, industri peternakan, dan kegiatan agrobisnis yang ramah lingkungan, mampu berkarya secara mandiri, bekerja di lembaga swasta maupun instansi pemerintah baik dalam bidang ilmu, penelitian dan penerapannya. Mahasiswa pada program studi ini nantinya juga akan mempelajari tentang teknologi produksi, teknologi pakan, teknologi pengolahan, serta manajemen dan perencanaan usaha.
Q:Kenapa kamu harus memilih jurusan Peternakan?
A:Program studi ini cocok buat kamu yang menyukai biologi dan familiar dengan hewan. Selain itu, untuk mempelajari ilmu-ilmu dalam jurusan ini, kamu harus memiliki kemampuan menghafal yang baik. Dalam jurusan ini, kita bisa mempelajari tentang cara meningkatkan produktifitas dan mutu genetik di peternakan dengan menggunakan teknologi yang modern. Dengan itu, kita bisa menghasilkan daging yang lebih banyak dan sehat, mempercepat populasi hewan ternak dengan baik, mendapat susu murni dari hewan ternak yang terbaik, dan masih banyak lagi, yang bahkan tidak dipelajari di jurusan kedokteran.
Q:Mata kuliah apa saja yang akan dipelajari didalam jurusan Peternakan?
A:
1. Mikrobiologi
2. Kimia Biofisik
3. Ilmu Ekonomi Peternakan
4. Genetika
5. Biokimia
6. Anatomi Ternak
7. Agrostologi
8. Ilmu Ternak Potong
9. Ilmu Ternak Unggas
10. Ilmu Reproduksi Ternak
11. Ilmu Fisiologi Ternak
12. Ekofisiologi Tanaman Makanan Ternak
13. Ilmu Nutrisi Ternak
14. Ilmu Daging
15. Ilmu Tingkah Laku Ternak
16. Perundang-undangan dan Kebijakan Peternakan
17. Ilmu Ternak Perah
18. Bahan Pakan dan Formulasi Ransum
19. Manajemen Usaha Ternak
20. Agribisnis Peternakan
21. Ilmu Tanaman Makanan Ternak
22. Teknologi Pengolahan Hasil Ternak
23. Manajemen Ternak Potong & Kerja
24. Manajemen Ternak Unggas
25. Manajemen Ternak Perah
26. Nutrisi Ternak Non Ruminansia
27. Lingkungan dan Tingkah Laku Ternak
28. Mutu & Kemanan Hasil TernakQ:Prospek kerja didalam jurusan Peternakan tuh apa saja sih?
A:Dunia peternakan menawarkan peluang usaha yang sangat besar di pasaran. Setelah menjadi sarjana peternakan, kita bisa bekerja di Industri Produksi Peternakan, Industri Pakan Ternak, Industri Obat Hewan, Industri Pengolahan Pangan Asal Ternak, dan Industri Pengelolaan Limbah. Peluang kerja di instansi pemerintahan pun juga sangat luas, seperti di Kementrian Pertanian, Kementrian Koperasi, Kementrian Perindustrian, dan Kementrian Lingkungan Hidup. Lembaga pendidikan dan lembaga riset pun juga membutuhkan mahasiswa lulusan jurusan ini.
Q:Kampus-kampus mana saja sih yang menyediakan jurusan Peternakan?
A:Berikut adalah contoh kampus-kampus yang menyediakan jurusan Peternakan:
1. Universitas Brawijaya (Negeri)
2. Institut Pertanian Bogor (Negeri)
3. Universitas Gadjah Mada (Negeri)
4. Universitas Diponegoro (Negeri)
5. Universitas Padjadjaran (Negeri)
6. Universitas Sebelas Maret (Negeri)
7. Universitas Udayana (Negeri)
8. Universitas Andalas (Negeri)
9. Universitas Pattimura (Negeri)
10. Universitas Lampung (Negeri)Q:Apa saja sih yang akan dipelajari di dalam jurusan Peternakan?
A:Selain belajar tentang dasar-dasar peternakan. Prodi Peternakan juga mengimbangi dengan pelajaran yang berkaitan dengan ekonomi, kewirausahaan, studi kelayakan bisnis, statistika dan lainnya. Selain itu, ada banyak paraktikum, baik itu di laboratorium atau di lapangan secara langsung. Mulai dari nutrisi, teknologi hasil ternak, pemuliaan ternak, mikrobiologi, kimiabiofisik dan lainnya. Jadi peternakan adalah jurusan yang kompleks. Tidak hanya dengan belajar tentang hewan ternak tetapi juga pakan, tanah, penyakit dan lain sebagainya.
Q:Pelajaran SMA yang membantu untuk memahami di dalam jurusan Peternakan?
A:
1. Biologi
2. KimiaQ:Tugas dan ujian yang umum didalam jurusan Peternakan?
A:Tugas kuliah yang paling umum membuat laporan praktikum dan mereview jurnal. Bentuk ujian esai dan berlembar-lembar juga banyak versi karena setiap dosen dalam 1 mata kuliah punya jenis soal yang berbeda beda. Tugas yang paling special adalah piket kandang dan melakukan pemeliharaan ternak.
Q:Jurusan yang mirip dengan jurusan Peternakan?
A:
1. Produksi Ternak
2. Teknologi Hasil Ternak
3. Nutrisi dan Teknologi Pakan
KAMU SEDANG MEMBACA
Jurusan kuliah
DiversosWattpad ini cocok untuk dibaca oleh kalangan remaja yang masih bingung memutuskan ambil jurusan kuliah dan wattpad ini membantu untuk membagikan informasi tentang jurusan-jurusan yang ada didunia perkuliahan. dari mata kuliahnya,prospek kerjanya dan...